Home Editor's Choice Edukasi Cara Berbicara yang Baik dan Sopan

Cara Berbicara yang Baik dan Sopan

0
Cara Berbicara yang Baik dan Sopan

Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu melakukan interaksi dengan orang lain melalui komunikasi, baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung. Saat berkomunikasi dengan orang lain, sudah sepatutnya kamu berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan. Karena melalui bicara yang kamu lakukan maka orang akan dapat menilai bagaimana kepribadianmu.

Orang yang berbicara dengan baik dan sopan pasti akan lebih dihargai. Jika kamu tidak dapat berbicara dengan baik dan sopan, sudah pasti akan dikucilkan dari pergaulan. Lalu, bagaimanakah cara berbicara yang baik kepada orang lain? Cobalah ikuti beberapa tips cara berbicara yang baik dan sopan di bawah ini.

Menatap Lawan Bicara


Saat berbicara dengan lawan bicara, pastikan pandanganmu fokus kepadanya. Jika kamu berbicara tanpa menatap lawan bicara, maka akan terkesan kurang menghargainya. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika lawan bicaramu akan merasa tersinggung karenanya. Berbicara yang baik dan sopan bukan hanya sekedar berbicara melalui mulut saja, namun hati dan mata pun turut berbicara.

Orang yang menatap lawan bicaranya, menandakan jika orang tersebut bersungguh-sungguh memperhatikan apa yang sedang mereka bicarakan. Coba saja jika ada orang lain yang kamu ajak berbicara tapi malah melihat yang lain-lain, pastinya kamu akan merasa kurang dihargai, benar bukan? Jadi, pastikan menatap lawan bicara jika sedang berbicara dengan orang lain

Menggunakan Bahasa yang Baik dan Sopan


Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Terdapat beribu ragam bahasa yang ada di seluruh penjuru dunia termasuk bahasa nasional, bahasa daerah, bahasa gaul maupun bahasa isyarat. Setiap negara bahkan daerah memiliki bahasa tersendiri. Untuk berbicara dengan orang lain, pastikan kamu memakai bahasa yang baik dan sopan.

Saat kamu berbicara untuk meminta bantuan orang lain, pastikan menggunakan kata tolong pada kalimat yang kamu ucapkan. Kata maaf saat melakukan kesalahan, kata terima kasih saat diberikan sesuatu oleh orang lain, serta gunakan bahasa yang sopan saat memberikan tanggapan atau komentar kepada orang lain.

Berbicaralah menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain. Orang yang berbicara dengan baik dan sopan akan membuat orang lain nyaman saat berbicara dengannya.

Jangan Menimpali Pembicaraan


Saat ada lawan bicaramu yang sedang berbicara, pastikan kamu mendengarkannya dengan baik. Berikan kesempatan dia berbicara hingga selesai dahulu baru kemudian memberikan tanggapan. Jangan menimpali atau menyela pembicaraan saat dia masih berbicara karena hal tersebut tidaklah sopan. Jadilah pendengar yang baik dan bijaksana saat lawan bicara yang sedang berbicara.

Menggunakan Nada Suara yang Halus Namun Jelas


Salah satu cara berbicara yang baik dan sopan yaitu dengan menggunakan nada suara yang halus namun jelas. Halus, bukan berarti pelan. Yang dimaksud halus di sini adalah dengan nada suara yang tidak tinggi. Jika kamu berbicara dengan nada tinggi maka akan menimbulkan kesan kalau kamu sedang marah-marah. Jadi, gunakan nada suara yang halus agar lebih enak didengar oleh orang lain.

Pastikan juga kamu berbicara dengan jelas agar lawan bicara kamu mengerti apa yang sedang kamu bicarakan. Jangan berbicara berbelit-belit sehingga membuat orang bingung atau bahkan bosan mendengar kamu berbicara terus-menerus.

Pelajari Suasana Hatinya


Banyak hal yang akan terjadi dalam kehidupan manusia baik itu senang maupun sedih. Jadi, saat kamu ingin berbicara dengan orang lain, pastikan kamu memahami bagaimana suasana hati lawan bicaramu. Saat dia sedang sedih, maka hindarilah guyonan-guyonan yang akan membuatnya merasa tidak nyaman. Namun, saat dia sedang bahagia, selingilah dengan humor yang akan mencairkan suasana.

Saat lawan bicaramu terlihat banyak pikiran, kamu dapat menanyakan apa yang sedang dia pikirkan sehingga secara tidak langsung kamu dapat memberikan solusi dari permasalahan yang sedang dia hadapi. Atau saat lawan bicaramu terlihat tidak bergairah, kamu juga dapat melakukan hal yang sama sehingga kamu tidak akan salah dalam mengambil topik pembicaraan.

Selalu Tersenyum


Saat sedang berbicara, seringkali kita akan tersenyum kepada lawan bicara. Senyum secara tidak langsung memang berfungsi sebagai pencair suasana. Jadi, lebih banyak tersenyum saat sedang berbicara akan lebih baik. Namun, kamu juga harus memilah-milah kapan waktu yang pas untuk tersenyum. Saat sedang berbicara serius, tentunya kamu harus menghindari untuk tersenyum.

Saling Menghargai


Sikap saling menghargai memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu saling menghargai saat berbicara. Saat kita melakukan pembicaraan tentunya hal tersebut dilakukan oleh lebih dari satu orang, jadi sikap saling menghargai memang sangat penting untuk diterapkan. Saat seseorang berbicara, kamu harus mendengarkannya dengan bijaksana.

Begitu juga sebaliknya, saat kamu sedang berbicara, lawan bicara kamu juga harus mendengarkannya dengan seksama. Jadi dengan sikap saling menghargai, komunikasi akan dapat berjalan dfengan baik dan lancar.

Itulah cara berbicara yang baik dan sopan dengan orang lain yang dapat kamu lakukan. Dengan berbicara yang baik dan sopan akan menciptakan suatu hubungan yang selalu rukun dan harmonis. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA AGAR MANTAN KEMBALI DAN CINTA PADA KITA  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here