Cara Cek Nopol Kendaraan Online Jabar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10620-nomor polisis
Daftar Topik

Dijaman yang serba modern ini hampir semua aktivitas bisa dilakukan secara online. Salah satunya adalah cek nopol kendaraan. Cek nopol kendaraan sekarang sudah bisa dicek secara online, jadi anda tidak perlu repot- repot untuk datang ke kantor SAMSAT. Tujuan dari diadakannya cek nopol kendaraan ini adalah untuk mengetahui berapa besaran pajak dari kendaraan pribadi anda baik itu kendaraan beroda dua atau empat.

Kini dengan teknologi yang sangat canggih, setiap daerah tentunya juga tidak mau ketinggalan untuk dapat melayani masyarakatnya secara online. Jadi, setiap provinsi sekarang sudah menyediakan layanan cek nopol kendaraan online ini. salah satunya adalah di provinsi jawa Barat. Buat anda yang merupakan warga Jawa Barat ingin mengecek nopol kendaraan secara online tidak perlu bingung. Berikut akan kami bagikan cara cek nopol kendaraan online Jabar. Namun, sebelumnya anda harus mengetahui apa tujuan dari disediakan layanan pengecekan nopol kendaraan bermotor secara online ini.

Tujuan dari Cek Nopol Kendaraan Secara Online


1. Untuk Mengetahui Berapa Pajak yang Harus Dibayar

Tujuan yang pertama yaitu untuk mengetahui berapa pajak yang harus dibayarkan di masa mendatang. Jadi, dengan mengecek nopol anda bisa mengetahui pajak yang harus dibayar sehingga sebelum waktunya membayar bisa mempersiapkan uangnya terdahulu.

2. Untuk Mengetahui Denda Keterlambatan Membayar

Selain untuk cek jumlah pajak yang harus dibayar, layanan ini juga bisa melihat denda yang harus dibayar jika suatu saat anda mengalami telat pembayaran pajak kendaraan bermotor.

3. Untuk Melacak Nomor Plat Kendaraan Bermotor

Jadi, tujuan yang ketiga ini adalah untuk melacak nomor plat. Ini bisa digunakan jika suatu hari anda mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Seperti misalnya mengalami kecelakaan dan pada saat itu anda tidak membawa identitas maka bisa dilacak dengan nopol kendaraan yang sedang dikendarai. Terus bisa juga misalkan terjadi tabrak lari, nah itu bisa dilacak dengan nopol kendaraan yang menabrak anda.

Cara Cek Nopol Kendaraan Online Jabar

Untuk cek nopol kendaraan online Jabar itu terdapat tiga cara, yaitu bisa melalui aplikasi, website dan juga SMS. Nah, dibawah ini akan kami jelaskan bagaimana langkah langkah jika menggunakan ketiga cara tersebut.

1. Melalui Aplikasi


Jadi, untuk cek nopol kendaraan baik itu motor ataupun mobil itu bisa menggunakan aplikasi. Untuk setiap provinsi itu menyediakan aplikasi yang namanya berbeda. Dan untuk di provinsi Jawa Barat, nama aplikasinya adalah SAMBARA yang artinya Samsat Mobil Jawa Barat. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa mengecek nopol kendaraan, mengecek berapa pajak kendaraan yang harus dibayar dan dapat membayar pajak kendaraan bahkan juga bisa mengetahui berita terupdate status dari kepemilikan kendaraan yang pernah anda jual. Untuk mendapatkan aplikasi ini sangat mudah sekali yaitu anda tinggal mendownloadnya melalui app store pada ponsel. Aplikasi ini tidak berbayar jadi, anda tidak perlu khawatir dan juga aplikasi ini bisa dipakai kapanpun dan  dimanapun anda berada.

2. Melalui Website Resmi


Cara kedua untuk  cek nopol kendaraan online Jabar yaitu melalui website. Jadi di setiap provinsi telah memiliki website resmi untuk melayani cek nopol kendaraan secara online ini. Melalui cara ini anda akan mendapatkan informasi siapa nama pemilik dari kendaraan bermotor ini serta untuk melacak nopol atas nama siapa juga bisa dilakukan. Selain itu, juga terdapat informasi dari nama pemilik, tahun kendaraan, warna dan juga masih banyak lagi. Jadi, cara untuk mengecek nopol kendaraan melalui website adalah sebagai berikut.

  • Pertama anda pergi ke browser baik itu pada HP maupun komputer.
  • Ketikkan website resmi dari provinsi Jawa Barat yaitu https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolinsamsat-jabar/.
  • Setelah itu klik website tersebut dan nanti anda akan diminta untuk memasukkan nomor plat di kotak yang sudah ada di halaman website.

3. Melalui SMS


Cara yang ketiga, untuk mengecek nopol kendaraan secara online yaitu dengan menggunakan sms. Jadi  jika pada saat tidak punya kuota anda bisa mengeceknya melalui sms. akan tetapi jika menggunakan sms maka akan dikenakan biaya  pengiriman pesan dan bisa jadi untuk tiap operator itu berbeda. Untuk dapat mengecek nopol kendaraan bermotor melalui sms anda bisa mengirim ke nomor 3977 dengan format  ‘’poldajbr  <spasi> Nopol ”. Contoh penulisan formatnya “poldajbr D8967 JL”  lalu tinggal dikirim ke nomor 3977. Setelah itu, otomatis anda akan mendapatkan balasan pesan yang berisi informasi yang dibutuhkan.

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara cek nopol kendaraan online Jabar yang bisa kami bagikan. Bagaimana,  caranya sangat mudah bukan? jadi, buat anda yang tinggal di Provinsi Jawa Barat bisa melakukan pengecekan seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

BACA JUGA!

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP