Buku Elektronika Dasar untuk Mahasiswa Baru

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Buku Elektronika Dasar - 5
Daftar Topik

Buku elektronika dasar. Setelah segala drama menuju kampus impian, selamat untuk kamu yang sudah diterima di kampus maupun jurusan impian, dan selamat karena telah menjadi maba alias mahasiswa baru! Menjadi mahasiswa baru merupakan salah satu tahap pembelajaran untuk kamu menghadapi kehidupan kampus yang sangat jauh berbeda kehidupan masa sekolah. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang mahasiswa baru pada awal perkuliahan adalah terlalu euforia dengan titelnya hingga terlena bahwa tujuan berkuliah adalah mempersiapkan diri untuk belajar, termasuk bagi kamu mahasiswa baru teknik elektro.

Buku Elektronika Dasar - 1

Teknik elektro terkenal sebagai salah satu jurusan teknik paling favorit di seluruh universitas. Walaupun sering dibayang-bayangi dengan stereotip masyarakat “nanti jadi tukang listrik kerjanya”, sebenarnya teknik elektro memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan menyenangkan. Selain itu, karena berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari yaitu listrik, menjadi mahasiswa teknik elektro tentu akan memudahkan kamu mempelajari seluruh pelajaran selama perkuliahan. Nah, sebagai mahasiswa baru teknik elektro kamu perlu untuk mengetahui lebih awal bagaimana perkuliahan sebagai mahasiswa teknik elektro seperti mata kuliah hingga buku elektro yang perlu kamu miliki agar kamu dapat menjadi mahasiswa baru teknik elektro yang sukses!

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Elektro

Elektronika Dasar - 2

Di jurusan teknik elektro kamu pasti akan mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan kelistrikan, karena pada dasarnya teknik elektro merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang kelistrikan serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mata kuliah yang akan kamu pelajari tidak akan jauh-jauh dari Fisika, Kimia, dan Matematika. Tapi jangan senang dulu ya, walaupun kamu akan mempelajari mata pelajaran di SMA, namun pelajaran tersebut akan dibahas lebih dalam lagi dan tentu belum kamu dapatkan di SMA. Menurut Ruangguru.com, beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan selama berkuliah di Teknik Elektro adalah sebagai berikut. 

  • Interaksi Komponen Listrik
  • Medan Elektromagnetik
  • Elektronika
  • Sistem Telekomunikasi
  • Energi Kontroversi Listrik
  • Pengukuran Beban Listrik
  • Metode Numerik
  • Kalkulus
  • Matematika Teknik
  • Rekayasa dan Aplikasi Internet

Wah, beda banget ya dengan SMA? Tapi jangan khawatir, sisi baiknya kamu dapat mempelajari kelistrikan dari berbagai aspek dan tentu dapat melihat tentang ilmu kelistrikan secara lebih luas. Pelajaran dasar seperti berhitung tentang kelistrikan, melakukan kodefikasi informasi ke sinyal listrik, mengukur beban arus listrik, sampai pengimplementasian gaya arus listrik pada transportasi akan kamu pelajari. 

Mahasiswa Elektronika - 4

Buku Elektronika Dasar Yang Wajib Maba Elektro Punya!

Tak kenal maka tak sayang tidak hanya berfungsi dalam membangun hubungan loh. Tidak sedikit mahasiswa yang ditengah perjalanan kuliah merasa salah jurusan atau merasakan perbedaan antara ekspektasi dengan realita. Buruknya, tidak sedikit mahasiswa yang tidak bisa survive dalam dunia perkuliahan karena akademisnya yang kurang mumpuni. Nah, agar kamu tidak mengalami hal tersebut, langkah awal yang bisa kamu lakukan agar semakin sayang dengan pelajaran di Teknik Elektro adalah dengan membaca buku-buku elektronika dasar. 

Mahasiswa baru

Buku-buku elektronika dasar maupun materinya dapat dengan mudah kamu temukan di internet maupun toko buku terdekat. Berikut adalah beberapa rekomendasi buku elektronika dasar untuk kamu yang ingin sukses menjadi mahasiswa baru elektronika!
Modul Elektronika dan Mekatronika Elektronika Dasar

Judul : Modul Elektronika dan Mekatronika Elektronika Dasar

Penulis : Syaifi Abdurrahman

Richard Blocher, Dipl. Phys.

Judul : Dasar Elektronika

Penulis : Richard Blocher, Dipl. Phys.

Widiharso

Judul : Teknik Dasar Elektronika Komunikasi

Penulis : Widiharso

Elektronika Lanjut

Judul : Elektronika Lanjut

Penulis : Herman Dwi Surjono, Ph.D

The Art of Electronics (1989)

Judul : The Art of Electronics (1989)

Penulis : Paul Horowitz dan Winfield Hill

Power Electronics

Judul : Power Electronics: Converters, Applications and Design, Media Enhanced

Penulis : Ned Mohan

Adel S. Sedra

Judul : Microelectronic Circuits

Penulis : Adel S. Sedra dan K. C. Smith

Basic Electronics and Linear Circuits

Judul : Basic Electronics and Linear Circuits

Penulis : N N Bhargava dan D C Kulshreshtha

Buku Elektronika Dasar - 5

Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro

Sukses berkuliah tidak hanya sampai kamu lulus, pasca kelulusan atau kehidupan pasca kampus juga merupakan salah satu tahap kesuksesan kamu sebagai lulusan Teknik Elektro. Perkara karir, lulusan teknik elektro sebenarnya tidak perlu khawatir, karena dengan keahliannya di bidang kelistrikan, lulusan teknik elektro dapat bekerja di industri-industri listrik besar seperti Pembangkit Listrik, baik air maupun uap. Selain pembangkit listrik, lulusan teknik elektro juga dapat bekerja di industri telekomunikasi, industri minyak dan gas, industri otomotif, industri pakaian atau tekstil, teknisi pabrik, dosen elektro, teknisi robot, perencanaan transportasi, industri manufaktur makanan, software engineer hingga Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Banyak banget kan?

Tanpa kita sadari, hampir di seluruh industri sebenarnya memerlukan lulusan teknik elektro seperti dalam industri tekstil, teknisi listrik bertugas untuk menganalisis audit energi listrik agar dapat mengeluarkan energi seefisien mungkin. Di industri minyak dan gas, teknisi listrik dibutuhkan untuk mengelola kelistrikan yang nantinya disalurkan ke alat-alat pengeboran. Selain itu, industri yang sedang berkembang pesat seperti start-up juga membutuhkan para lulusan elektro dalam pengembangan perangkat lunak hingga menganalisis dan melakukan maintenance seluruh perangkat lunak tersebut. 

Selain prospek setelah lulus, selama menjadi mahasiswa elektro kamu juga dapat ikut berbagai macam program magang yang dilaksanakan oleh berbagai macam perusahaan. Hal ini juga bertujuan agar kamu mengetahui minat dan bakat kamu dalam dunia pekerjaan.

Nah itu dia buku elektronika dasar untuk kamu mahasiswa baru Teknik Elektro yang ingin menjadi mahasiswa Teknik Elektro yang sukses. Selain pedoman di atas, tekad yang kuat, doa, dan rajin juga dapat mendukung kesuksesan kamu. Jadi, semangat ya menempuh kuliah di Teknik Elektro!

Baca juga:

Apa Itu Jati Diri Dan Cara Mudah Mencari Jati Diri

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP