Cara Cek Tagihan Listrik dengan Praktis yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-cek-tagihan-listrik-pln[1]
Daftar Topik

Di zaman modern ini, listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Jika tidak ada listrik, maka akan ada banyak kegiatan yang tertunda pelaksanaannya. Misalnya, pekerjaan di pabrik yang mesin-mesinnya menggunakan listrik sebagai daya penggeraknya. Tanpa listrik, tentu saja mesin-mesin tersebut tidak dapat beroperasi dan kegiatan di pabrik tersebut pun akan terhenti.

Selain itu, listrik juga merupakan salah satu hal penting yang dubuthkan di setiap rumah sebagai daya untuk menghidupkan alat-alat elektronik dan lampu yang digunakan sebagai penerang pada saat siang ataupun malam.

Saat ini sudah banyak desa yang melakukan penyebarluasan pemasangan listrik. Hal ini dilakukan untuk meratakan daya listrik di seluruh daerah di Indonesia. akan tetapi, penggunaan listrik ini tidak hanya bisa dinikmati begitu saja, karena ada biaya yang harus dibayarkan oleh penggunanya setiap bulan. Biaya yang harus dibayarkan pun tergantung pada seberapa besar pemakaian listrik di rumah. Berikut beberapa cara mengecek tagihan listrik PLN.

Kenali Jenis Instalasi Listrik di Rumah

Pada dasarnya terdapat dua jenis pemasangan listrik di rumah, yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar. Istilah ini mirip dengan pulsa pada ponsel karena ternyata konsep yang dipakainya pun sama.

Lisrtik prabayar adalah sistem pembayaran listrik dengan menggunakan pulsa atau token. Pemakaiannya mirip seperti pulsa pada ponsel. Jadi setiap nominal pulsa yang tertera pada meteran listrik sudah mau habis, kita harus mengisinya kembali agar listrik tidak mati ketika sedang dibutuhkan. Tanda pulsa listrik sudah akan haibs adalah dengan adanya bunyi beep-beep pada meteran listrik sebagai pengingat untuk melakukan pengisian ulang. Sistem ini merupakan sistem yang baru diterapkan, karena PLN baru memperkenalkannya pada tahun 2010.

Listrik pascabayar adalah sistem pembayaran listrik setelah menggunakan fasilitas listrik selama satu bulan. Sistem ini lebih dulu dilakukan dibandingkan dengan listrik dengan sistem prabayar. Sistem listrik inilah yang bisa kita lihat tagihannya, sedangkan listrik prabayar tidak.

Cara Cek Tagihan Listrik

Cara Cek Tagihan Listrik via Telepon

Cara mengecek tagihan listrik yang pertama adalah dengan melakukan panggilan telepon. Cara ini bisa dikatakan cara yang cukup mudah karena kamu hanya perlu menghubungi customer service PLN dan menanyakan tentang tagihan listrik yang harus kamu bayarkan. Lakukanlah panggilan ke call center PLN di 123 dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan kode area telepon. Misalnya, Jakarta berarti telepon ke (021)123. Kemudian kamu hanya perlu mengikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ini, kamu akan dikenakan tarif telepon normal. Cara ini bisa kamu lakukan kapan pun dan dimana pun karena layanan ini tersedia untuk 24 jam.

Cara Cek Tagihan Listrik via SMS

Selain melalui telepon, kamu juga bisa mengecek tagihan listrik melalui SMS. Ada dua pilihan untuk menggunakan cara yang satu ini. Pertama, kamu dapat melakukan pengecekan setelah satu bulan pemakaian listrik. Atau yang kedua, kamu bisa mengeceknya secara berkala. Artinya, kamu akan berlangganan setiap bulannya untuk mendapatkan informasi tagihan listrik. Rincian cara mengecek tagihan listrik melalui SMS adalah sebagai berikut.

Cara cek tagihan listrik per bulan

Kirim sms dengan format:

REK(spasi)No ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Misalnya, REK 8990987689 kirim ke 8123.

Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Kirim sms dengan format:

PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Misalnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Selain mendaftar, Anda juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format:

PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Misalnya, PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.

Catatan: Untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat iOS

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengecek tagihan listrik adalah melalui ponsel yang berbasis iOS. Bagi kamu yang menggunakan Apple, ada beberapa aplikasi yang dapat kamu temukan di App Store yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik seperti PLN Mobile, Info Cek Tagihan Listrik dan yang lainnya. Semua aplikasi tersebut bisa kamu unduh secara gratis pada App Store di ponsel kamu.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Android

Bagi kamu yang menggunakan ponsel berbasis android, kamu tidak perlu khawatir karena kamu juga bisa mengecek tagihan listrik melalui ponsel kamu. Bahkan aplikasi yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik di Android lebih banyak dibandingkan dengan iOS. Akan tetapi, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi resmi dari PT PLN yaitu PLN Mobile for Android.

Demikian pembahasan mengenai cara mengecek tagihan listrik yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA