Cara Bernyanyi yang Benar dengan Suara Merdu

Setiap orang memiliki hobi yang unik dan beragam, salah satunya adalah menyanyi. Banyak orang yang gemar menyanyi namun sedikit dari mereka yang dapat bernyanyi dengan baik dan benar. Ada orang yang memang memiliki bakat menyanyi dengan baik dari kecil, namun ada juga orang yang pandai menyanyi setelah mempelajari berbagai teknik dan dapat mengolah suara dengan baik.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau belajar dan semuanya akan terasa mudah jika kita telah mempelajarinya. Begitu juga dengan bernyanyi. Bagi kamu yang memiliki hobi menyanyi dan ingin dapat bernyanyi dengan baik, kamu dapat menyimak beberapa tips di bawah ini mengenai cara bernyanyi yang benar dengan suara merdu.

Menetapkan Target Suara saat Bernyanyi


Hal yang pertama yang harus kamu lakukan agar dapat bernyanyi dengan suara merdu dan benar adalah menetapkan target suara. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai kata merdu saat bernyanyi. Ada orang yang menyukai jenis suara yang berat, ada yang menyukai jenis suara yang serak-serak basah dan ada juga orang yang menyukai jenis suara yang bening.

Karakeristik bernyanyi yang benar yaitu beresonansi dan jelas. Yang dimaksud jelas yaitu walaupun tanpa mengerahkan pendengaran, pendengar sudah dapat mendengarkan nada dan kata-kata yang kamu nyanyikan. Sedangkan resonansi merupakan vibrasi (getaran) yang dalam yang dilakukan oleh semua penyanyi bersuara merdu dan dilakukan di bawah kesadaran.

Bernyanyi Menggunakan Dada


Mungkin bagi sebagian orang merasa jika bernyanyi yang benar adalah melalui kerongkongan sehingga mereka dapat dirasakan tekanan pada leher dan kepala saat bernyanyi. Namun cara tersebut salah walaupun terasa alami. Untuk menghasilkan suara yang merdu dengan teknik yang benar maka bernyanyilah dengan menggunakan dada.

Saat kamu bernyanyi, maka fokuslah pada dada. Jika dada terasa bergetar saat kamu sedang menyanyi maka kamu telah melakukan cara yang benar. Rasakanlah tekanan di dada dan bernyanyilah seakan-akan suara yang kamu hasilkan berasal dari otot-otot dada. Untuk mempermudah teknik ini, cobalah untuk bernafas melalui perut terlebih dahulu dengan benar.

Jika kamu masih merasa kesulitan menyanyi dari dada maka bayangkan saja jika kamu bernyanyi dari diafragma yaitu otot yang berada di bawah paru-paru yang berfungsi untuk mengontrol pernafasan.

Belajar Mengasah Resonator


Suara yang merdu akan dihasilkan jika kamu mampu menciptakan resonansi yang terjadi saat nada-nada mencapai suara yang penuh dan dalam. Jadi, kamu harus belajar mengasah terus resonator yang kamu miliki. Untuk mendapatkan kedalaman, suara yang kamu hasilkan akan bergema baik di dalam kerongkongan, mulut maupun dada. Kamu juga akan merasakan getaran atau dengungan ringan.

Bernyanyilah pada Zona Nyaman


Setiap orang memiliki zona nyaman tersendiri saat bernyanyi. Ada orang yang lebih menyukai bernyanyi pada nada-nada yang tinggi, namun ada juga yang merasa tidak nyaman jika menyanyikan lagu bernada tinggi. Dengan terus berlatih, maka kamu akan dapat menentukan rentang teratas maupun rentang terbawah dari nada suara kamu.

Jika kamu merasa nyaman pada rentang nada tersebut, otomatis suara yang kamu hasilkan juga akan merdu saat bernyanyi. Tidak akan terdengar mendecit atau pecah karena suara akan terdengar pecah jika melewati zona nyaman saat bernyanyi.

Memperkerjakan Pelatih Vokal


Setiap pemula pasti membutuhkan guru untuk memberikan arahan atau masukan, begitu juga dalam menyanyi. Agar dapat mengetahui cara bernyanyi yang benar dengan suara merdu, kamu dapat memperkerjakan pelatih vokal yang telah berpengalaman. Beliau akan mengajarkan bagaimana cara yang tepat saat bernyanyi, akan mengarahkan serta memberikan berbagai saran yang membangun.

Terkadang ada hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan sendiri. Untuk menilai kualitas suara, kamu juga tidak dapat melakukannya sendiri. Jadi melalui pelatih vokal, kamu akan diberikan bimbingan tentang berbagai hal mengenai musik maupun suara.

Cara Menghasilkan Suara yang Merdu


Untuk mengahsilkan suara yang merdu sehingga enak untuk didengar maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, antara lain :

  • Minumlah air putih hangat saat bangun pagi
  • Hindarilah makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak karena akan mengganggu suara kamu saat bernyanyi
  • Rajinlah berolahraga seperti jogging atau renang sehingga akan memudahkan kamu untuk mengatur pernafasan saat bernyanyi
  • Perbanyaklah minum air putih, selain baik untuk kesehatan, air putih juga baik untuk menjaga kualitas suara kamu
  • Selingi minum air teh hangat atau air jahe karena air teh hangat ataupun air jahe dapat melemaskan pita suara
  • Berlatihlah secara santai dan konsisten artinya jangan terlalu memaksakan diri namun selalu rutin dalam berlatih
  • Jangan terus-menerus berlatih di luar rentang nada teratas karena secara tidak langsung dapat melukai pita suara
  • Lakukan pemanasan sebelum bernyanyi agar pita suara tetap terawat dengan baik, tidak serak ataupun tegang

Itulah cara bernyanyi yang benar dengan suara yang merdu yang dapat kamu terapkan. Jangan lelah untuk selalu belajar agar kamu dapat menyalurkan hobi menyanyi kamu dengan baik. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MELATIH VOKAL AGAR SUARA BAGUS