Buah Sehat yang Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
buah-buahan-dalam-keranjang_20150815_102121[1]
Daftar Topik

Buah-buahan memang merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah-buahan setiap hari, maka kebutuhan nutrisi tubuh kita dapat terpenuhi. Oleh karena itu, makanan buah-buahan secara teratur dan rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Pada dasarnya, buah-buahan memang memiliki banyak manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Begitu pun dengan ibu hamil, berbagai jenis buah-buahan justru dianjurkan untuk dikonsumsi pada waktu tertentu pada masa kehamilannya.

Buah Sehat untuk Ibu Hamil

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apel mengandung banyak vitamin yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Bahkan, apel merupakan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari oleh para ibu hamil, terutama apel hijau yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dan alami daripada apel merah yang biasanya dijual di supermarket. Selain vitamin, buah apel juga banyak mengandung serat yang cocok untuk dikonsumsi karena dapat memperlancar proses pencernaan pada ibu hamil.

Selain itu, kandungan tannin dan asam malat yang terdapat pada buah  apel mampu mengurangi terjadinya pembengkakan di bagian tubuh tertentu bagi ibu seperti kaki, sikut, dan bagian tubuh yang lainnya serta mengurangi rasa mual yang merupakan salah satu gejala yang terjadi pada ibu hamil.

Sebenarnya ada banyak kandungan manfaat lain yang terdapat pada buah apel untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, sehingga buah apel ini dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari selama masa kehamilan setidaknya 1 buah dalam sehari.

Anggur

Anggur juga merupakan buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, baik untuk kesehatan sang ibu maupun kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Diantara kandungan yang terdapat pada buah anggur, salah satu kandungannya memiliki manfaat yang cukup besar untuk membantu perkembangan otak janin yaitu asam folat. Asam folat membantu membentuk saraf di otak janin, membantu pembentukan tabung otak janin, dan mengurangi risiko cacat otak saat janin tersebut lahir, sehingga dengan mengkonsumsi anggur merupakan salah satu cara untuk membuat janin menjadi anak yang cerdas sejak dalam kandungan.

Selain itu, asam folat yang dibantu oleh kalsium yang ada dalam buah anggur akan membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada janin dan memperkuat tulang pada ibu hamil. Akan tetapi, yang harus kamu perhatikan adalah ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi anggur lebih dari 50 gram setiap harinya. Hal ini karena dalam anggur terdapat kandungan alkohol yang akan sangat membahayakan kesehatan ibu dan janin apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah yang termasuk ke dalam buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Meskipun sebagian besar orang beranggapan bahwa buah naga adalah buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi ternyata anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah naga justru sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan, ibu hamil yang mengalami anemia dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini karena zat beri yang terkandung di dalam buah naga dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, kandungan karotennya juga dapat membantu menyempurnakan mata janin selama berada di dalam kandungan seperti halnya wortel yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Cherry

Cherry merupakan salah satu jenis buah yang memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Manfaat dari mengkonsumsi buah cherry bagi ibu hamil adalah membantu memperlancar sistem pencernaan dan menyehatkan kulit bayi serta membuatnya tampak putih. Jadi, jika kamu ingin memiliki seorang anak dengan kulit yang putih, maka kamu bisa mengkonsumsi buah cherry ini.

Selain manfaat tersebut, ternyata buah cherry juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan berperan sebagai garnish pada makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil, sehingga dapat mengubah mood ibu hamil menjadi lebih senang ketika sedang makan. Intinya, buah cherry akan membantu meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil. Sehingga, jika ibu memiliki nafsu makan yang baik, maka kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan janin akan dengan mudah terpenuhi dengan baik.

Alpukat

Buah selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah alpukat. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam alpukat dapat membantu proses perkembangan otak dan tulang belakang pada janin. Selain itu, buah alpukat juga mampu mengurangi rasa mual yang dialami oleh ibu hamil.

Kandungan lain yang terdapat pada buah alpukat dapat membantu proses pembentukan tulang pada janin, memperkuat tulang ibu hamil, menghasilkan hormon prolaktin dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

Demikian pembahasan mengenai buah yang sehat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA