Berapa Biji Buah Naga dalam Berat 1 Kilogram?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
buah-naga
Daftar Topik

Berapa Buah Naga 1 Kg – Kandungan vitaminnya yang melimpah, membuat buah naga banyak dipilih sebagai makanan pendamping. Rasanya yang manis juga baik untuk kamu yang sedang diet. Namun, tahukah kamu dalam 1 kg ada berapa buah naga yang bisa didapat? Simak penjelasan berikut ini.

Fakta dan Berat Buah Naga

buah-naga

Buah naga merupakan salah buah yang berasal dari beberapa keluarga kaktus yaitu marga Hylocereus dan Selenicereus. Itu sebabnya, buah naga memiliki tekstur yang mirip seperti kaktus pada permukaan buahnya.

Buah naga tumbuh dari bunga yang tidak rontok. Pada bagian kulitnya terdapat sejumlah jumbai yang sering dianalogikan sebagai sisik naga. Buah ini banyak ditemukan di Asia. Khususnya Taiwan, Filipina, Malaysia dan Indonesia.

Karena diyakini membawa berkah, buah ini sering diletakkan di dekat altar naga di Vietnam. Itu sebabnya, buah ini juga dikenal dengan sebutan Thang Loy, yang berarti dragon fruit atau buah naga.

Di dunia, terdapat 4 jenis buah naga yang beredar, yaitu:

  • Selenicereus megalanthus, buah naga kuning dan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, buah naga merah muda dengan daging buah merah.
  • Hylocereus undatus, buah naga  merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Adapun tekstur buah ini cenderung licin, mirip buah kiwi. Dengan banyak biji hitam kecil yang renyah diantara dagingnya. Walaupun manis, buah ini tergolong rendah kalori. Sehingga baik dikonsumsi saat diet. Kandungan gizinya yang kaya juga sangat baik untuk tubuh.

Buah ini dipercaya dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga kecantikan, meningkatkan stamina hingga mengobati diabetes. Kandungan vitamin B3-nya juga dapat mengobati batuk dan menurunkan kadar kolesterol.

Dari segi ukuran, buah ini termasuk dalam buah yang berukuran sedang. Bentuk buah ini cenderung oval, mirip dengan buah alpukat.

Umumnya, setiap buah naga memiliki kisaran berat antara 350 hingga 400 gr per buahnya. Karenanya, jika membeli 1 kg buah naga, kamu bisa mendapatkan 2-3 buah naga sekaligus. Umumnya, buah naga dibanderol dengan harga Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP