Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Download Font secara Cepat, Praktis, dan Gratis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
cara download font
Daftar Topik

Cara download font. Dewasa ini, teknologi digital tentunya sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang karena memang sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan. Salah satunya adalah aplikasi yang menyediakan kemampuan untuk membuat dokumen teks, misalnya microsoft word. Tentunya microsoft word sudah sangat lekat sekali dengan siswa yang sedang menuntut ilmu di sekola. Aplikasi ini mereka butuhkan untuk pembuatan dokumen teks maupun gambar, baik untuk keperluan tugas dan maupun makalah ilmiah.

Sejalan dengan perkembangan digital yang semakin pesat pula, kamu tentunya sudah menyadari bahwa masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan di luar sana jika kamu memilki kemauan. Dengan melakukan peningkatan diri setiap harinya, kamu akan bisa tetap relevan dengan perkembangan zaman yang semakin digital ini.

Nah salah satu yang mungkin akan terus digunakan hingga masa depan adalah aplikasi pembuat dokumen teks dan gambar seperti microsoft word dan kawan-kawannya, maupun aplikasi desgin grafis seperti adobe photoshop dan kawan-kawannya. Penguasaan pada dua software ini sudah bisa memberikanmu pengerjaan di industri yang serba digital dewasa ini.

cara download font

Untuk kamu yang sudah mendalami microsoft word, ataupun beberapa aplikasi pembuatan konten lainnya yang membutuhkan teks, kamu tentunya akan menyadari bahwa jenis teks bisa menjadi krusial. Berbeda jenis font tentunya akan memberikan kesan yang berbeda pula. Ada yang memiliki kesan casual ada pula yang memberikan kesan formal. Selain itu banyak sekali jenis font yang bisa kamu pilih di luar sana yang mungkin masih belum tersedia di software yang kamu gunakan saat ini.

Berangkat dari hal ini, saya akan menjelaskan mengenai cara download font dari internet untuk kemudian kamu gunakan di aplikasi yang ada di laptop pribadimu. Untuk beberapa alasan, salah satunya adalah alasan kepraktisan, pada artikel kali ini, saya akan memberikan cara download font dari google fonts. Di sana kamu akan menemukan banyak sekali pilihan font yang update yang dapat kamu unduh secara praktis dan gratis.

Sekilas Mengenai Jenis Font

Tentunya kamu akan menyadari bahwa setiap aplikasi yang kamu gunakan untuk membuat sebuah konten ataupun karya tulis, akan memiliki keterbatasan pilihan jenis font yang bisa digunakan. Hal ini dimungkinkan karena memang perkembangan yang begitu pesat, atau memang jenis font tertentu yang jarang digunakan tidak dimasukkan di aplikasi tersebut. Hal ini seringkali dijumpai ketika kita mencoba untuk mendownload file dari internet. Kemudian kamu mencoba untuk membuka file tersebut melalui laptop pribadimu. Lalu kamu mendapati bahwa ada beberapa teks yang tidak bisa terbaca. Hal ini diakibatkan oleh tidak adanya jenis font tersebut di laptop pribadi kamu. Oleh karenanya, hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara download font yang kamu tidak miliki tersebut dengan tujuan teks yang ada di file yang kamu download tadi akan terbaca. 

Kasus seperti ini umum terjadi bila kita mendownload file yang dibuat di software dengan versi yang lebih baru. File PPT adalah salah satu yang paling sering mengalami masalah seperti ini.

Kamu juga perlu ingat bahwa font yang disebutkan di sini tidak hanya terbatas pada font yang ada di aplikasi microsoft office saja. Kamu juga bisa berpikiran mengenai jenis font yang ada di aplikasi design grafis, dan sejenisnya.

cara download font

Cara Download Font

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan download font adalah font yang ada di PC pribadi kamu biasanya disimpan dalam extension .ttf, .ttc, .fon, sedangkan untuk aplikasi design grafis seperti adobe photoshop, font disimpan dalam format .pfb dan .pfm. Folder yang menyimpan beberapa jenis font ini tentunya berada di file instalasi software tersebut.

Yang kamu lakukan untuk dapat menggunakan jenis font baru adalah dengan menambahkan jenis  font yang ada dengan extension yang sama, yang bisa kamu download dari internet, ke dalam folder penyimpanan font tadi. Namun demikian, untuk menghindari hal hal yang mungkin bisa menyebabkan error, ada baiknya kamu melakukan proper installation. Berikut adalah cara download font dari Google Fonts:

1. Yang harus diperhatikan pertama kali adalah bahwa kamu terkoneksi dengan internet. Lalu buka browser kamu kemudian masuk ke laman google fonts dengan melakukan google search “google fonts” atau bisa kamu langsung akses di fonts.google.com. Situs ini menyediakan font-font yang bisa kamu gunakan gratis dan mudah didownload.

2. Setelah masuk ke halaman tersebut, pilih jenis font yang inign kamu download. Misalkan kamu ingin download Noto Sans KR, kamu tinggal klik kotak tersebut.

3. Setelah itu maka kamu akan diarahkan ke laman baru, seperti gambar di bawah ini. Setelah masuk ke laman tersebut kamu tinggal klik tombol Download Family yang ada di pojok kanan atas. 

macam macam font

Setelah itu proses download akan dimulai. Silahkan tunggu hingga download selesai. Kamu bisa mengulangi proses ini untuk mendownload jenis font lain yang mungkin kamu inginkan.

Dengan melakukan proses di atas, kamu sudah bisa memperkaya jenis font yang ada di laptop pribadimu dengan cara mudah dan gratis. Google font menyediakan platform untuk download font yang mungkin menarik untuk kamu pakai saat pembuatan konten tertentu. Tentunya hal ini bisa sangat bermanfaat bagi kamu yang sangat sering membuat konten dan memerlukan variasi dari jenis font yang digunakan.

Itulah dia artikel mengenai cara download font yang bisa kamu gunakan untuk keperluan pribadimu. Tentunya cara ini adalah cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Jangan lupa untuk melakukan instalasi font yang kamu download sebelum bisa kamu pakai dengan sebagaimana mestinya. Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kamu sebagai pembaca.

Baca juga:

Cara Membuat Header di Halaman Pertama Saja

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP