12 Macam Bumbu Dapur Kering, Wajib Tahu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
bumbu dapur kering
Daftar Topik

Bumbu dapur keringMemasak merupakan kegiatan yang sangat menyenang dilakukan, bukan hanya untuk Wanita namun juga bagi pria. Apabila ada yang berpendapat bahwa memasak adalah komitmen jangka panjang, itu benar. Dengan memiliki hobi masak. Berarti kamu perlu memahami beragam jenis bumbu dapur kering dan bagaimana menggunakannya untuk masakan-masakan yang berbeda. 

Tentunya masakan lezat dan enak dimasak dengan menggunakan campuran bumbu dapur. Bumbu dapur atau rempah tidak hanya menambah nilai tambah rasa masakan, namun juga memiliki manfaat Kesehatan yang sangat baik. 

Mengenal Berbagai Macam Bumbu Dapur Kering

Sudahkah kamu tahu apa saja yang termasuk bumbu dapur kering? Berikut ini penjelasannya:

1. Cabai

Buat kamu yang menyukai makanan pedas, bumbu dapur yang satu ini tidak boleh ketinggalan dan sebagaian besar masyarakat Indonesia menyukai cita rasa pedas dalam makanan mereka. Cabai yang dicampur dengan makanan, akan menambah cita rasa dan menambah selera makan kamu. Hal ini lah yang menjadikan cabai sebagai bumbu dapur yang terbilang penting untuk selalu tersedia di rumah kamu. Kamu bisa menyimpan bumbu dapur pedas ini di dalam lemari es, agar tahan lama dan tidak busuk.

2. Bawang Putih

bumbu dapur kering -Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini sering ditambahkan ke dalam masakan Indonesia karena bisa menciptakan rasa gurih dalam tiap masakan, baik yang ditumis, goreng maupun berkuah. Bawang putih juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat membantu turunkan tekanan darah dan juga kolesterol.

3. Bawang Merah

bumbu dapur kering -Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga wajib selalu ada di rumah. Bawang merah memiliki peran besar dalam menguatkan aroma pada masakan. Dalam pengolahannya, bawang merah bisa dihaluskan atau dipotongg tipis untuk digoreng kering. Bawang merah yang sudah diiris dan digoreng hingga matang dan kering, bisa kamu gunakan sebagai pelengkap makanan berkuah seperti soto mie, bakso, dan sup. 

4. Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang sangat penting. Garam memberikan rasa asin dan gurih pada masakan yang disajikan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, garam yang mengandung sodium, dapat membantu mengantur proses keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi darah dan juga kerja otot tubuh. Bayangkan jika masakan tanpa diberi garam, tentu rasanya akan hambar dan kurang nikmat disantap. 

5. Lada

bumbu dapur kering -Lada

Bumbu dapur yang selanjutnya ini memiliki dua jenis, yaitu lada hitam dan lada putih. Keduanya sama-sama dapat memberikan sensasi pedas dan aroma yang harum pada setiap masakan yang kamu buat. Lada juga dikenal dengan sebutan merica. Bumbu dapur ini juga tersedia dalam bentuk bumbu dapur bubuk, yang biasa digunakan untuk pelengkap makanan. 

6. Kemiri

Beberapa masakan berkuah, seperti soto dan juga rawon yang menggunakan kemiri sebagai salah satu bumbunya, memiliki kuah yang lebih kental sehingga memberikan rasa masakan yang bercita rasa kuat. Selain itu, kemiri juga bermanfaat untuk perawatan tubuh. Contohnya adalah minyak kemiri untuk menghitamkan dan melebatkan rambut. 

7. Serai

bumbu dapur kering -Serai

Serai digunakan dengan diiris atau dimemarkan bagian bonggolnya untuk menghasilkan aroma harum dalam masakan. Selain digunakan dalam masakan, serai juga sering dicampurkan ke dalam minuman tradisional seperti wedang dan the serai. Khasiatnya tidak perlu diragukan lagi, yaitu untuk membantu meluruhkan batu ginjal dan menurunkan kadar gula dalam darah. Kamu dapat menggunakan serai untuk mengusir nyamuk di rumah, karena aromanya yang khas, tidak disukai oleh nyamuk. 

8. Kunyit

bumbu dapur kering -Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini terkenal dengan warnanya yang mencolok, yaitu kuning. Kunyit juga sering digunakan dalam pembuatan minuman tradisional seperti Jamu. Kunyit yang dipadukan dengan buah asem akan menghasilkan jamu kunyit asem yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Tidak hanya itu, Kunyit juga biasa dijadikan pewarna alami yang memiliki khasiat tinggi untuk obat saluran pencernaan. 

9. Lengkuas

bumbu dapur kering -Lenkuas

Bumbu dapur yang selanjutnya dalah Lengkuas, atau juga sering disebut Laos. Lengkuas sering sekali dikira jahe karena bentuknya yang sangat mirip. Perbedaannya terlihat dari tekstur kulit yang lebih kasar dan aromanya tidak terlalu menyengat kuat. Lengkuas juga mempunyai manfaat lain, yakni untuk menghambat sel tumor karena kandungan anti bakteri yang dimilikinya. 

10. Jahe

Bumbu dapur selanjutnya adalah Jahe. Jahe memiliki bentuk ruas jari manusia, serta aroma yang keluar dari jahe terasa sedikit pedas. Selain dicampurkan ke dalam olahan masakan untuk menghilangkan bau amis ikan, jahe juga bisa dijadikan beberapa macam minuman penghangat badan, seperti wedang jahe dan susu jahe merah. 

11. Kayu Manis

Kayu manis merupakan bumbu dapur kering yang serba bisa. Kayu manis cocok untuk hidangan manis dan gurih, dan memiliki nilai Kesehatan tersendiri. Di Negara India, Kayu manis termasuk dalam rempah yang paling sering digunakan dalan menjadi bagian penting dalam kuliner. 

Tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak, kayu manis juga cocok ditambahkan dengan minuman kopi, teh, ataupun sebagai bahan utama biscuit speculaas, kudapan yang terkenal asal Belanda. 

12. Jintan

Jintan adalah bumbu dapur kering yang aromatik, yang sangat fleksibel. Rasanya cukup unik, ada sensasi rasa panas dan juga sedikit pedas. Rempah yang satu ini sering digunakan untuk masakan Indonesia. Untuk aroma yang lebih kuat, kamu terlebih dahulu harus menyangrainya di atas wajan tanpa minyak. 

Itu dia 12 jenis bumbu dapur kering yang harus ada di rumah kamu. Untuk kamu yang baru belajar memasak, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu semua bumbu di atas. Untuk rasa yang maksimal, kamu bisa padukan bumbu-bumbu di atas. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP