Buat Ladies yang Gak Suka Makan Buah, Pikirkan Kembali ya Setelah Baca Ulasan Ini

0

Siapa yang suka dengan beranekaragam buah? Pasti banyak yang suka. Buah-buahan memang sangat baik untuk pengonsumsinya. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Kamu dapatkan. Sebut saja untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan, mengobati penyakit, bahkan mempercantik penampilan.

Lalu adakah buah untuk kesehatan kulit? Tentu saja ada. Mau tahu apa saja aneka buah yang bisa menjaga kesehatan kulit Kamu? Ini dia daftarnya!

Buah untuk Kesehatan Kulit

Beberapa buah-buahan di bawah ini bisa membantu Kamu yang memiliki keluhan karena permasalahan kulit=Dari begitu banyaknya buah yang baik untuk kesehatan kulit, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Apel

Buah pertama adalah apel. Buah ini bisa digunakan sebagai toner kulit juga kondisioner untuk rambut. Sebenarnya, khasiat apel sudah diketahui sejak dulu sebagai bahan untuk pengobatan kulit.

Apel yang telah dijadikan jus juga bisa membantu Kamu mengatasi kulit pecah, peradangan kulit, dan kerutan wajah. Ada satu resep untuk membuat kulit Kamu menjadi segar, dan lembut. Caranya mudah sekali, Kamu tinggal mencampurkan jus apel ke dalam air mandi.

Ada satu lagi manfaatnya, jus apel juga berfungsi untuk mengurangi bau nafas, serta membuat kulit kepala Kamu terlindungi dari ketombe.

2. Alpukat

Kegunaan buah berdaging tebal ini juga sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Alpukat memang enak untuk dikonsumsi, apalagi dicampurkan dengan gula dan susu full cream. Bukan untuk memanjakan lidah saja, buah ini ternyata juga bagus untuk memanjakan kulit.

Buah ini memiliki banyak nutrisi yang baik, sebut saja vitamin K, vitamin E, seng, zat besi, tembaga, dan lain-lain. Nutrisi-nutrisi ini lah yang bisa menjaga kulit Kamu agar tetap sehat. Buah alpukat yang sudah dijadikan masker, dapat membuat kulit Kamu menjadi lembap.

Bagian dari alpukat yang juga berguna adalah minyaknya. Minyak alpukat bisa meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit Kamu terhindar dari penuaan. Untuk menghindari penuaan, Kamu juga bisa menggunakan masker bengkuang.

Selain nutrisi-nutrisi di atas, alpukat memiliki kandungan mineral tinggi, dan kalium. Kandungan tersebut bisa mengembalikan elastisitas kulit, membersihkan kotoran di kulit, menenangkan kulit, membuat wajah cerah, serta bebas dari kerutan.

Cara membuat masker alpukat ada beberapa macam, tergantung dari kondisi kulit. Inilah cara membuat masker alpukat untuk jenis-jenis kulit.

a. Masker untuk Kulit Kering

Pertama, siapkan bahan, yang terdiri atas ½ buah alpukat, dan 1 sdt minyak almond, namun bisa juga dengan minyak zaitun, dan jojoba.
Setelah semua bahan tersedia, mulai lah untuk membuat masker. Pertama-tama hancurkan alpukat dalam wadah, kemudian tambahkan minyak zaitun atau apa saja sambil diaduk rata. Jika sudah, oleskan ke wajah namun jangan sampai kena mata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat kemudian air dingin.

b. Masker untuk Kulit Kering

Siapkan bahan yang diperlukan seperti 2 sendok makan alpukat, 2 sendok makan madu, dan 1 kuning telur. Setelah itu hancurkan alpukat, dan tambahkan madu serta telur. Aduk hingga rata. Lalu, langsung gunakan sebagai masker di wajah, dan ingat hindari daerah mata. Setelah itu diamkan 10 menit, jika sudah, bilas dengan air hangat kemudian dengan air dingin.

c. Masker untuk Kulit Berminyak

Bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 buah alpukat yang telah dihaluskan, 1 putih telur, dan 1 sendok teh air jeruk lemon. Langkah pertama masukan semua bahan tersebut ke dalam blender, biarkan sampai benar-benar tercampur rata. Oleskan ke semua wajah terutama daerah T karena paling banyak mengandung minyak. Setelah itu, biarkan lah kering selama 20 menit. Bilas juga dengan air hangat dan diikuti air dingin.

3. Pisang

Buah enak ini bisa membuat wajah seseorang menjadi halus loh! Dengan rutin memakai masker pisang, kulit mulus dan cantik bisa Kamu dapatkan. Tidak usah pergi ke salon untuk facial, spa, dan lain-lain, cukup buat masker pisang di rumah saja.

Bahan yang perlu Kamu siapkan hanya pisang ambon dan madu murni. Setelah semua dicampur, oleskan campuran pisang dan madu ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Lalu, bersihkan dengan kain yang telah direndam ke dalam air hangat dengan tujuan membuka pori-pori wajah Kamu. Tutup kembali pori-pori dengan membasuh wajah menggunakan air dingin.

Setelah perawatan wajah selesai, lakukan juga perawatan untuk tubuh. Untuk menjaga kecantikan tangan dan kaki, sisihkan kulit pisang. Setelah itu, oleskan kulit pisang bagian dalam ke seluruh tangan dan kaki.

4. Mentimun

Mentimun adalah salah satu buah kerabat melon, dan semangka. Dengan banyaknya kandungan air dalam mentimun, membuat buah ini segar jika dikonsumsi. Tidak kalah segar juga jika digunakan sebagai bahan untuk menjaga kecantikan kulit.

Manfaat mentimun ada beranekaragam, dimulai dari melindungi kulit dari kerutan, kekeringan, jerawat, flek hitam, mencegah pengelupasan kulit, memutihkan kulit, mendinginkan kulit karena luka bakar atau terkena air panas, sampai mengatasi rasa gatal pada kulit karena gigitan serangga.

Dengan rutin melakukan perawatan wajah menggunakan buah mentimun, kecantikan alami bisa Kamu dapatkan.

5. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang juga memiliki banyak khasiat. Kurang lebih ada 6 khasiat yang dihasilkannya. Pepaya adalah sumber antioksidan, ada kandungan vitamin K, vitamin E, vitamin C, dan vitamin A, di dalamnya. Selain itu pepaya juga adalah sumber folat, serat, dan kalium. Inilah manfaat-manfaat dari pepaya.

  • Jus pepaya bisa untuk menyembuhkan penyakit kulit, seperti kutil, jerawat, dan lain-lain.
  • Kandungan antibakteri dalam pepaya bisa untuk membantu menyembuhkan luka, bahkan luka bakar yang parah sekali pun.
  • Bahan untuk perawatan kulit dan meremajakannya. Kulit Kamu juga akan sehat dan bercahaya.
  • Bisa untuk menyembuhkan jerawat. Caranya, letakkan daging pepaya yang matang atau mentah pada daerah berjerawat. Dengan begitu, jerawat yang menganggu Kamu akan hilang seketika.
  • Kandungan vitamin E, papain, dan vitamin A dapat membantu mengatasi penuaan kulit. Keriput Kamu akan berkurang, kulit akan kencang, dan sel-sel kulit mati akan terangkat.
  • Antioksidan dalam pepaya bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Jus pepaya juga bisa mengurangi bintik coklat pada kulit.

6. Lemon

Buah yang rasanya asam bukan main ini bisa berguna juga untuk kesehatan kulit Kamu. Ada banyak khasiat yang bisa didapatkan dari lemon. Manfaatnya antara lain sebagai berikut.

  • Membantu Pengelupasan Sel Kulit Mati

Dalam buah lemon terdapat kandungan AHA alias Alpha-Hidrocxy Acid. Kandungan itu lah yang membantu kulit untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Caranya adalah dengan memeras lemon, gunakan kapas, celupkan kapas ke dalam air perasan, kemudian balurkan ke wajah Kamu jika sudah dibersihkan. Setelah itu, diamkan selama 10 menit lalu bilas. Lihat lah, kulit wajah Kamu akan terlihat bercahaya dan lembut.

  • Melembutkan Kulit pada Siku

Kebanyakan orang memiliki siku yang kering dan berwarna hitam. Nah, dengan lemon, Kamu bisa merawatnya agar bersih dan lembut. Caranya adalah iris buah lemon menjadi 2 potong, kemudian gosokkan irisan tersebut ke siku Kamu dan tunggu sampai 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

  • Menghilangkan Ketombe

Ketombe memang selalu membuat orang kehilangan percaya diri karena mengganggu penampilan. Dengan lemon, pasti kulit kepala Kamu akan terbebas dari ketombe.
Caranya campurkan lemon yang sudah dijadikan jus dengam minyak zaitun yang hangat. Pijat lah kepala Kamu dengan perlahan setelah campuran lemon dioleskan ke rambut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air dan berikan condisioner.

  • Mengecilkan Pori-pori

Merawat wajah dengan jeruk lemon bisa membuat Kamu yang memiliki pori-pori besar, terbantu. Coba lah untuk menyiapkan beberapa gelas jus lemon dalam lemari es. Celupkan lah kapas pada jus lemon tersebut, lalu oleskan pada wajah. Setelah itu, bilas dengan air dan oleskan pelembap wajah.

Rutin lah melakukan perawatan ini setiap pagi, niscaya kulit Kamu akan menjadi lebih sehat.

Ternyata, ada banyak sekali buah-buahan yang bisa membantu untuk menyehatkan kulit. Tidak ada kata repot lagi untuk Kamu yang malas melakukan perawatan. Semuanya mudah dan bahannya juga banyak tersedia di supermarket bahkan pasar. Rawat lah kulit Kamu agar kesehatannya terjaga.