Apa Itu Budidaya Tanaman Pangan?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
budidaya-tanaman-pangan
Daftar Topik

Pengertian Budidaya Tanaman Pangan – Tak bisa dipungkiri, hingga kini bertani, berladang dan berkebun masih terbilang sebagai profesi yang menjanjikan. Tak terkecuali jika kita membudidayakan tanaman pangan. Selain menjanjikan, kegiatan budidaya ini terbukti ampuh dalam membantu ketersediaan bahan pangan di masyarakat. Kali ini, Blog elevenia akan membahas lebih jauh tentang fakta budidaya tanaman pangan.

Budidaya Tanaman Pangan: Pengertian, Ciri dan Contohnya

budidaya-tanaman-pangan

Dalam memulai budidaya tanaman, tentu kita harus mengenali prinsip dasar hingga ciri-ciri tanaman pangan. Salah satunya ialah dapat dikonsumsi. Ini dia ragam informasi selengkapnya.

Pengertian Budidaya Tanaman Pangan

pengertian-budidaya-tanaman-pangan

Menurut situs Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajahmada, budidaya tanaman pangan merupakan kegiatan menanam tanaman yang menjadi sumber gizi pokok pada lahan. Nantinya, tanaman ini diharapkan dapat dikonsumsi sendiri maupun dijual sebagai sumber penghasilan petani. Budidaya ini melibatkan banyak jenis tanaman. Seperti biji-bijian, umbi-umbian hingga sayur dan buah.

Baca Juga: Apa itu Tanaman Ganyong dan Cara Budidayanya

Ciri Tanaman Pangan

ciri-tanaman-pangan

Terdapat beberapa ciri khusus pada tanaman pangan. Diantaranya:

1. Bisa Dikonsumsi

Sesuai namanya, tanaman pangan harus bisa dicerna dan dikonsumsi dengan baik oleh tubuh. Selain itu jenis tanaman ini harus aman, tidak mengandung racun dan juga tidak menyebabkan penyakit.

2. Kaya Akan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber gizi yang banyak dibutuhkan sebagai penghasil energi. Tanaman pangan harus memenuhi syarat ini untuk menjalankan perannya sebagai pilihan makanan pokok. Dengan begitu, jumlahnya dapat terus diperbanyak untuk memenuhi gizi masyarakat.

3. Dapat Ditanam Petani

Petani merupakan salah satu profesi yang paling berperan pada komoditi pangan. Untuk itu, para petani harus berperan langsung dalam kegiatan budidaya tanaman pangan. Hal ini dimaksudkan agar ketersediaan bahan pangan dapat memenuhi kebutuhan pasar.

4. Dapat Dibudidayakan oleh Masyarakat

Jenis tanaman ini biasanya ditanam di daerah yang membutuhkan. Untuk itu, tanaman pangan harus dapat dibudidayakan oleh masyarakat daerah itu sendiri. Agar nantinya tanaman pangan yang ditanam dapat diakses dengan mudah dan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Contoh Tanaman Pangan

contoh-tanaman-pangan

Setelah berkenalan budidaya tanaman pangan, berikut ini adalah informasi tentang contoh tanaman pangan.

1. Padi

Di Indonesia, tanaman bernama latin Oryza sativa ini dijadikan salah satu bahan pangan pokok. Karena itu lah pemerintah sangat memprioritaskan budidaya tanaman padi. Terlebih kebutuhannya yang justru meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuat sistem budidaya padi dilakukan semakin intensif.

2. Jagung

Di samping nasi sebagai makanan utama, adanya jagung juga berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat. Kandungan karbohidrat jagung tak kalah dengan nasi. Gak heran kalau di beberapa daerah biji-bijian satu ini dijadikan bahan makanan pokok. Dengan membudidayakan jagung, kita juga dapat berperan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Kacang

Selain karbohidrat, protein dan serat merupakan kebutuhan gizi lain yang sangat penting. Salah satu makanan yang mengandung dua zat tersebut adalah kacang. Walaupun tidak dijadikan sebagai makanan pokok, banyak makanan lokal yang berbahan dasar kacang. Karena kebutuhan yang lumayan besar itulah kacang masuk dalam kategori tanaman pangan.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP