Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mie Instan? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Di Indonesia sendiri mie instan merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi. Bahkan mie instan dijadikan teman setia, terutama bagi para anak muda yang hidupnya terpisah dari orang tua. Selain itu mengkonsumsi mie instan juga seringkali dijadikan sebagai alternatif untuk menghemat pengeluaran karena harganya yang sangat terjangkau. Namun, jika mie instan dikonsumsi terlalu sering dapat menjadikan tubuh terkena beberapa penyakit sehingga pengeluaran yang hemat menjadi pengeluaran yang mahal. Jika demikian, lantas bolehkah penderita diabetes makan mie instan? Apakah sajakah bahaya mengkonsumsi mie instan bagi penderita diabetes?

Man atau tidak diabetes mengonsumsi mie instant?

Sebagai makanan yang mudah dibuat dan rasa yang ditawarkan pun dapat menggugah selera, mie instan justru tidak memiliki kandungan nutrisi. Mie instan juga mengandung berbagai jenis senyawa yang dapat memunculkan beberapa penyakit di tubuh Anda.

Nah, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes ada baiknya Anda tidak memakan mengkonsumsi atau menghindari untuk mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini. Sebab diabetes sendiri merupakan gangguan kesehatan di mana insulin tidak diproduksi dengan baik di dalam tubuh. Akibatnya, glukosa menjadi mengendap di dalam darah karena jumlah insulin dalam tubuh tidak mampu untuk mengontrol jumlah gula dalam darah tersebut. Lantas mengapa mengkonsumsi mie instan dapat menimbulkan dampak negatif bagi penderita diabetes?

  1. Komponen Utama Mie Instan

Komponen utama yang terkandung di dalam mie instan diantaranya adalah karbohidrat sederhana, lemak, dan juga monosodium glutamat (MSG). Nah, ketiga komponen yang terdapat di dalam mie instan tersebut memang menawarkan cita rasa yang menggugah selera tetapi juga merupakan sumber dari berbagai jenis penyakit yang dapat muncul di tubuh Anda, seperti hipertensi, diabetes, dan juga obesitas.

  1. Kandungan Karbohidrat Sederhana

Bagi penderita diabetes diharuskan untuk selalu menjaga asupan makanan hariannya. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi jenis karbohidrat kompleks sebagai sumber energinya. Sedangkan karbohidrat yang terkandung dala mie instan bukanlah karbohidrat kompleks yang dapat dijadikan sebagai sumber energi melainkan karbohidrat sederhana, yang mana apabila kandungan karbohidrat sederhana dalam mie instan tersebut dikonsumsi oleh penderita diabetes justru dapat membuat kondisi penderita diabetes semakin memburuk.

  1. Kandungan Lemak dan Juga MSG

Selain karbohidrat sederhana, di dalam mie instan juga banyak mengandung lemak dan MSG. Padahal, kedua jenis senyawa tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan juga meningkatkan resiko obesitas. Sedangkan obesitas atau berat badan berlebih sendiri merupakan salah satu faktor pemicu munculnya diabetes. Dengan meningkatnya kadar lemak dalam tubuh secara drastis nantinya dapat menyebabkan insulin tidak dapat diproduksi secara cukup. Padahal insulin memiliki fungsi yang penting untuk mengontrol jumlah gula dalam darah yang nantinya apabila produksi insulin terhambat maka tentunya jumlah gula dalam darah akan menjadi meningkat.

Itulah beberapa bahaya mengkonsumsi mie instan untuk penderita diabetes. Sehingga jawaban mengenai bolehkah penderita diabetes mengonsumi mie instan? Jawabannya adalah sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Bukan hanya bagi penderita diabetes, untuk orang yang normal sekalipun lebih baik tidak mengonsumsi mie instan atau tidak sering mengonsumsi nya, karena mengingat di dalam mie instan tidak terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dampak negatif lain akibat mengkonsumsi mie instan diantaranya adalah :

  1. Mie instan dapat menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi terhambat
  2. Mie instan dapat merusak sistem metabolisme tubuh. Karena kandungan zat pewarna dan juga zat pengawet yang terkandung di dalam mie instan merupakan zat yang bersifat racun sehingga berdampak negatif bagi kesehatan. Salah satunya dapat merusak sistem metabolism tubuh.
  3. Mie instan mengandung propylene glycol yang merupakan sejenis bahan anti beku yang berfungsi supaya mie instan tidak kering. Zat ini dapat menyebabkan hati dan ginjal menjadi rentan mengalami kerusakan. Selain itu, zat ini juga berpotensi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Di dalam mie instan tidak terkandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu di dalam mie instan juga tidak terdapat serat sama sekali. Sehingga, terlalu sering mengkonsumsi dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan seperti rasa begah dan juga sembelit.
  5. Mie instan apabila dikonsumsi dapat dapat menyebabkan penyakit diabetes, kandungan MSG, lemak, dan juga karbohidrat sederhana, selain itu juga dapat menyebabkan penyakit hipertensi dan juga obesitas. Kandungan MSG yang terkandung di dalam mie instan juga dapat menyebabkan seseorang merasakan haus yang berlebih, sakit kepala, dan juga mengalami sesak napas.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai bolehkah penderita diabetes makan mie instan? Dengan mengetahui dampak negatif yang dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi mie instan, diharapkan pula dapat meningkatkan kesadaran Anda untuk menjaga kesehatan Anda dan menghindari mengonsumsi mie instan secara berlebihan. Karena asupan mie instan tidak hanya berbahaya bagi penderita diabetes saja melainkan juga bagi mereka yang normal. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA