Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa yang Perlu Kamu Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Ketika sedang berpuasa, mulut kita akan cenderung lebih kering karena kita tidak mengkonsumsi air. Kekeringan mulut ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap muncul dari mulut kita. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari, terlebih lagi jika pekerjaan yang kamu jalani menuntutmu untuk selalu bertemu dengan banyak orang. Kamu pasti akan merasa tidak percaya diri karena hal tersebut.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena hal tersebut bisa kamu atasi meskipun kamu sedang berpuasa. Tentu saja, bukan dengan cara meminum air, karena kamu sedang berpuasa. Berikut ini merupakan cara untuk menghindari bau mulut ketika sedang berpuasa.

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa yang Perlu Kamu Tahu

Agar tidak bau mulut, minum air yang banyak saat buka dan sahur berpuasa

Ternyata selain menyehatkan, air putih juga mampu untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Jika produksi air liur kita lancar, maka hal tersebut akan membantu mulut agar tetap dalam keadaan bersih sepanjang hari.

Agar bau mulut hilang saat puasa, kamu juga bisa konsumsi teh hijau pahit

Makanan yang pahit tentu saja adalah yang tidak mengandung gula. Yang harus kamu konsumsi adalah teh hijau, karena teh ini merupakan teh yang mengandung polyphenol. Zat tersebut bisa membantu untuk membersihkan bakteri yang ada id area saluran pernapasan. Bagi kamu yang merupakan seorang perokok, teh hijau ini juga bisa membantu mengurangi gangguan pernapasanmu.

Agar bau mulut saat puasa tak terjadi lagi, kamu bisa coba konsultasi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan yang lainnya

Salah satu faktor penyebab munculnya bau mulut adalah keberadaan karang gigi dan keadaan mulut yang tidak bersih. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak lupa agar selalu berkunjung ke dokter gigi untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan mulut kamu.

Jangan pernah malas untuk sikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari. Dengan begitu, bau mulut gak lagi bikin malu

Saat berpuasa, bukan berarti kamu dilarang untuk menggosok gigi. Menyikat gigi tetap diperbolehkan, asal jangan menelan airnya yaa.

Gak cuma sikat gigi saja, jangan lupa membersihkan lidahmu juga

Ternyata sisa-sisa kotoran yang menempel pada lidah juga bisa menimbulkan munculnya bau tidak sedap pada mulut kita, bahkan baunya bisa lebih tidak sedap jika dibandingkan dengan sisa kotoran yang menempel di gigi. Oleh karena itu, dengan menyikat gigi saja tidak cukup. Jadi, kamu juga harus membersihkan lidahmu dari sisa-sisa kotoran tersebut.

Menggunakan obat kumur non-alkohol juga ampuh membersihkan mulutmu dari bau tak sedap

Setelah selesai menggosok gigi, sebaiknya kamu juga berkumur dengan menggunakan obat kumur. Fungsi dari obat ini adalah untuk membersihkan area mulutmu secara keseluruhan, bahkan hingga ke kotoran yang tersembunyi sekalipun.

Kamu juga bisa manfaatkan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan

Benang gigi atau dental floss merupakan benang yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang terjepit di sela-sela gigi kamu. biasanya, makanan yang terselip ini juga bisa menyebabkan munculnya bau yang tidak sedap pada mulut.

Olahraga secara rutin juga bisa untuk mengeluarkan racun penyebab bau mulut. Jadi, jangan malas untuk berolahraga

Ketika kita berolah raga, ternyata tubuh kita juga mengeluarkan zat yang mengandung racun termasuk di dalamnya zat yang dapat menimbulkan munculnya aroma yang tidak sedap pada mulut. Oleh karena itu, meskipuns sedang berpuasa sebaiknya kamu tidak lupa untuk berolah raga.

Hindari makanan beraroma tak sedap seperti jengkol

Jika pada saat sahur kamu mengkonsumsi jengkol, petai atau makanan lainnya yang memiliki bau yang kurang sedap, tentu saja akan sangat berpengaruh pada aroma mulut kamu. Maka dari itu, tahanlah dulu keinginan kamu untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut selama bulan puasa.

Hindari pula makanan yang lengket di gigi seperti coklat

Seperti namanya, makanan ini tentu saja berpotenesi lebih besar untuk terus menempel pada gigi kamu dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa saja menjadi busuk yang pada akhirnya akan menyebabkan munculnya bau yang tidak sedap.

Sadar gak, kebanyakan tidur bisa menjadi penyebab bau mulut lho. Jadi, saat puasa, hindari tidur berlebihan

Sebagian besar orang yang berpuasa banyak yang menghindari waktunya dengan cara tidur di siang hari. Akan tetapi, apakah kamu tahu bahwa dengan begitu mulut kita akan memunculkan bau yang tidak sedap karena keadaannya yang menjadi kering dan kekurangan air. Ketika mulut kita kering, aroma yang tidak sedap akan muncul dengan lebih mudah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap ketika sedang berpuasa yang sudah terbukti ampuh. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA