Cara Aktifkan Xiaomi Tidak Bisa 4G

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8620-xiaomi
Daftar Topik

Pernahkah Anda mengalami kesulitan saat hp Xiaomi tidak bisa 4G padahal hp yang Anda beli telah support jaringan 4G? Pada dasarnya, Xiaomi memang belum siap untuk melakukan investasi di Indonesia sehingga terdapat beberapa versi Xiaomi yang belum dijual secara resmi. Akhirnya, perusahaan Xiaomi melakukan penguncian jaringan 4G pada beberapa versi Xiaomi termasuk Redmi Note 3.

Secara hardware, Xiaomi versi Redmi Note 3 telah support jaringan 4G. Namun, sinyal yang ditunjukkan hanya H+ saja. Padahal seperti yang kita ketahui, jaringan 4G memiliki sinyal yang lebih kuat dan cepat dibandingkan dengan jaringan lainnya. Lalu, bagaimanakah cara untuk mengaktifkan Xiaomi tidak bisa 4G agar dapat menangkap sinyal 4G? Berikut ulasannya.

Syarat Wajib Agar Dapat Mengaktifkan Xiaomi Tidak Bisa 4G


Sebelum mengaktifkan Xiaomi tidak bisa 4G, terdapat beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi, diantaranya adalah :

  • Pastikan Anda sudah berada di area yang sudah terdapat jaringan 4G
  • Ponsel xiaomi Anda secara hardware harus sudah mendukung 4G
  • Anda sudah menggunakan kartu 4G dan layanan 4G di kartu Anda sudah aktif

3 Cara Aktifkan Xiaomi Tidak Bisa 4G

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan Xiaomi tidak bisa 4G baik melalui root maupun tanpa melakukan root. Di bawah ini akan diberikan 3 cara untuk mengaktifkan Xiaomi tidak bisa 4G, antara lain :

1. Xiaomi Redmi Note 3


Cara aktifkan Xiaomi tidak bisa 4G yang pertama ini digunakan khusus untuk Hp Xiaomi Redmi Note 3 tanpa melakukan root. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Masuk ke setting atau setelan kemudian pilih menu additional settings atau setelan tambahan.
  • Selanjutnya pilih menu lokasi (pilihlah lokasi selain Indonesia) misalnya saja Malaysia, Hongkong, Singapura, atau yang lainnya. Silahkan Anda amati apakah sinyal 4G telah muncul dengan melihat ada gambar petir dan tulisan 4G di layar hp.
  • Kembali ke menu setelan lalu pilih menu kartu SIM dan jaringan seluler (SIM Card dan Mobile Network). Pilihlah salah satu kartu yang telah mendukung jaringan 4G.
  • Pada menu setelan kartu SIM terdapat menu tipe jaringan yang terdiri atas 3 pilihan yaitu Prioritas 3G, Prioritas LTE, dan 2G saja (hemat baterai). Pilihlah menu prioritas LTE untuk dapat menangkap sinyal 4G.

Dengan langkah di atas, maka Anda dapat mengaktifkan jaringan 4G pada Redmi Note 3 dengan kecepatan yang luar biasa. Pastikan untuk memilih Prioritas LTE dan restart hp Xiaomi Anda untuk melihat apakah settingan tersebut berlaku permanen. Langkah-langkah di atas juga terbukti berhasil untuk Redmi Note 2 dengan ROM Global official.

Mungkin terdapat beberapa kendala yang akan Anda alami saat mengubah lokasi menjadi negara lain yaitu perubahan waktu yang tidak sesuai dengan wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, Anda dapat mengatasi kendala tersebut dengan cara di bawah ini :

  • Masuk ke halaman setelan / settings, kemudian pilih menu setelan tambahan / additional settings.
  • Pilih menu Tanggal & Waktu, geser ke bawah lalu matikan pilihan Zona waktu otomatis.
  • Kemudian pada bagian Pilih Zona waktu, silahkan pilih zona waktu sesuai dengan lokasi Anda, misalnya Surabaya, Denpasar, atau yang lainnya. Setelah dipilih aktifkan lagi pilihan Zona waktu otomatis, dengan cara ini waktu akan kembali sesuai dengan lokasi Anda.

2. Xiaomi dengan Miui Versi 8


Jika cara yang pertama di atas belum berhasil, maka Anda dapat mencoba cara yang kedua untuk mengaktifkan Xiaomi tidak bisa 4G. Cara ini pernah dijalankan pada Xiaomi dengan miui versi 8 dan berhasil. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan yaitu :

  • Buka kartu 4G
  • Masuk ke halaman setelan atau settings, gulir ke bawah pilih menu tentang ponsel atau about ponsel.
  • Pada halaman about ponsel cari menu memory internal atau internal memori, tap sebanyak 5 kali sampai keluar halaman pengujian.
  • Geser ke bawah, pada pilihan setel jaringan yang disukai atau set preferred network type, silahkan pilih CDMA only.
  • Kembali ke halaman pengaturan, lalu pilih menu Kartu SIM & Jaringan seluler, lalu masukan kartu 4G agar aktif. Pilih jaringan SIM 1 atau SIM 2 tergantung dimana Anda meletakan kartu 4G namun sangat direkomendasikan kartu 4G berada pada SIM 1.
  • Lalu pada pilihan yang tersedia silahkan pilih Global / Semua, agar kartu lain juga bisa digunakan untuk jaringan 4G, SMS dan juga telepon. Silahkan tunggu hingga jaringan 4G terdeteksi. Setelah jaringan aktif dan bisa terdeteksi oleh perangangkat, maka akan muncul tulisan 4G di atas disamping sinyal kartu 4G Anda

Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu jika hp direstart maka pengaturan akan kembali ke awal. Jadi, setiap Anda ingin menggunakan jaringan 4G maka Anda harus melakukan langkah-langkah di atas kembali.

3. Melakukan Factory Reset


Cara yang ketiga untuk mengaktifkan Xiaomi tidak bisa 4G yaitu dengan melakukan factory reset. Namun, sebelum melakukan cara yang ketiga ini, pastikan Anda telah membackup data-data penting yang Anda simpan di dalam hp. Langkah-langkah untuk melakukan factory reset yaitu :

  • Buka setelan atau setting
  • Pilih setelan tambahan
  • Pilih buat cadangan dan setel ulang
  • Pilih kembali ke setelan pabrik
  • Setelah factory reset berhasil kemudian lakukan seperti cara mengaktifkan xiaomi tidak bisa 4G yang pertama.

Selain ketiga cara di atas, masih banyak cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan Xiaomi tidak bisa 4G. Setiap cara memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Silahkan pilih cara yang termudah menurut Anda dan nikmati jaringan 4G dengan kecepatan luar biasa.

BACA JUGA!

Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP