Cara Copy File Cepat Tanpa Buang Waktu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gambar 4 copy file
Daftar Topik

Cara copy file cepat.  Dalam menggunakan komputer, seringkali kita perlu untuk meng-copy beberapa file sekaligus, seperti meng-copy foto-foto, tugas sekolah, film dan lain-lain. Biasanya ketika meng-copy file, kecepatan yang dibutuhkan tergantung dengan seberapa besar ukuran file tersebut. Kalau ukuran file yang di copy sebatas file-file seperti word yang hanya ukuran ratusan Kb mungkin tidak akan sampai beberapa detik.

gambar 1 copy file

Namun kalau sudah sampai ratusan MB atau bahkan satuan GB  maka semakin banyak pula waktu yang diperlukan untuk meng-copy file tersebut sampai selesai. Tentu hal ini sungguh mengganggu dan menghambat produktifitas kamu, seharusnya kamu bisa melakukan hal lain dengan waktu yang terbuang tadi bukan? Apalagi misalnya kamu mau meminta copy-an file game dari teman kamu yang ukurannya puluhan GB, waduh mau tunggu sampai kapan?

gambar 2 copy file

Kalau begitu apakah ada cara agar meng-copy file berjalan lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lama? Ada! Ada banyak sekali cara yang setidaknya bisa kamu coba agar kamu bisa meng-copy file secara cepat dan tanpa membuang-buang waktu! Mau tau caranya? Simak caranya di bawah ini!

Cara-cara Untuk Mempercepat Proses Copy File

Berikut adalah cara-cara agar proses copy file kamu tidak makan waktu yang sangat lama :

1. Mengganti HDD using kamu dengan SSD

gambar 3 copy file

Bagi kamu yang mungkin mempunyai dana lebih yang tidak terpakai, mungkin cara ini adalah cara yang pas buat kamu, bahkan to be honest cara ini adalah cara yang paling efektif dibandingkan dengan cara-cara yang akan saya jelaskan di bawah. SSD (Solid State Drive) memiliki kinerja yang amat sangat lebih baik daripada hard disk bawaan anda. SSD dengan HDD sebenarnya punya manfaat dan fungsi yang sama, namun dari segi kelebihan, SSD unggul jauh, baik dari segi keamanannya serta lebih tahan banting. Kecepatan SSD dalam mengolah program, proses meng-copy file besar juga lebih cepat 4 kali lipat daripada HDD biasa. Selain cepat, saat proses mentransfer data, SDD tidak bising seperti HDD pada umunya. Namun demikian, harga SSD yang kualitasnya bagus memang agak mencekik kantong, tapi kualitas dan serta efeknya terhadap kinerja komputer maupun laptop kamu jangan dipertanyakan lagi!

2. Hafalkan Shortcut!

gambar 4 copy file

Tidak masalah kalau kamu tidak punya dana lebih yang tidak terpakai, masih banyak jalan pintas yang bisa dilakukan. Meskipun komputer kamu sudah diganti dengan SDD, tapi pada akhirnya kecepatan meng-copy juga tergantung dari kelihaian kalian dalam menghafal shortcut. Misalkan saja untuk meng-copy suatu file, jika kamu tidak hafal atau tahu kalau ada shortcut maka kamu akan klik kanan lalu memilih opsi copy kemudian membuka laman tempat dimana kamu akan meng-paste file tersebut.  Tapi dengan kamu hafal tentang shortcut yang ada untuk meng-copy file, kamu tinggal memilih file kemudian menekan CTRL + C, kemudian cara paste nya adalah dengan menekan CTRL + V. Untuk mencari file yang akan di copy kamu bisa tekan CTRL + E, kalau ingin membuat folder baru tinggal tekan CTRL + Shift + N

3. Pengaturan USB diubah menjadi “Better Performance

gambar 5 copy file

Ketika kamu mau mentransfer dari flash disk ke komputer, maka partisi flash disk tersebut akan secara otomatis akan masuk dalam mode “Quick Removal” yang artinya adalah ketika kamu mencabut flash disk tersebut dengan sembarangan tanpa melalui opsi “Safely Remove Hardware and Eject Media” maka tidak akan ada resiko yang terjadi alias aman-aman saja. Namun dalam mode Quick Removal ini, proses transfer data akan menjadi lebih lama. Kamu bisa membuat proses transfer file menjadi lebih cepat dengan cara merubah flash disk tersebut ke dalam mode Better Performance. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pasang Flash disk kamu, kemudian ketika flash disk kamu sudah muncul di bagian partisi, klik kanan di partisi flash disk tersebut.
  2. Pilihlah menu Properties dan klik bagian Hardware, nanti akan muncul nama dari flash disk kamu, kemudian kamu pilih dan klik properties.
  3. Setelah itu klik Change Settings dan pilih bagian Policies, yang kemudian akan muncul du pilihan yaitu Quick Removal dan Better Performance seperti yang tadi dijelaskan. Langsung saja pilih Better Performance.

Setelah itu bisa kamu coba untuk proses transfer file. Memang kecepatannya bertambah, namun bahanya adalah file bisa corrupt atau datanya bisa hilang kalau flash disk dicabut tidak melalui proses Safely Remove Hardware and Eject Media terlebih dahulu.

4. Memasang Aplikasi TeraCopy

gambar 6 copy file

Kamu juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan untuk mempercepat proses copy file yang berukuran besar. Salah satu aplikasi tersebut adalah TeraCopy. Dengan TeraCopy proses transfer file akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan Windows. Cara untuk menginstalnya pun cukup mudah. Untuk itu ikuti caranya adalah di bawah ini :

  • Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah download dulu file TeraCopy-nya di link di bawah ini:
    https://www.codesector.com/teracopy
  • Kamu klik file setup teracopy.exe dan ikuti langkah-langkah instalasinya sampai selesai.

Itu dia cara-cara copy file cepat dan tidak membuang waktu yang lama. Semoga tips tersebut dapat membantu kamu ya!

Baca juga:

Inilah Penyebab Headset Tidak Terdeteksi di Laptop Beserta Solusinya

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP