Bolehkan Penderita Diabetes Makan Telur? Berikut Penjelasannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Siapa sih orang yang ingin terkena penyakit diabetes, pastinya semua orang tidak ingin merasakannya. Namun, diabetes memang tidak bisa jauh dari kita jika kita sendiri pun tak dapat menjaga kesehatan tubuh apalagi dengan asal dalam mengkonsumsi makanan sehingga akan banyak racun yang mengendap di dalam tubuh. Apalagi jika Anda memiliki gen keturunan yang memiliki riwayat diabetes.

Bagi seseorang yang sudah menderita diabetes pastinya akan banyak sekali pantangan yang harus di hindari. Apalagi dari segi apa saja makanan yang di konsumsi, karena jika tidak begitu diabetes yang di derita akan semakin parah. Nah, telur memang menjadi salah satu makanan yang berprotein namun bolehkan penderita diabetes makan telur? Untuk itulah Anda simak ulasan berikut ini:

Manfaat telur bagi penderita diabetes

Ada banyak penelitian yang menjelaskan jika telur bisa di konsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan American Diabetes Association juga memberikan sebuah tanggapan jika telur itu merupakan pilihan makanan yang tepat bagi penderita diabetes. Bolehkan penderita diabetes makan telur? Tentu saja boleh, karena di dalam telut terdapat kandungan setengah gram karbohidrat yang lumayan rendah jadi telur pun tidak memiliki risiko untuk bisa meningkat kadar gula darah penderita diabetes. Bahkan, telur ini bisa memberikan gizi pada tubuh agar tetap sehat.

Protein yang terkandung dalam satu butir telur itu sebanyak 7 gram, selain itu telur juga memiliki kandungan kalium yang banyak sehingga kalium ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dari saraf dan juga otot. Bukan hanya itu saja, karena kalium ini bisa sangat berguna untuk menyeimbangkan tingkat natrium yang ada di dalam tubuh beserta pembuluh darah.

Bukan hanya itu saja, karena telur juga memiliki kandungan lutein dan juga kolin. Dimana lutein ini amat sangat berguna untuk melindungi tubuh dan melawan penyakit dalam tubuh. Sedangkan kandungan kolinnya bisa meningkatkan kesehatan otak. Bahkan kuning telur sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, kuku dan juga kulit karena mengandung biotin. Dengan kandungan protein dalam telur tersebut bisa membuat penderita diabetes kenyang lebih lama sehingga bisa menghindari makan secara berlebihan. Dengan begitu berat badan Anda akan turun dan bisa mengatasi penurunan resistensi insulin.

Berapa butir telut yang di konsumsi setiap hari?

Pertanyaan ini memang tidak akan pernah bisa lepas bukan?. Ya, untuk penderita diabetes itu bisa mengonsumsi telur 3 kali dalam satu minggu. Akan tetapi, jika Anda hanya ingin mengonsumsi putih telurnya saja maka Anda bisa mengkonsumsi telur lebih banyak dari sebelumnya. Kandungan kolestrol memang ada pada kuning telurnya jadi jika tak ingin memiliki kolestrol dalam tubuh Anda bisa mengonsumsi putih telurnya saja. Untuk mengkonsumsi kuning telurnya sendiri bisa Anda batasi sendiri agar Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin, kolin, omega 3 dan juga kalsium dalam kuning telur.

Akan tetapi, perlu Anda tahu jika mengkonsumsi telur secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh Anda. maka dari itu, lebih baik Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar diabetes Anda tetap aman dan juga sehat.

Baca Juga: Indomie Mengeluarkan Citarasa Terbaru “Indomie Salted Egg” yang Mampu Menggoyang Lidah

Cara mengolah telur untuk diabetes

Pastinya Anda sudah tahu jika telur bisa disajikan dalam menu masakan yang banyak. Nah, namun yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengolah telur tersebut bagi penderita diabetes. Untuk penderita diabetes memang di anjurkan untuk lebih berhati- hati dalam mengolah telur karena telur yang sehat bisa tidak baik bagi tubuh jika cara mengolahnya salah. Salah satunya adalah jika menggoreng telur dengan menggunakan mentega karena bisa menyebabkan telur menjadi tak sehat.

Bukan hanya itu saja, bagi yang memiliki diabetes juga tidak boleh mengolah telur dengan di campur bahan- bahan natrium natrium seperti penyedap makanan. Untuk itulah, banyak dari pakar medis yang mengatakan jika mengolah telur dengan baik adalah dengan cara di rebus. Memang benar cara ini adalah cara yang paling aman bagi para penderita diabetes. Pastinya Anda paham jika telur adalah merupakan camilan yang sangat bagus untuk kesehatan. Apalagi untuk penderita diabetes karena protein yang ada di dalam telur sama sekali tidak memberikan pengaruh pada diabetes yang di derita.

Nah, itulah sekilas info yang bisa di berikan kepada Anda mengenai bolehkan penderita diabetes maka telur? Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA