Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Copy Paste Rumus Excel Agar Tidak Berubah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
cara-copy-paste-rumus-excel
Daftar Topik

Cara Copy Paste Rumus Excel – Di zaman yang serba canggih seperti saat ini dengan hadirnya berbagai jenis teknologi sangat bermanfaat untuk meringankan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah dengan munculnya perangkat lunak yang membantu mengolah data, menganalisis, melakukan pencatatan, dan lain sebagainya, seperti excel. Tidak heran jika saat ini memang sangat dibutuhkan skill individu yang mampu mengoperasikan perangkat lunak satu ini. 

Agar lebih praktis, Excel memiliki sejumlah rumus yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengelola data dan informasi yang kamu miliki. Excel mampu mengakomodir para penggunanya untuk mengolah data dengan lebih singkat, seperti melakukan copy paste terhadap rumus yang diinginkan.

Akan tetapi jika meng-copy rumus dengan sembarangan, bisa saja membuat hasil dari olah datamu menjadi error. Karena itu, kali ini Blog elevenia akan mengulas tentang cara copy paste rumus Excel. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya. 

Sekilas Tentang Rumus di Excel

Sebelum lanjut ke cara copy paste rumus di Excel ada lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis rumus yang ada di Excel. Pada dasarnya ada 2 jenis rumus yang digunakan di aplikasi ini, yaitu rumus semi absolut dan rumus absolut. Ini dia informasi selengkapnya.

1. Rumus Semi Absolut

Merupakan rumus yang dituliskan dengan simbol $ di depan baris atau kolom. Fungsi rumus ini adalah untuk mengunci sel atau baris, bukan menguncinya secara keseluruhan.

Adapun contoh penulisan rumus semi absolut baris ialah =$A1. Sedangkan untuk penulisan kolomnya ialah =A$1.

2. Rumus Absolut (Mutlak) 

Sesuai namanya, rumus ini berfungsi untuk mengunci penuh atas semua baris dan kolom alamat sel. Adapun cara menulis rumus absolut ini ialah dengan memasukkan simbol $ diantara huruf dan angka nomor kolom. Contohnya seperti =$A$4. Agar lebih jelas, simak gambar dan penjelasan di bawah ini.

gambar 4

cara copy paste rumus excel tidak berubah Gambar 5 Copy Rumus Excel

Jika kamu perhatikan gambar di atas, terlihat pada sel A5 diisi rumus “=A3*$A$4”. Apabila rumus tersebut disalin ke sel B5, maka rumus tersebut akan menyesuaikan dan berubah menjadi “=B3*$A$4”. Singkatnya, rumus absolut akan selalu menyesuaikan alamat sel. 

Baca Juga: Panduan Menggunakan Fungsi VLOOKUP di Excel, Super Mudah!

Cara Mudah Copy Paste Rumus di Excel Tanpa Berubah

Setelah memahami tentang jenis rumus Excel, waktunya untuk tahu trik untuk melakukannya. Terdapat beberapa cara untuk copy paste rumus, seperti melakukan drag down ataupun dengan operasi Ctrl + Enter. Ini dia penjelasan lengkapnya.

1. Cara Copy Paste Rumus Excel dengan Drag Down

Melalui metode ini kamu hanya perlu menggeser ke bawah sesuai dengan kolom yang kamu inginkan apabila telah menemukan tanda (+) pada bagian yang telah ditunjukkan. Lebih rincinya, ikuti langkah berikut:

hasil

  1. Buatlah rumus pada salah satu sel.
  2. Arahkan tanda panah ke kotak kecil di kanan bawah sel sampai muncul tanda “+”.
  3. Setelah muncul, drag tanda tersebut ke baris ataupun kolom yang kamu inginkan.
  4. Proses pun selesai dalam hitungan detik. Dengan cara ini proses perhitunganmu jadi lebih efektif, bahkan untuk ratusan atau ribuan data.

2. Cara Copy Paste Rumus Excel dengan Ctrl + Enter

Untuk meng-copy rumus tertentu berdasarkan trik ini kamu perlu mengikuti langkah berikut:

  1. Blok area (kolom atau baris) yang memang kamu persiapkan untuk menjadi tempat rumus yang akan dibuat.
  2. Ketik (=) ketika memulai untuk memasukkan operasi rumusnya.
  3. Setelah rumusnya telah dibuat, kamu dapat mengklik “Ctrl + Enter”.
  4. Seluruh area yang telah di blok pada langkah pertama akan berisi rumus yang sama.

Bagaimana teman-teman? Sudah paham bukan cara copy paste rumus excel tidak berubah? Well, pada dasarnya kamu hanya perlu banyak berlatih agar lebih terbiasa dan lebih mahir. Semoga langkah-langkah ini bisa kalian pahami dengan baik dan tentunya membantu dalam meningkatkan kemampuan kalian dalam mengoperasikan Excel. Sampai jumpa di tutorial lainnya. Selamat mencoba ya!

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP