Cara Cek Paket JNE Tanpa Nomor Resi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Di era yang serba canggih ini, banyak orang yang mengandalkan transaksi pengiriman barang melalui jasa online. Salah satunya adalah melalui JNE. Selayaknya pengirim barang akan mengirimkan nomor resi kepada para penerima sebagai alat bukti kirim dan melacak keberadaan paket yang dikirimkan. Namun ada juga, penjual online shop maupun perusahaan yang tidak begitu detail mengirimkan, sehingga nomor resi tidak disertakan.

Kondisi pengiriman barang tanpa nomor resi ini seringkali membingungkan bagi para penerima barang. Mereka tidak memiliki alat untuk melacak apakah barang yang dibeli atau dikirimkan telah sampai atau masih berada di tempat mana. Bagi Anda yang hendak melihat perkembangan pengiriman melalui JNE tanpa nomor resi, berikut ini adalah beberapa cara cek paket JNE tanpa nomor resi:

Memastikan Tanggal Pengiriman Barang


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan tanggal pengiriman. Pastikan paket barang yang akan sampai telah dikirim sekurang-kurangnya 3 hingga 5 hari kerja sebelumnya. Jadi, jangan merasa khawatir terlebih dahulu jika tenggat hari kerja masih panjang. Pastikan juga lokasi dan kota asal pengiriman dengan jarak tempuh di lokasi dan kota Anda berada.

Selain memastikan jarak lokasi dan kota, pastikan juga jasa JNE yang digunakan pengirim. Ada kalanya pengirim menggunakan paket reguler, ada pula yang medium dan paket ekspress. Pemilihan mode pengiriman ini tentu akan berpengaruh besar bagi barang yang telah dipesan untuk sampai di lokasi tujuan.

Mendatangi Kantor JNE


Ketika sudah dipastikan kapan tanggal pengiriman dan ditemui kejanggalan. Misalnya, barang yang dikirim telah melebihi 5 hari kerja sementara jarak kota dan lokasi Anda berada tidak sampai memakan waktu yang panjang. Maka langkah selanjutnya untuk memastikan keberadaan barang adalah dengan mendatangi kantor JNE terdekat.

Lebih meyakinkan lagi jika mendatangi kantor JNE pusat atau cabang di kota Anda. Jangan mendatangi agen kecil atau sub agen yang belum meyakinkan. Setelah sampai temuilah petugas Customer Service (CS) di kantor tersebut dan jelaskan maksud kedatangan untuk mengecek paket yang telah dipesan.

Meminta Tolong Petugas Customer Service


Setelah menjelaskan permasalahan yang Anda terima, langkah selanjutnya yakni meminta tolong petugas Customer Service untuk mendeteksi dan mencari informasi melalui parameter tertentu. Parameter informasi tersebut diantaranya adalah nama penerima (Anda), nama pengirim, alamat pengiriman, asal pengiriman, tanggal dan waktu pengiriman.

Informasi tersebut seminimal mungkin dapat digunakan untuk melacak dimana lokasi barang yang akan Anda terima. Selain itu, melalui sistem yang dimiliki oleh petugas JNE, petugas akan mengetahui transaksi dan dapat memberikan nomor resi. Setelah Anda mendapatkan nomor resi dari petugas, gunakanlah aplikasi di situs online resmi milik JNE.

Cek Resi Anda Tanpa Menggunakan Nomor Resi JNE


Cara ini bisa Anda lakukan dengan pertama-tama mengunduh aplikasi my JNE melalui play store. Lakukanlah registrasi sebagaimana pemasangan aplikasi/ media sosial lainnya. Pastikan identitas dan nomor hand phone adalah yang dicantumkan pada keterangan penerima pada pesanan barang yang akan sampai.

Setelah melengkapi registrasi, masukkan alamat Anda sesuai dengan alamat penerima yang ada dipesanan tersebut. Setelah kesemuanya lengkap kemudian cek pesanan di bagian My Shipment. Maka akan muncul semua jenis pesanan yang berisikan data nama, nomor hp, dan alamat yang telah Anda masukkan di awal. Setelah itu, pilah mana data yang sesuai dengan Anda dan catat nomor resi yang telah tertera di laman tersebut.

Mengecek resi melalui aplikasi ini akan memudahkan tanpa harus mendatangi kantor pusat atau cabang JNE di kota Anda. Karena dapat dilakukan di tempat melalui hand phone pribadi tanpa harus meminta bantuan dari petugas customer service di kantor JNE. Cara ini cocok bagi yang tidak menginginkan berpergian dan cukup mendapatkan nomor resi dan mengeceknya sendiri.

Menghubungi Pengirim Melalui Telepon


Bagi Anda yang melakukan transaksi dengan seseorang yang telah dikenal, sesegera mungkin kontak atau hubungi untuk memastikan barang tersebut. Karena bisa saja kelalaian pengirim untuk meminta nomor resi atau kehilangan nomor resi juga bisa diproses dengan meminta resi kembali kepada pihak kantor JNE dimana ia mengirimkan barang.

Mengecek paket JNE tanpa melalui nomor resi memang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan tenaga yang lebih. Karena Anda harus mendatangi kantor JNE untuk memastikan barang yang akan diterima. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, bagi Anda yang seringkali mengandalkan jasa pengiriman selalu pastikan untuk meminta nomor resi kepada pengirim atau penjual. Akan sangat menghawatirkan jika barang tersebut tidak terlacak, terlebih jika memiliki nilai harga yang tinggi.

Itulah tadi beberapa cara untuk cek paket JNE tanpa menggunakan nomor resi. Selalu berhati-hatilah dalam bertransaksi.

BACA JUGA! CARA MENGETAHUI PAKET SPEEDY YANG DIAMBIL

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA