Cara Cek Koneksi Internet Dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Speedtest.net Website Review
Daftar Topik

Internet menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat di era modern seperti sekarang ini. Hal tersebut bisa terjadi karena semua aktivitas yang meliputi komunikasi, kegiatan penjualan dan pembelian serta berbagai macam transaksi sudah bisa diakses secara digital melalui internet. Bahkan untuk membuka rekening tabungan sekarang tidak perlu datang langsung ke kantor bank, dan bisa di lakukan dengan cara online dimana saja dan kapan saja.

Untuk bisa terhubung dengan jaringan internet, tentunya diperlukan kuota data dengan kecepatan yang stabil agar koneksi tidak terganggu. Namun, pernahkan Anda sedang bekerja atau menggunakan internet untuk komunikasi dan mengalami koneksi tidak stabil? Jika hal tersebut terjadi tidak perlu bingung karena sudah tersedia beberapa Cara Cek koneksi Internet yang akan di bahas di bawah ini dengan singkat dan juga mudah untuk dilakukan.

Cek Koneksi Internet Dengan Program Command Prompt

cmd.exe - Wikipedia

Apabila Anda sedang menggunakan wifi pada pc atau laptop dan ingin mengecek koneksi jaringan internet, ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan program CMD atau Command Prompt.  Program CMD merupakan salah satu aplikasi bawaan dari windows yang berfungsi untuk melakukan pengecekan terhadap koneksi internet pada pc atau laptop.

Berikut cara mengaktifkan program cmd  untuk mengecek koneksi internet pada laptop:

  • Pertama-tama tekan tekan tombol Windows bersamaan dengan huruf r atau windows+r
  • Setelah itu akan muncul jendela run dengan kolom, ketik kode ping.8.8.8.8 –t pada kolom yang tersedia kemudian klik perintah ok.
  • Ketika sudah klik pada pilihan ok, maka akan muncul jendela baru dengan informasi mengenai koneksi internet yang ada pada laptop.

Periksa  pada bagian time, jika semakin kecil jumlah time serta tidak ada perubahan secara drastis maka koneksi jaringan internet bisa dipastikan cepat dan stabil. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam kotak dialog ini yaitu, apabila muncul pesan dengan tulisan request time out itu artinya koneksi jaringan internet pada pc atau computer sedang terganggu.

Apabila Anda sedang menggunakan OS Linux, cara untuk melakukan cek koneksi internet sama dengan cara diatas.

Cek Koneksi Internet Dengan Aplikasi Khusus

Jika Anda sedang menggunakan smartphone dan ingin mengecek koneksi internet ada beberapa cara yang bisa di lakukan, salah satunya dengan bantuan beberapa aplikasi cek koneksi internet sebagai berikut:

  • Aplikasi Speedtest Master

5 Aplikasi Cek Kecepatan Internet di Hp Android | Teknoskuy.com

Aplikasi cek kecepatan dan koneksi internet ini merupakan media khusus jika ingin mengetahui lalu lintas dan kondisi jaringan internet pada hp android. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu, buka aplikasi playstore pada hp kemudian ketikkan speedtest master pada kolom pencarian dan segera lakukan penginstalan agar aplikasi bisa segera digunakan.

Aplikasi ini juga berfungsi untuk membuat kecepatan koneksi menjadi lebih efisien dan bisa digunakan untuk mengetes jaringan wi-fi, ADSL, DSL, 3G, 2G dan 4G.

  • Aplikasi Speedcheck

Aplikasi Speedtest - Uji Internet Anda di Mana Saja dengan Perangkat Apa Saja

Sama halnya dengan aplikasi cek koneksi lainnya, aplikasi ini juga berfungsi untuk melakukan pengecekan kecepatan dan koneksi jaringan wi-fi atau 4G yang digunakan. Cara untuk menggunakan aplikasi ini yaitu, Anda harus mengunduhnya melalui playstore atau appstore dari smartphone. Setelah terinstall maka aplikasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Selain untuk mengecek ping atau koneksi jaringan, aplikasi speedcheck juga bisa digunakan untuk melihat kecepatan upload, download.

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Internet yang Harus Kamu Tahu

Melihat Panel Notifikasi Wi-fi Pada Komputer/ laptop

Cara yang paling mudah untuk mengetahui laptop atau pc terhubung dengan wi-fi atau internet yaitu, periksa panel notifikasi jaringan yang ada pada bagian bawah layar sebelah kanan di dekat ikon volume. Jika laptop memiliki koneksi dengan internet maka panel tersebut akan menyala, namun apabila sudah terhubung namun koneksi bermasalah maka akan muncul tanda seru yang menandakan jaringan limited atau terganggu serta perlu penambatan ulang.

Namun jika Anda sedang menggunakan smartphone, cara mengecek koneksi internet secara sederhana cukup mudah yaitu buka aplikasi chatting dan cobalah mengirim pesan. Apabila pesan yang ditulis tidak terkirim maka bisa dipastikan koneksi internet tidak tersambung. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuka browser apabila halaman sangat lama untuk dimuat dan mengalami loading berkepanjangan maka tandanya koneksi internet sedang mengalami gangguan.

Menggunakan Situs Speedtest.net

Speedtest.net Website Review

Mengecek koneksi internet juga bisa di lakukan melalui situs speedtes.net, yaitu sebuah portal online yang menyediakan fungsi untuk mengecek koneksi jaringan dan juga kecepatan internet pada laptop atau hp android. Penggunaan situs ini sangat mudah yaitu:

  • Buka browser dan ketik alamat web speedtest.net
  • Setelah halaman web terbuka akan muncul perintah go, kemudian klik dan tunggu test sampai selesai.
  • Setelah proses test sudah selesai, akan muncul tampilan tentang informasi koneksi internet, kecepatan upload serta download.

Penyebab dari terganggunya koneksi internet bermacam-macam, bisa disebabkan karena gangguan signal maupun kuota data yang sedang habis. Agar bisa menggunakan internet dengan nyaman, jangan lupa untuk selalu mengecek kuota data dan segera lakukan isi ulang apabila kuota data akan habis serta gunakan internet dengan bijak.

Internet Konek Tapi Tidak Bisa Browsing, Ini Penyebabnya!

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP