Cara Block Firewall Windows 10 Dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Stay Protected With Windows Security
Daftar Topik

Cara Block Firewall Windows 10 Dengan Mudah – Di dalam windows, ada beberapa program yang sangat membatu kinerja komputer dan juga bisa dijadikan sebagai alat proteksi atau pengamanan dari ancaman kerusakan sistem. Salah satu program tersebut adalah, windows firewall. Fungsi dari windows firewall sendiri yaitu sebagai sistem pengamanan saat komputer terhubung dengan LAN atau jaringan internet.

Windows Firewall - Wikipedia

Namun, seringkali aplikasi tersebut menampilkan notifikasi pop up yang berulang-ulang dan membuat pekerjaan menjadi terganggu. Apabila ingin menonaktifkan sementara program aplikasi tersebut, praktekkan Cara Blok Firewall Windows yang bisa di lakukan dengan mudah berikut ini.

Berikut Cara Block Firewall Windows 10 yang diikuti

1. Buka Program Control Panel

Control Panel (Windows) - Wikipedia

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin memblokir firewall pada windows 10 yaitu:

  • Buka program control panel yang ada pada komputer, caranya cukup mudah. Tekan tombol dengan ikon windows pada keyboard kemudian ketik tulisan control panel di kolom pencarian.
  • Ketika program control panel sudah ditemukan klik kemudian tunggu sampai muncul jendela baru dari program tersebut.

Control panel sendiri adalah sebuah program service yang ada pada computer, dan berisi berbagai macam pilihan aplikasi dan bisa digunakan untuk menunjang kinerja komputer dengan pengaturan yang diinginkan.

2. Klik Menu Windows Defender Security Center

Stay protected with Windows Security

Setelah program service control panel terbuka, akan tertera beberapa pilihan untuk pengaturan komputer. Cari menu dengan deskripsi Windows defender security center setelah itu, jangan lupa klik kemudian saat tab dialog perintahnya sudah muncul pilih opsi firewall & network protection.

Baca Juga: Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi

3. Gunakan Opsi Advanced Settings

Langkah selanjutnya yaitu, setelah masuk pada menu firewall & network protection akan muncul panel pada bagian kanan desktop dengan tab pilihan menu pengaturan. Klik opsi advanced settings, dan tunggu sampai muncul tampilan tab baru pada layar desktop. Kemudian lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Saat muncul tab dialog perintah outbound rules dan inbound rules, pilih salah satunya dan sesuaikan dengan kebutuhan yang di inginkan.
  • Di samping kotak dialog inbound rules, akan muncul tampilan opsi action lalu klik pilihan action.
  • Ketika menu action sudah di klik, pilih opsi protocol and program kemudian pilih menu port.
  • Langkah terakhir, klik perintah next pada tab dialog.

4. Lakukan Proses Blokir Port Tertentu

Agar firewall tidak terus-menerus menampilkan notifikasi pop up dari aplikasi, lakukan pemblokiran aatu penonaktifan pada aplikasi dan port yaitu jaringan di dalam komputer yang berfungsi sebagai alat identifikasi dari sebuah aplikasi yang meliputi layanan di dalam jaringan TCP/IP.  Berikut cara pemblokiran port aplikasi tertentu di dalam komputer:

  • Tekan tombol dengan ikon windows pada keyboard, setelah muncul tab baru pada desktop.
  • Ketik windows defender firewall pada kolom pencarian di bagian bawah pc, kemudian klik agar software terbuka.
  • Pilih menu advanced setting pada bagian pojok kiri sebelah atas dari software windows defender firewall, jangan lupa klik hingga terbuka.
  • Setelah itu, di layar desktop akan ditampilkan beberapa pilihan menu dari advanced settings lalu klik tampilan outbound rules yang ada pada sebelah kiri jendela.
  • Klik opsi new rule yang terletak pada bagian pojok kanan atas, fungsinya adalah untuk membuka tab dialog perintah baru dan berguna untuk pengaturan firewall.
  • Saat panel perintah menu new rules sudah terbuka, klik menu program agar bisa membuat tipe rule sesuai dengan keinginan Anda. Setelah pengaturan selesai, klik perintah next.
  • Cari path dari program yang akan di blokir, adapun cara untuk menemukan path aplikasi yaitu tekan tombol start kemudian pilih menu file explore kemudian klik. Ketika program sudah berjalan, pilih salah satu file aplikasi yang di inginkan kemudian klik berkasnya dan full path detail akan muncul di layar desktop.
  • Copy berkas, setelah itu salin pada tab dialog opsi name pada menu new inbound rule wizard.
  • Terakhir, klik perintah finish dan aplikasi atau programa akan otomatis terblokir.

Cara yang diulas diatas, bisa dipraktekkan apabila Anda ingin memblokir salah satu atau beberapa program aplikasi di dalam komputer. Namun, jika berkeinginan untuk memblokir atau memberhentikan program firewall berikut caranya:

  • Klik ikon windows atau start pada bagian kiri bawah, kemudian ketik tulisan regedit pada kolom pencarian program.
  • Setelah program registry berhasil ditemukan, klik dan jalankan program dengan memilih opsi run.
  • Kemudian di layar desktop akan muncul tampilan tab baru dengan perintah bertuliskan HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\MpsSvc.
  • Pilih opsi start yang berada pada panel sebelah kanan lalu klik sebanyak 2 kali.
  • Pada kolom perintah value data, masukkan angka 4 dan klik perintah ok agar pengaturan tersimpan. (Jika suatu ketika ingin membuat firewall aktif kembali, ulangi langkah-langkahnya dang anti angka 4 pada perintah value data dengan angka 2 ).

Lakukan  beberapa Cara Blok Firewall Windows 10 tersebut jika Anda ingin menghentikan program firewall. Yang terpenting pastikan back up data terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Uninstall Windows 7

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP