Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Online

0
4820 Bpjs Kesehatan
Source: BPJS

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi kita semua apalagi jika itu juga menyangkut kesehatan keluarga karena dengan tubuh yang sehat maka Anda juga akan lebih leluasa beraktivitas dan mengerjakan berbagai hal. Bonusnya lagi akan terhindar dari pengeluaran yang besar karena apabila kita sakit terkadang bisa memakan biaya yang sangat besar. Itulah mengapa penting menjadi peserta BPJS dan tahu cara cek BPJS kesehatan.

Apabila sakit suatu hal yang selalu mengganggu pikiran tentu biaya karena memang biaya rumah sakit kian hari kian mahal. Bisa saja seluruh keuangan kita dikeruk habis jika rawat inap dalam jangka waktu panjang. Dan disinilah pentingnya peran dari memiliki asuransi kesehatan bagi masyarakat dan berikut adalah alasan untuk menggunakan asuransi kesehatan.

1. Tahapan Pendaftaran Peserta BPJS


4820 Ktp Kk Jur Sumatera
Source: Jurnal Sumatera
  • Menyertakan Fotokopi KP4

Untuk persyaratan yang kedua adalah fotocopy KP4. Untuk beberapa orang pastinya sangat asing dengan persyaratan ini, sebab KP4 merupakan surat keterangan yang digunakan untuk keluarga. Anda juga perlu memastikan kembali jika nama anak anda telah tertera di dalamnya, apabila belum maka Anda pun bisa menghubungi kantor tempat Anda bekerja. Dan di dalam surat ini nantinya tertera  keterangan tentang berapa jumlah gaji, siapa yang menerima gaji dan berapa anggota keluarga yang menjadi tanggungan.

  • Menyertakan Fotokopi KK

Untuk yang selanjutnya adalah fotocopy kartu keluarga dimana persyaratan ini menjadi salah satu dokumen yang sangat penting pada setiap pengurusan apapun. Seperti halnya ketika mengurus KTP dan juga mengurus SIM maka ketika Anda ingin membuat BPJS untuk anak maka akan membutuhkan kartu keluarga menjadi dokumen pelengkapnya.

  • Adanya Fotokopi Akte Kelahiran untuk Anak

Untuk yang berikutnya adalah akte kelahiran dimana akte kelahiran ini menjadi identitas anak karena anak belum mempunyai KTP seperti halnya orang dewasa. Jika memang akte kelahiran anak belum ada maka anda juga bisa membawa surat kelahiran milik anak, dan apabila anak Anda lahir di rumah sakit maka sel tersebut akan diberikan ketika proses kepulangan ibu dan juga anak.

  • Menyertakan Fotokopi Buku Nikah

Buku nikah atau yang juga disebut sebagai surat nikah menjadi salah satu dokumen yang penting dan wajib untuk ditampilkan menjadi bukti jika anda benar-benar orang tua si anak tersebut. Sehingga proses pembuatan BPJS pun dapat berjalan dengan lancar.

  • Menyertakan Pas Foto Bagi yang Memiliki Anak Dibawah Umur

Berikutnya ialah dengan menyertakan pas foto anak dengan ukuran 3 x 4, yang mana foto ini nantinya akan ditempelkan di kartu BPJS milik anak Anda. Memang pihak pengurusan BPJS tidak mewajibkan pelaporan pas foto, namun BPJS anak tidak akan ada fotonya.

  • Harus Melampirkan Fotokopi Surat Keterangan Pegawai Terakhir

Bagi para orang tua yang PNS maka harus melengkapi dokumen dengan SK pangkat ataupun golongan pada saat ini. Memang betul jika saat ini hanya akan berlaku bagi para PNS serta para pekerja perusahaan milik negara.

Apabila seluruh dokumen telah terpenuhi maka anda pun langsung menuju ke kantor pengurusan BPJS terdekat yang selanjutnya Anda akan diharuskan mengisi formulir yang telah disediakan. Perhatikan setiap kolom pada formulir dan pastikan jika sudah terisi dengan benar.

2. Cara Cepat Melakukan Pengecekan BPJS Secara Online


4820 Bpjs Online Alwib
Source: Alwib

Tentu saja melakukan cek BPJS Kesehatan melalui situs online akan sangat menguntungkan para masyarakat yang menjadi peserta BPJS. Pengecekan tagihan dari situs online akan membuat Anda mengetahui berapa kisaran biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya dan juga akan mengetahui batas waktu pembayaran. Sehingga dengan cara seperti inilah peserta BPJS tidak akan lupa bahkan sampai telat dalam pembayaran iuran BPJS.

Lalu bagaimana sih langkah mengecek kartu BPJS online? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Untuk yang pertama Anda harus terlebih dahulu masuk ke dalam website BPJS, dimana dengan mengakses website anda akan mengetahui seluruh informasi BPJS.
  • Ketika anda sudah memasuki halaman informasi di dalam website, maka Anda diwajibkan untuk memasukkan nomor kartu BPJS peserta mengisi tanggal lahir yang sesuai dengan data diri.
  • Pastikan anda melihat secara detail apakah seluruh data tersebut sesuai. Ketika sudah maka Anda harus klik tulisan “check” dimana nanti akan diproses terlebih dahulu sebelum memunculkan status dari kartu BPJS yang anda miliki.
  • Ketika halaman sudah memperlihatkan status kartu BPJS, maka Anda akan melihat seluruh informasi mengenai yang Anda miliki beserta anggota keluarga lainnya. Bahkan di informasi tersebut juga tercantum nominal iuran yang harus dibayarkan setiap bulan sebagai anggota BPJS.

Nah, Anda bisa melakukan cek BPJS kesehatan dengan mudah dan cepat dengan cara online seperti diatas. Pastikan Anda tidak pernah ketinggalan informasi dari BPJS.

BACA JUGA!

Cara Cetak Kartu BPJS Secara Online