Cara Cepat Menurunkan Kolesterol secara Alami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Menurunkan-Kolesterol-Secara-Alami-1[1]
Daftar Topik

Ketika mendengar kata “Kolesterol” pasti pertama kali yang terlintas dipikiran adalah penyakit karena kelebihan lemak. Sebenarnya, setiap orang memiliki kadar kolesterol dalam tubuhnya dengan jumlah yang berbeda-beda. Pada dasarnya, terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol LDL dan HDL di dalam tubuh manusia. Kolesterol LDL sangatlah berbahaya. Sebaliknya, kolesterol HDL justru bisa melarutkan kolesterol jahat pada tubuh.

Kadar kolesterol yang normal pada tubuh manusia yaitu 160-200 mg. Jika dalam tubuh terdapat kolesterol lebih dari itu, apalagi termasuk kolesterol LDL, ini termasuk penyakit yang harus segera diatasi. Karena kolesterol yang tinggi bisa memicu berbagai jenis penyakit tumbuh di dalam tubuh. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai trik menurunkan kolesterol secara alami dan ulasan lainnya, simak ulasan berikut.

Kolesterol Bisa Mengincar Siapa Saja


Jika biasanya kolesterol jahat hanya mengincar orang tua saja, namun kini mulai mengincar anak-anak. munculnya kolesterol jahat pada tubuh disebabkan karena asupan makanan yang sembarangan dan tidak dijaga. Makanan yang paling banyak memicu adanya kolesterol jahat pada tubuh yaitu makanan yang berlemak seperti gorengan, daging kambing, susu dan lain  sebagainya.

Ketika kolesterol sudah melampaui batas dalam tubuh, maka mudah sekali memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke. Maka dari itu, ketika kamu sudah memiliki kolesterol yang melebihi kadar normal, cara menurunkan kolesterol secara alami yaitu dengan segera atur pola makan dan imbangi dengan olahraga.

Trik Menurunkan Kolesterol secara Alami


  • Minum Air Jeruk Nipis Setiap Pagi dan Malam

Jeruk nipis memang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan jeruk nipis adanya kandungan flavonoid di dalam jeruk nipis yang cukup banyak. Yang mana anti-oksidan ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya

Untuk menurunkan kolesterol pada tubuh menggunakan air jeruk yaitu dengan meminum air perasan jeruk nipis di pagi hari dan sebelum tidur. Agar kadar kolesterol jahat bisa berkurang lebih banyak, lakukan hal ini secara rutin.

  • Minum Jus Jambu Merah

Selain rasanya yang enak, jambu merah memiliki banyak kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jambu merah mengandung zat-zat yang dibutuhkan didalam tubuh seperti anti-oksidan, fitonutrein, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin B3 dan vitamin B6. Maka dari itu, meminum jus jambu merah secara rutin sangat disarankan agar kadar kolesterol bisa berkurang.

  • Kulit Manggis

Manggis tidak hanya memiliki manfaat pada buahnya saja. Kulit manggis yang biasanya dianggap tidak berguna ini ternyata memiliki manfaat yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh, karena mengandung xanthone. Yang mana kandungan ini merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan

Untuk mengkonsumsi kulit manggis ini, kamu bisa menghaluskan kulit manggis. Jika tidak ingin ribet, bisa juga mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang dijual di pasaran.

  • Minum Jus Anggur Secara Rutin

Trik mudah menurunkan kolesterol secara alami yaitu minum jus anggur. Karena, buah anggur memiliki kandungan anti-oksidan seperti zat anti mikroba dan flavonoid. Nah, untuk hasil yang maksimal, minum jus anggur secara rutin.

  • Mengonsumsi Biji-bijian Utuh

Trik selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol yaitu mengkonsumsi biji-bijian utuh. Karena, biji-biijian utuh mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun nutrisi tersebut seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, vitamin B dan lain sebagainya.

  • Hindari Makanan Tinggi Lemak

Seseorang yang sudah hobi makan, makanan apapun terasa enak. Sehingga sangat sulit untuk mengatur masuknya makanan pada tubuh. Namun, sekali-kali dibutuhkan kesadaran bahwa makanan sehat tetap dibutuhkan tubuh. Apalagi jika makanan yang sering kamu konsumsi adalah makanan yang tinggi lemak. Jika hal ini terasa sulit untuk dilakukan, setidaknya kurangi sedikit demi sedikit makanan berlemak tinggi.

  • Imbangi dengan Olahraga

Setelah mengkonsumsi beberapa makanan di atas, tetap diperlukan olahraga agar seimbang. Karena dengan olahraga bisa mengeluarkan banyak keringat dan secara otomatis kolesterol akan berkurang. Dalam hal ini Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat, joging dan bersepeda. Dengan melakukan olahraga tersebut secara rutin, lama kelamaan kolesterol yang ada pada tubuh Anda akan berkurang.

Itulah ulasan tentang kolesterol dan trik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Dengan trik-trik tersebut, kamu tak perlu bingung untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Mengingat kolesterol yang berlebihan pada tubuh tidak baik, maka penanganan yang tepat bisa segera dilakukan. Semoga bermanfaat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA