3 Buku Robert Kiyosaki yang Wajib Kamu Baca

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
robert-kiyosaki
Daftar Topik

Buku Robert KiyosakiNama Robert Kiyosaki tentu sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Sosok yang satu ini merupakan seorang investor, pebisnis, sekaligus penulis juga motivator. Lahir pada 8 April 1947 di Hawaii, Amerika Serikat dengan nama Kiyosaki Manusama, ia menjadi terkenal berkat buku berjudul Rich Dad, Poor Dad yang ditulisnya. Bersama dengan 15 buku lain yang ia terbitkan, buku-buku ini secara akumulatif telah terjual lebih dari 26 juta buah. Sebelum menjadi penulis, Robert Kiyosaki rupanya pernah menjadi anggota Korps Marinir Amerika Serikat, dengan tugas menjadi pilot helikopter tempur di Perang Vietnam. Ia bahkan dianugerahi Medali Angkatan Udara berkat kontribusinya ini. Setelah keluar pada tahun 1974, Robert Kiyosaki bekerja di beberapa tempat dan memulai bisnisnya meskipun sempat gagal beberapa kali, hingga akhirnya pada 2001 buku-buku yang ia tulis menjadi best seller. 

Tulisan-tulisan Robert Kiyosaki sebagian besar berfokus mengenai edukasi finansial dan bagaimana cara agar menghasilkan pendapatan pasif melalui investasi peluang seperti bisnis, saham/komoditas ataupun real estate. Tujuannya ialah agar seseorang dapat menyokong kehidupan pribadinya hanya dari investasi sejenis dan meraih apa yang disebut sebagai independensi finansial. Relevan dengan hal ini, Robert juga mendefinisikan aset sebagai hal-hal yang menghasilkan apa yang disebut sebagai cash inflow, seperti dividen saham, hasil dari sewa properti, atau profit dari bisnis. Sementara liabilitas didefinisikan oleh Robert sebagai sesuatu yang dapat mengurangi uang yang dimiliki seperti sewa hunian yang harus dibayar, hutang, kredit mobil, tagihan kartu kredit, ataupun pinjaman mahasiswa.

Robert Kiyosaki beranggapan bahwa financial leverage atau penggunaan uang pinjaman (hutang) untuk membiayai pembelian aset dengan harapan pendapatan atau capital gain dari aset merupakan sesuatu yang krusial dalam proses menuju kaya, terlepas dari resikonya. Ia juga menekankan pentingnya untuk membangun aset terlebih dahulu untuk menutupi biaya liabilitas dibanding menabung atau bergantung pada gaji dari pekerjaan tradisional. Ini tentu merupakan sebuah konsep menarik yang menyadarkan banyak orang mengenai strategi dalam mencapai independensi finansial yang kerap kali tak mereka sadari.Tulisan-tulisannya juga relatif mudah dipahami dengan gaya bahasa yang asyik sehingga tak heran jika buku-buku ini mendapatkan tempat tersendiri bagi para kalangan milenial. 

Buku Robert Kiyosaki

Nah bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti prinsip keuangan dari Robert Kiyosaki ini tentu tak boleh melewatkan untuk membaca buku-buku karyanya. Berikut rekomendasi 3 buku dari Robert Kiyosaki yang wajib banget untuk kamu baca. 

1. Rich Dad, Poor Dad

Buku rekomendasi pertama tentu saja adalah buku besutan Robert Kiyosaki yang terlaris hingga melambungkan namanya. Rich Dad, Poor Dad merupakan buku yang meraih peringkat pertama dalam New York Times best seller. Buku ini membahas mengenai masalah finansial yang dihadapi oleh banyak orang karena kekeliruan dari ajaran orang tua mereka mengenai keuangan semasa kecil hingga remaja.

Ayah Miskin yang disebut oleh Robert di buku ini ternyata merupakan ayah kandungnya, yang dibandingkan dengan sosok yang disebutnya sebagai Ayah Kaya, yakni ayah dari seorang temannya. Latar belakang ayah kandung Robert sebagai seorang guru dengan pendidikan tinggi selalu menekankan pada anak-anaknya agar giat belajar dan bersekolah supaya dapat meraih nilai yang bagus juga mendapat pekerjaan yang terjamin di masa depan. Artinya, sang ayah kandung menyarankan agar anaknya menjadi pegawai dengan penghasilan tinggi, namun tetap bergantung pada gaji sepanjang hidupnya.

Hal ini berbeda dengan apa yang diajarkan oleh Ayah Kaya, dimana ia tak berpendidikan tinggi namun mengajarkan pada anak-anaknya untuk berani mengambil resiko dalam membangun usaha dan menjadi investor segera setelah mereka selesai sekolah. Kedua ayah ini rupanya membawa pengaruh yang besar dalam pengembangan diri Robert, karena berkat ajaran beliau berdua ia dapat menjadi seseorang yang berhasil di bidang finansial sekaligus menjadi seorang pendidik ternama melalui buku-buku terbitannya. 

2. Rich Dad’s Guide to Investing: What the Rich Invest In, That the Poor and the Middle Class Do Not! 

buku robert kiyosaki 2. ricadad guide to investing

Buku selanjutnya dari Robert Kiyosaki yang juga tak boleh dilewatkan untuk dibaca adalah Rich Dad’s Guide to Investing: What the Rich Invest In, That the Poor and the Middle Class Do Not!. Buku ini ibarat memberikan para pembacanya sebuah peta jalan untuk menuju Ultimate Investor, atau tipe orang yang mampu menggunakan uang orang lain untuk menciptakan investasi yang diburu oleh banyak orang. Bila buku sebelumnya membahas topik yang cenderung general, maka buku ini lebih spesifik dan detail dalam membahas sejumlah strategi yang harus diterapkan. 

 3. Rich Kid, Smart Kid

buku robert kiyosaki 3. rich kid smart kid

Berikutnya, ada buku dari Robert Kiyosaki yang berjudul Rich Kid, Smart Kid. Buku ini berisikan mengenai bagaimana pandangan Kiyosaki terhadap edukasi finansial terhadap anak. Melalui buku ini, Robert membantu para orang tua untuk lebih memahami dan mengerti bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan pada anak-anak mengenai kunci dari konsep keuangan yang penting. Hal ini mencakup aneka strategi dan juga rangkaian kegiatan yang dapat dicontoh oleh orang tua bersama anak mereka untuk membuatnya memahami bagaimana menghasilkan uang melalui properti, keuangan, dan juga berbagai cara lainnya. 

 

Nah itu dia 3 rekomendasi buku dari Robert Kiyosaki yang wajib kamu baca agar bisa mencapai tingkat independen dalam hal finansial. Buku-buku ini tentunya tersedia di beragam toko buku baik offline ataupun online, marketplace, juga versi digitalnya. Selamat membaca! 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP