Cara Berhenti Paket Telkomsel Lewat SMS

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Berhenti-Paket-Telkomsel-Lewat-SMS[1]
Daftar Topik

Telkomsel merupakan salah satu provider kartu perdana yang bisa dibilang cukup mahal. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menjadikan masyarakat untuk tidak memilih komponen penting bagi ponsel ini. Penyebabnya adalah karena Telkomsel mampu memberikan jaringan yang kuat serta dapat menjangkau daerah terpencil sekalipun.

Sama seperti yang lain, provider ini juga menyediakan berbagai layanan bagi penggunanya. Paket telkomsel yang disediakan tentu sangat bermacam-macam baik pada kartu AS, Simpati, maupun LOOP. Pengguna  biasanya mengaktifkan salah satu layanan yang mungkin tidak sesuai dan ingin menggantinya  dengan layanan paket internet lain.

Namun, tidak jarang juga pengguna yang merasa bingung untuk menghentikan layanan  paket telkomsel tersebut. Dalam hal ini, pihak telkomsel tentu juga menyediakan cara untuk menghentikan  penggunaan layanannya. Berdasarkan hal tersebut, terdapat beberapa cara berhenti paket telkomsel yang dapat pilih.

Menggunakan Kode Dialling USSD

Cara ini merupakan langkah yang paling mudah untuk berhenti berlangganan pada layanan Telkomsel. Dalam hal ini, cara menghentikan layanan yang sedang aktif  adalah dengan kode panggilan. Kelebihan dari cara ini adalah tidak perlu adanya pulsa atau jaringan internet. Adapun cara berhenti berlangganan dari paket telkomsel dengan kode dialling USSD dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Membuka menu telepon pada ponsel
  2. Membuka tampilan dial up
  3. Mengetik *363# seperti saat ingin membeli paket atau layanan telkomsel
  4. Menekan tombol panggil hingga muncul pilihan paket data yang bisa dibeli
  5. Mencari opsi yang memiliki kata berhenti
  6. Jika masih belum menemukannya, maka pilih opsi Paket Internet Lainnya
  7. Memilih opsi Berhenti /S&K
  8. Memilih opsi Berhenti Paket
  9. Jika berhasil, pengguna akan memperoleh SMS resmi dari telkomsel sebagai konfirmasi pemberhentian paket internet.

Berhenti Berlangganan Melalui SMS

Cara kedua adalah dengan menggunakan pengiriman pesan melalui SMS. Perlu diketahui bahwa berhenti berlangganan dengan menggunakan cara ini memiliki format yang berbeda untuk setiap paketnya. Format ini biasanya didasarkan pada jenis paketan dan nomor yang berbeda.

Berdasarkan hal ini, terdapat dua jenis paket internet pada telkomsel, yaitu Flash Volume Based dan Flash Unlimited. Kedua jenis layanan ini tentu memiliki cara berhenti berlangganan yang berbeda. Adapun caranya dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Jika ingin berhenti berlangganan pada paket internet flash volume based, maka dilakukan dengan mengetik format FLASH<spasi>OFF.
  2. Jika ingin berhenti berlangganan untuk paket telkomsel jenis flash unlimited, maka format yang dituliskan yaitu UL<spasi>OFF.
  3. Setelah mengetikkan salah satu dari kedua format diatas, kirim SMS  nomor tujuan 3636.

Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

Cara terakhir yang dapat dipilih untuk menghentikan layanan paket telkomsel adalah dengan aplikasi dari telkomsel. Aplikasi yang telah disediakan khusus pengguna telkomsel ini dapat diperoleh melalui Google Play Store. Bagi pengguna ponsel Apple juga sudah disediakan pada Apple App Store.

Menonaktifkan layanan paket internet menggunakan cara ini memiliki perbedaan dengan kedua cara sebelumnya. Dimana dalam hal ini, pengguna membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya.

Berbeda dengan kedua cara di atas, cara ini memerlukan koneksi internet untuk menggunakan aplikasinya. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam hal ini juga cukup mudah. Adapun hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi MyTelkomsel melalui Google Play Store atau Apple Apple App Store.

Setelah itu, daftarkan nomor telepon yang digunakan untuk paket data. Jika dirasa sudah berhasil masuk, buka menu yang terletak di pojok kanan atas. Kemudian pilih opsi Akun Saya dan dilanjutkan dengan mencari paket yang sedang digunakan.

Jika sudah ditemukan, maka pilih paket tersebut dengan langsung mengkliknya. Pastikan untuk bisa melihat tampilan detail dari paket yang dipilih. Setelah itu, carilah pilihan yang menawarkan untuk berhenti dari paket terkait. Jika ketemu, maka klik pilihan tersebut maka layanan paket internet akan dapat dihentikan secara otomatis.

Itulah beberapa cara berhenti paket telkomsel yang dapat dilakukan untuk menghentikan paket. Apabila sudah mencoba ketiga cara diatas namun tidak ada yang berhasil. Kamu dapat mengadukan masalah tersebut kepada telkomsel melalui customer service.

Hal ini dapat dilakukan dengan langsung menghubunginya melalui nomor telepon 188. Selain itu juga dapat dilakukan dengan akun resmi pada sosial media seperti facebook atau Twitter Telkomsel. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan solusi dari masalah yang kamu miliki pada penggunaan kartu perdana ini.

Nah, bagaimana apakah masih bingung ketika kamu akan berhenti dari paket telkomsel?, segera coba beberapa panduan cara mudah diatas agar pulsamu tidak kepotong otomatis secara terus menerus.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA