Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8520bpjs-kesehatan
Daftar Topik

Hal penting yang wajib diperhatikan dalam kehidupan ini yaitu kesehatan. Karena itu, pemerintah mewajibkan masyarakatnya untuk memiliki BPJS Kesehatan. Untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan anda harus mendaftarkan diri dahulu. Jadi, layanan ini tidak dimiliki oleh masyarakat secara instan. Di Indonesia ada 2 pendaftaran BPJS Kesehatan yaitu secara mandiri (perorangan) dan karyawan.  Cara daftar BPJS Kesehatan online untuk yang perorangan anda harus datang ke kantor BPJS Kesehatan secara langsung agar mendapat nomor kartu BPJS dan untuk memverifikasi data sesuai KTP. Dan untuk yang karyawan anda tidak harus datang ke kantor karena biasanya sudah diberikan oleh perusahaan anda.

Na, buat anda yang akan membuat BPJS Kesehatan tapi tidak tahu caranya bagaimana. berikut akan kami sajikan cara yang sangat mudah karena dilakukan secara online. Ada beberapa cara daftar BPJS Kesehatan online, berikut ulasannya.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online Karyawan


Buat anda para pegawai perusahaan, anda sudah otomatis didaftarkan oleh HRD perusahaan. Nah, berikut adalah cara untuk seorang HRD yang akan mendaftarkan para karyawannya untuk menjadi bagian dari anggota BPJS Kesehatan. Simak dan ikuti langkah-langkahnya:

  1. Anda sebagai seorang HRD, harus memastikan bahwa perusahaan atau badan usaha anda sudah termasuk kedalam daftar Program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat.
  2. Selanjutnya, pilihlah lokasi yang sesuai dengan data perusahaan anda. Dan disini anda wajib mengisi dengan lengkap formulir pendaftarannya dan jangan lupa cantumkan email untuk digunakan sebagai pengiriman link aktivasi.
  3. Selanjutnya, anda akan menerima pesan dari email dan melalui link yang dikirim tersebut anda harus aktivasi agar memperoleh:
  • form cetak formulir registrasi
  • Kode perusahaan
  • Nomor rekening pembayaran iuran JKN-KIS. Yang berupa virtual account
  • Dan terakhir anda akan mendapatkan username serta password untuk masuk kedalam aplikasi pendaftaran karyawan.
  1. Anda bisa langsung masuk di website BPJS Kesehatan, jika perusahaan anda sudah terdaftar untuk memasukkan karyawan ke dalam system BPJS ini.
  2. Setelah itu, anda akan diminta untuk sign in, dengan menggunakan username dan password yang sudah ada.
  3. Setelah sign ini anda akan berada pada halaman baru lanjutkan dengan mencari data peserta dan silahkan pilih tambah peserta.
  4. Selanjutnya anda akan diminta untuk melengkapi data karyawan dan pastikan NIK karyawan tersebut sesuai dengan dukcapil.
  5. Setelah melengkapi data karyawan pilihlah fasilitas kesehatan dan lengkapi data yang diminta.
  6. Selanjutnya, pilih unit kerja dan lengkapi juga data- data yang diminta lalu pgi;ih simpan.
  7. Setelah semua data tersimpan, anda tinggal memilih approval dan dimenu itu silahkan anda pilih Approval peserta baru terus pilih jenis mutasi lalu tekan tombol enter.
  8. Setelah anda tekan enter pilihlah lihat data dan anda harus memastikan jika tanggalnya sesuai dengan penyimpanan data yang sudah anda lakukan. Dan jangan lupa contreng kotak kecil terakhir tekan tombol cek dan approval.

Cara Daftar BPJS  Kesehatan  Secara Online Bagi Peserta Mandiri


Nah, bagi anda yang bukan merupakan karyawan perusahaan. Tenang, kami juga akan membagikan bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri. Untuk daftar online sebenarnya ada dua tahap yaitu tahap yang pertama anda wajib datang secara langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk memverifikasi data anda. Dan untuk tahap yang kedua, silahkan anda daftarkan nomor BPJS  yang sudah ada ke aplikasi JKN agar dapat bisa mendapatkan informasi tentang BPJS Kesehatan setiap saat.  Langsung simak dan ikuti langkah-langkahnya untuk mendaftar BPJS secara online:

  1. Anda wajib memiliki berkas-berkas penting yang akan dilampirkan pada  saat  akan memverifikasi data BPJS tersebut. Jadi, berkas yang harus anda siapkan yaitu:
  • Kartu Identitas yang digunakan bisa SIM atau Paspor.
  • Kartu Keluarga
  • Bagi anda yang sudah menikah harus melampirkan buku nikah,
  • Kemudian, fotokopi buku tabungan
  • Dan pas foto sebanyak 2 lembar dengan ukuran 3 x 4
  1. Yang kedua, bawa semua berkas-berkas penting diatas ke kantor BPJS Kesehatan sesuai wilayah masing- masing guna untuk memperoleh nomor kartu BPJS
  2. Dan kemudian jika anda sudah mendapatkan nomor BPJS Kesehatan, anda tinggal mendownload aplikasi Mobile JKN melalui playstore.
  3. Setelah selesai didownload, masuklah ke aplikasi tersebut dan silahkan anda pilih pendaftaran pengguna mobile. Setelah itu isi semua data yang diminta di aplikasi tersebut dan terakhir silahkan klik register.
  4. Selanjutnya, anda akan dikirim link untuk memverifikasi jika anda sudah bisa login di aplikasi mobile JKn tersebut. Dan link itu akan dikirim melalui email yang sudah anda cantumkan.

Itulah, cara daftar BPJS Kesehatan Online yang dapat kami bagikan. Bagaimana, sangat mudah bukan? Tunggu apalagi, ayo segera daftarkan diri anda untuk menjadi anggota dari peserta BPJS Kesehatan.

BACA JUGA!

Cara Cek BPJS Kesehatan Online

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP