6 Manfaat Bunga Telang yang Wajib Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Minuman bunga telang
Daftar Topik

Bunga telang. Berbagai makhluk hidup di bumi ini seperti tanaman dan hewan, memiliki fungsi dan manfaat. Salah satunya adalah bunga unik dengan warna yang menarik yakni bunga telang. Bahasa latinnya yakni Clitoria Ternatea merupakan tanaman yang populer karena warnanya.

Banyak sekali manfaat-manfaat dari bunga ini. Tidak hanya mitos belaka, karena sudah cukup banyak penelitian sains yang menunjukkan manfaat sebenarnya dari bunga telang. Beberapa manfaat nya adalah dapat meningkatkan daya ingat, suasana hati, serta kekebalan tubuh. 

Bunga ini dikenal karena mengandung banyak sekali antioksidan, salah satunya proantosianidin yang dapat mendukung kolagen serta elastisitas kulit. Cocok sekali untuk meningkatkan proses penuaan sehat dan vitalitas diri. Apabila ingin meningkatkan vitalitas sel diri. 

Akan tetapi, tidak selamanya bunga ini dapat membawa manfaat yang baik. Terdapat juga beberapa hal yang menjadikannya  berbahaya. Berikut adalah manfaat serta bahaya dari bunga telang:

Manfaat Baik dari Bunga Telang

Bunga Telang

Bunga yang kering dapat dimanfaatkan dan diseduh seperti teh pada umumnya. Di pasaran, ini dikenal sebagai Blue Tea. Manfaatnya sebagai ramuan herbal yang bebas kafein dan mengandung antioksidan. Cocok sekali jika ingin menyeduh minuman sehat antioksidan. 

Manfaat bunga ini yakni memiliki sifat anti inflamasi, dapat mengurangi stres, meningkatkan kerja otak, menghambat penuaan, kandungan antioksidan yang baik, pilihan terbaik untuk kesehatan jantung, nol kafein, bermanfaat untuk kesehatan mata, mencegah efek diabetes, dapat membantu turunkan berat badan. 

Manfaat nyata yang dapat kamu temukan saat mengkonsumsi bunga telang adalah sebagai berikut:

1. Vitamin

Kandungan vitamin yang ada dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Seduhan dari teh bunga ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mata yang mengkonsumsi nya. Manfaatnya untuk mata ini cukup populer di Indonesia. 

Bunga dengan kandungan antioksidan yang baik dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Proanthocyanidin merupakan salah satu kandungan yang dinilai dapat meningkatkan aliran darah hingga ke kapiler mata. Ketika kerusakan retinal, glaukoma, atau penglihatan kabur dapat diobati secara efektif dengan bunga ini. 

2. Kesehatan jantung

Bermanfaat juga untuk kesehatan jantung. Sebenarnya bunga ini dapat bermanfaat menurunkan kolesterol yang tinggi. Seperti yang banyak diketahui bahwa salah satu faktor penyebab sakit jantung adalah tingkat kolesterol yang tinggi.

 Terbukti dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bunga ini mampu melindungi dari penyakit jantung dengan mengurangi Hiperlipidemia. Hal ini mengacu pada kondisi lemak yang ada dalam darah. Ketika lemak dalam darah cukup tinggi, akan menyebabkan penyumbatan, pembekuan darah, hingga serangan jantung.  

Baca Juga: Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan

3. Antioksidan

Memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengurangi penuaan dini dan nol kafein. Fakta yang ditemukan oleh beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga telang memiliki nilai yang sebanding dengan teh hijau. Tingkat antioksidan yang tinggi dan nol kafein dapat meningkatkan kesehatan. 

Kekebalan tubuh yang baik dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis seperti kanker. Antioksidan yang ada di bunga ini dinilai dapat memberikan perlindungan sel yang mencegah kerusakan oksidatif. Kandungan siklotida juga menjadi pemicu untuk melawan radikal bebas yang ada. 

Selain itu, dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan. Ketika mengkonsumsinya, kamu akan memiliki kulit yang bersih bebas dari noda, dan tampak lebih muda. Antosianin yang diperkirakan menjadi senyawa untuk meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan memperkuat sel kulit. 

4. Menjaga kadar gula penderita diabetes

Dapat mengurangi efek dari diabetes yang diderita. Saat ini penelitian yang ada menunjukkan bahwa diabetes yang dapat disembuhkan dengan bunga ini adalah diabetes tipe II. Bunga yang dapat mengubah warna dinilai cukup efektif dalam menjaga kadar gula penderita diabetes. 

Kamu bisa mengkonsumsi teh bunga ini dalam beberapa waktu untuk mengatur dan menurunkan kadar glukosa pada darah. Selain itu, teh ini membantu menghambat penyerapan glukosa, sehingga kadar gula tetap terkendali. Menurut Journal of Applied Pharmaceutical Science, menyebutkan bahwa ekstrak dari bunga ini sangat mampu untuk mengurangi kadar glukosa serum. Salah satu penelitian menyatakan bahwa dari ekstrak bunga telang dapat disebut sebagai antidiabetes yang mirip dengan obat anti-diabetes.   

Minuman bunga telang

5. Pereda nyeri dan demam

Bunga telang juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda nyeri dan demam seperti paracetamol. Menurut sebuah penelitian, ekstrak dari teh bunga telang untuk dosis 200-400 miligram dapat membantu menurunkan suhu tubuh setelah meminum ekstrak tersebut.

Proses penurunan panas dengan bunga telang melalui pembuluh darah. Saat setelah meminum ekstrak bunga ubu, pembuluh darah yang ada di bawah kulit akan membesar dan mendinginkan darah dengan meningkatkan aliran darah yang kemudian menurunkan suhu. Oleh karena itu, bunga telang ini dapat dijadikan alternatif obat tradisional penurun panas. 

6. Pembakaran kalori

Ketika rutin menyeduh bunga telang, berat badan akan menjadi ideal. Karena berdasarkan International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, bunga ini dapat mencegah pertumbuhan lemak. Kandungan katekin EGCG dan epigallocatechin gallate membantu pembakaran kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh.

 Antioksidan yang ada di dalam blue tea,  menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi dan diuretik yang membantu untuk mendetoksifikasi tubuh dan membantu melepaskan berat air yang terkumpul karena retensi air. 

Setelah mengetahui manfaat dari bunga telang, perlu diketahui juga bahaya ketika mengkonsumsi secara berlebihan. Ketika mengkonsumsinya, bisa saja menimbulkan mual serta diare. Disarankan saat akan mengkonsumsinya telah berkonsultasi dengan dokter. Sehingga tidak memberikan efek samping yang berlebihan dan mendapatkan manfaat yang nyata dari bunga telang.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP