Cara Backup Whatsapp di Smartphone

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
24720 Whatsapp Gihosoft
Daftar Topik

Cara Backup Whatsapp di Smartphone – Ketika menggunakan smartphone baru, secara otomatis semua data yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp seperti chat, dokumen pribadi, serta chat akan hilang. Apabila data  yang hilang pada WhatsApp hanya sebatas chat saja, pasti tidak terlalu penting, namun jika data yang berkaitan dengan pekerjaan ikut hilang pasti akan membuat Anda kerepotan.

Jangan khawatir jika mengalami hal tersebut ketika memakai smartphone baru, karena ada cara backup WhatsApp yang bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone.  Saat ini, WhatsApp sudah dilengkapi dengan fitur back up data yang memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan data yang hilang karena berganti smartphone.

Cara Backup WhatsApp di Smartphone


24720 Whatsapp FonePaw
Source: FonePaw

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin berganti smartphone dan memulihkan data pada aplikasi WhatsApp yaitu, harus backup melalui smartphone lama Anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Untuk bisa melakukan proses back up pada aplikasi WhatsApp , pertama-tama harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Caranya cukup ambil smartphone kemudian klik ikon WhatsApp dan tunggu sampai tampilan terbuka, setelah itu Anda bisa memilih fitur yang diinginkan.

2. Klik Menu More Options

Setelah aplikasi WhatsApp terbuka, cari tanda titik tiga yang ada panel sebelah kiri atas pada aplikasi tersebut kemudian klik dan tunggu sampai jendela terbuka. Menu more options adalah fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk memilih tindakan yang ingin dilakukan pada aplikasi WhatsApp.

Di dalam menu more options tersedia berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan, dengan mengklik menu tersebut maka Anda bisa membuat grup baru, mengaktifkan whatsapp web pada laptop atau komputer, mencari pesan berbintang serta melakukan pengaturan yang diinginkan dengan memilih menu setting atau setelan.

3. Pilih Menu Settings

Jika ingin melakukan back up data pada aplikasi WhatsApp, maka Anda bisa melakukannya dengan cara memilih opsi setting. Menu tersebut merupakan fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan beberapa perubahan yang diinginkan pada aplikasi seperti mengatur wallpaper, akun, chat dan pengaturan penyimpanan data.

Untuk memulai proses backup jangan lupa klik chat yang ada pada pilihan setting, kemudian  tunggu sampai tampilan terbuka dan pilih menu backup chat.

4. Tambahkan Akun Melalui Google Drive

Untuk bisa mencadangkan pesan, biasanya akan muncul tampilan pilihan penambahan akun untuk memudahkan proses back up.  Jangan lupa masukkan email google Anda kemudian klik next agar proses bisa segera dijalankan.

5. Klik Menu Back up Cover

Setelah menambahkan akun google, akan muncul tampilan pada layar smartphone dengan perintah back up cover. Klik menu tersebut untuk bisa memilih jaringan yang akan digunakan untuk memudahkan proses back up.

6. Klik Opsi Back Up

Apabila semua rangkaian proses diatas sudah dilakukan, jangan lupa klik opsi back up yang ada pada panel bagian bawah. Setelah itu, akan muncul rangkaian proses pencadangan dan tunggu sampai proses selesai.

Memulihkan WhatsApp yang Sudah di Back Up


24720 Whatsapp Dewa Ilmu
Source: Dewa Ilmu

Agar bisa memulihkan data media dan pesan pada aplikasi WhatsApp yang sudah di setting back up, caranya sangat mudah yaitu:

1. Gunakan Nomor Seluler yang Sama

Untuk bisa memulihkan data yang sudah di back up, biasanya  dibutuhkan nomor seluler yang sama dengan akun google pada saat pendaftaran. Nomor tersebut berguna untuk mengirimkan nomor otp  untuk dimasukkan pada proses verifikasi agar bisa melakukan pemulihan data setelah aplikasi di hapus atau uninstall.

2. Uninstall Aplikasi WhatsApp

Untuk melakukan pemulihan data Anda perlu menghapus  atau uninstall aplikasi WhatsApp sementara. Cara uninstall aplikasi sangat mudah yaitu, buka aplikasi playstore pada smartphone android kemudian cari aplikasi WhatsApp pada opsi pencarian dan buka setelah tampilan muncul pada layar. Klik menu uninstall dan tunggu proses selesai.

3. Install Kembali Aplikasi

Setelah proses uninstall selesai, untuk bisa melakukan proses pemulihan data WhatsApp yang sudah di back up install kembali aplikasi tersebut. Caranya sama dengan proses uninstall yaitu, buka aplikasi playstore  kemudian cari WhatsApp dan klik menu install.

Setelah menu tersebut di klik, akan muncul tampilan persetujuan untuk bisa melakukan proses install. Jangan lupa pilih opsi terima untuk bisa menjalankan proses instalasi dan pemasangan aplikasi pada smartphone.

4. Buka Aplikasi WhatsApp

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut kemudian masukkan nomor seluler yang terdaftar pada aplikasi dan tunggu sampai muncul pemberitahuan untuk memasukkan nomor registrasi yang sudah dikirimkan melalui sms.

5. Masukkan Nomor Verifikasi

Setelah muncul kode untuk melakukan verifikasi yang dikirim melalui sms,  segera masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia untuk melanjutkan proses verifikasi dan masuk ke dalam aplikasi.

6. Klik Restore

Setelah Anda berhasil masuk  ke dalam aplikasi WhatsApp, maka akan muncul tampilan pada layar dengan perintah restore. Klik Opsi tersebut agar bisa melakukan proses pemulihan data media serta obrolan yang sudah di back up di dalam google drive.

7. Klik Opsi Next

Setelah proses restorasi selesai, maka pilih opsi  next untuk proses pemulihan data media dan juga obrolan yang sudah di cadangkan.

Cara backup WhatsApp yang sudah di ulas diatas, bisa dijadikan solusi untuk Anda yang ingin berganti smartphone baru. biasanya proses back up akan membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung dari banyaknya data beserta ukurannya.

BACA JUGA!

Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA