Cara Download Photoshop Gratis yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
photoshop-keren_20170203_101238[1]
Daftar Topik

Seperti yang kita ketahui bahwa Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan mengedit gambar. Bahkan, sebagian besar orang menganggap bahwa Photoshop merupakan raja di bidang tersebut. Photoshop memang memiliki fitur yang telah dikemas sedemikian rupa hingga relatif user-friendly, yang mana orang yang menggunakannya dapat melakukan banyak fungsi seperti memotong gambar, mengubah ukuran gambar, bahkan hingga fungsi canggih lainnya yang tidak bisa kita temukan di perangkat lunak sejenis yang lainnya.

Akan tetapi, harga yang dipatok untuk perangkat lunak ini relatif mahal. Harga yang ditawarkan oleh website resminya berkisar $13 perbulan atau jika kamu ingin melunasinya maka yang harus kamu bayarkan adalah senilai $400 bahkan lebih.

Oleh karena itu, banyak orang yang tidak memiliki uang sebanyak itu untuk untuk membeli perangkat lunak tersebut dan pada akhirnya mereka mencari perangkat lunak ini dalam ‘versi gratis’ atau yang biasa kita sebut sebagai bajakan di berbagi website yang menyediakannya.

Akan tetapi, solusi tersebut sangatlah tidak direkomendasikan karena merupakan cara yang illegal. Selain itu, cara tersebut juga bisa saja menimbulkan ada resiko terkena virus atau malware. Hal tersebut sudah terbukti dengan banyaknya hacker yang menyusupkan kode malware atau virus ke dalam software yang sering digunakan oleh masyarakat.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kamu juga bisa mendapatkan software ini tanpa harus melalui cara yang illegal. Pada website Adobe.com kamu bisa mendapatkan software ini secara gratis dan pastinya keamanannya terjamin. Meskipun versi yang diberikan adalah Adobe Photoshop versi CS2 yang lumayan sudah agak lama karena pertama kali dirilis pada tahun 2005. Saat ini, Photoshop telah mengeluarkan versi baru yang dinamai CS6 bahkan ada pula yang lebih baru lagi yaitu versi CC atau Creative Cloud.

Akan tetapi meskipun versi CS2 tersebut sudah terbilang jadul, kemampuannya sudah cukup powerfull untuk membantu kamu dalam proses mengedit gambar.

Ada banyak sekali pendapat yang menyatakan pro dan kontra mengenai masalah ini. Sebagian besar dari pihak yang kontra meragukan lisensi yang ada pada versi CS2, apakah resmi atau tidak. Ada pula yang mengatakan bahwa ini adalah cara Adobe dalam mempromosikan produknya pada para pengguna agar setelah mereka memakai versi lama, mereka akan membeli versi yang barunya. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa sistem aktivasi pada Photoshop versi lama telah dihentikan. Akan tetapi, anggapan itu sama sekali tidak jelas karena tidak ada penjelasan resmi yang dikeluarkan oleh pihak Adobe sendiri.

Tapi pada intinya, kamu bisa mendapatkan software ini secara gratis dengan lisence yang diberikan secara cuma-cuma langsung dari pihak Adobe. Hal yang perlu kamu lakukan hanya membuat account Adobe ID. Berikut merupakan penjelasan dari tiap langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan Photoshop secara gratis.

Perlu diketahui bahwa produk ini merupakan produk lama yang sudah tidak didukung lagi oleh Adobe, maka ada kemungkinan ini tidak akan dapat berjalan dengan baik di OS yang baru. Akan tetapi pada saat pertama kali dibuat, software ini berjalan dengan sangat baik di OS pada generasinya. Berikut merupakan panduan untuk mendapatkan Photoshop secara gratis beserta cara menginstalnya.

Langkah 1 – Download File Installer Photoshop CS2

  1. Copy dan paste URL berikut pada Address Bar Browser kamu: https://www.adobe.com/cfusion/entitlement/index.cfm?loc=en&e=cs2_downloads
  2. Klik link Get and Adobe ID apabila kamu belum memiliki ID Adobe.
  3. Masukkan data kamu pada kolom yang tersedia, kemudian centang I have read and agree to the Terms of Use and Privacy Policy kemudian klik Sign Up.
  4. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman download. Pada halaman download tersebut silahkan centang bagian I Accept.
  5. Lalu scroll ke bagian bawah dan cari bagian Download Acrobat 7 and CS2 Products, setelah itu klik pada kolom English.
  6. Selanjutnya akan muncul daftar file yang bisa kamu download, karena kamu sedang mencari Photoshop maka carilah Photoshop CS2 lalu klik sesuai dengan OS yang kamu gunakan saat ini. Pada bagian ini terdapat serial number yang harus dicatat untuk digunakan pada langkah yang selanjutnya.

Langkah 2 – Install Photoshop CS2

  1. Setelah proses download selesai, bukalah file PhSp_CS2_English.exe yang telah selesai di download.
  2. Selanjutnya maka akan muncul Window InstallShield Wizard, klik Next
  3. Setelah itu akan muncul Window Setup, lalu klik Next
  4. Klik Accept pada License Aggrement
  5. Isi Data dan Serial Number
  6. Tentukan destination folder, lalu klik Next sebanyak 2 kali.
  7. Klik Install
  8. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  9. Hilangkan centang, kemudian klik Finish.

Langkah 3 – Buka Photoshop CS2

  1. Setelah proses instalasi selesai, jalankan program Photoshop tersebut dengan membukanya di Start Menu.
  2. Apabila setelah menjalankan Photoshop tersebut muncul Window Registration, maka kamu hanya perlu mengeklik Do Not Register.
  3. Selanjutnya akan muncul Window Welcome, pada bagian ini hilangkan tanda centang pada Show this dialog at startup lalu Close agar hal ini tidak muncul lagi pada saat kamu membuka kembali program Adobe Photoshop yang telah kamu install.
  4. Setelah itu, apabila muncul updater kamu hanya perlu menghilangkan centang pada Automatically Check for Updates Every Month, lalu klik OK
  5. Selesai! Kamu sudah bisa menggunakan software ini untuk mulai mengedit foto yang kamu inginkan.

Demikian pembahasan mengenai cara mendapatkan Adobe Photoshop secara gratis dan legal yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP