Cara Cek  Flashdisk Asli atau Palsu Dipasaran

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Sandisk
Daftar Topik

Cara cek flashdisk asli atau palsu. Kamu sering tertipu dengan produk flashdisk palsu atau tiruan? Mau tau bagaimana cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu? Baca artikel ini sampai selesai ya. 

Saat ini terdapat banyak sekali flashdisk palsu dengan berbagai merk beredar di pasaran. Yang paling sering dijumpai adalah Toshiba dan Sandisk. Banyaknya varian dan tipe flashdisk dengan berbagai merk membuat konsumen sulit untuk membedakan produk yang asli dan palsu. Untuk itu, kamu harus tau bagaimana cara membedakan antara produk yang asli dan yang palsu.

Dengan diimingi harga yang lebih murah dari flashdisk pada umumnya, ini pasti akan membuat kamu semakin tergoda untuk membelinya. Ditambah lagi kini flashdisk palsu sangat mudah didapatkan berkat adanya toko online. Di toko-toko online yang ada, kamu akan lebih sulit untuk mengetahui keoriginalitasan flashdisk tersebut, kecuali kamu membelinya langsung di official Store-nya. 

Perbedaan Antara Flashdisk Asli dan Palsu

Untuk bisa membedakan barang tiruan dan barang asli, kamu harus bisa mengecek secara detil fisik dari flashdisk yang akan kamu beli. Untuk itu, berikut ini apa saja yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghindari beli flashdisk palsu, antara lain:

1. Bentuk Port USB
Port USB

Tahukah kamu bahwa bentuk dan lekukan port USB pada flashdisk yang asli akan jauh lebih kompleks daripada port USB flashdisk palsu. Apabila flashdisk tersebut palsu, maka proses pembuatannya atau produksinya pasti aka nasal-asalan dan tidak terlalu  memperhatikan detail, seperti halnya pada bentuk port ini. Kamu bisa menganalisis bagian portnya, apakah ia rumit atau tidak. Apabila memiliki detail yang sangat rumit, maka bisa dikatakan bahwa flashdisk tersebut asli. Kamu bisa menggunakan jurus andalan ini untuk bisa dengan mudah membedakan apakah flashdisk yang akan kamu beli asli atau palsu.

2. Segel dan Hologram Garansi

Hologram

Logo distributor menjadi salah satu ciri khusus bahwa flashdisk tersebut asli. Logo distributor resmi akan ditempel pada setiap kemasan untuk memberikan tanda bahwa produk tersebut original. Ini juga merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan apakah flashdisk itu asli atau palsu. Logo atau hologram distributor ini biasanya digunakan untuk barang-barang elektronik seperti flashdisk, SD Card, Harddisk, dan lainnya yang memiliki waktu garansi. Flashdisk apapun, apabila terdapat hologram/segel garansi resmi, maka dapat dipastikan bahwa barang tersebut asli. Dan yang perlu kamu ingat adalah setiap merk memiliki ciri khas segel yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu harus paham mana saha distributor resmi yang mendistribusikan produk itu.

3. Harga Terlalu Miring

harga miring

Pada umumnya. Flashdisk asli yang berasal dari luar negeri akan melewati tahap beacukai, dan kemudian selanjutnya akan dilanjutkan ke distributor resmi dan kemdian dipasarkan secara luas. Dengan adanya pajak dan beacukai, maka setiap barang yang berasal dari luar negeri akan mengalami kenaikan harga yang signifikan. Hasilnya adalah harga yang dijual akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga asli yang diberikan pabrik produksi. Hal ini pula yang memunculkan istilah “black market”. Dengan adanya black market, maka para produsen produk palsu bisa mempunyai alasan bahwa barang yang mereka produksi merupakan black market, padahal hanya sebuah produk palsu. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati jika menemukan produk yang harganya sangat miring. 

4. Garansi

garansi

Jika kamu membeli sebuah flashdisk, maka pastikan garansi flashdisk tersebut lama. Apabila yang ditawarkan adalah flashdisk palsu, maka biasanya garansi hanya 1-2 hari, 1 minggu, dan 1 bulan saja. Namun apabila flashdisk tersebut asli, maka biasanya garansi yang diberikan terbilang cukup lama, yaitu 1tahun, 2 tahun, bahkan 5 tahun penggunaan. 

5. Warna LED

warna LED merah

Tahukah kamu bahwa warna LED pada flashdisk Toshiba asli berbeda dengan yang palsu? LED pada flashdisk Toshiba asli akan berwarna kuning kehijauan, sedangkan pada yang palsu akan berwarna merah. Jadi kalo kamu menemukan flashdisk Toshiba dengan LED warna merah, sudah bisa dipastikan bahwa itu produk palsu. 

6. Flashdisk Susah Terbaca

Susah terbaca

Pada umumnya, flashdisk asli jika ditancapkan pada komputer, maka akan tertancap lurus dan kuat. Berbeda dengan flashdisk yang palsu, saat dicolok akan sedikit miring dan tidak kokoh. Dengan kondisi bengkok seperti itu, maka biasanya flashdisk palsu akan susah dideteksi oleh komputer, dan butuh dicolok berulang kali agar bisa terdeteksi.

7. Kecepatan Transfer Tidak Stabil

Pada flashdisk yang palsu, biasanya memiliki kecepatan yang tidak stabil. Mungkin pada awalnya akan cepat. Namun kemudian kecepatannya akan menurun secara drastic dan tidak akan naik lagi. Hal tersebut menandakan bahwa flashdisk tersebut dalah barang palsu. 

8. Warna Kemasan Buram dan Tidak Tajam

Kemasan pada flashdisk yang palsu biasanya agak berbeda, agak sedikit tidak menarik. Garis-garis dan gambar pada kemasannya tidak jernih dan agak buram. Sedangkan dengan yang asli, sebelum diproduksi flashdisk tersebut sudah diuji terlebih dahulu melalui beberapa tes, dan apabila tidak memenuhi standar maka flashdisk tersebut tidak akan dipasarkan. Dan untuk membedakan bahwa produk yang diciptakan adalah asli, maka para produsen akan memberikan barang mereka dengan ciri khas terntentu agar mudah untuk membedakan yang asli dan palsu. Salah satu contohnya yakni kemasan yang berkualitas dan warna yang tajam.

Itu dia 8 cara cek flashdisk asli atau palsu. Apabila kamu sudah memperhatikan hal-hal di atas, maka kamu akan dengan mudah menghindari produk falshdisk palsu yang banyak beredar di pasaran. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca juga:

Manfaat Internet yang Baik Untuk Pendidikan dan Kehidupan Manusia

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP