Bintik-Bintik Merah di Kaki? Tanda dari 9 Penyakit Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
bintik merah di kaki -Kanker Kulit
Daftar Topik

Bintik-bintik merah di kakiMenemukan bintik-bintik merah di kaki? Bintik merah ini tidak boleh kamu sepelekan lho. Kondisi ini bisa jadi adalah pertanda dari adanya penyakit serius yang mengkhawatirkan. Munculnya bintik merah pada kaki memang tidak selalu mengganggu, terkadang bintik ini muncul tanpa rasa gatal. Namun, bintik merah tetap harus diwaspadai.

Bintik-bintik merah di kaki

bintik merah di kaki - cover

Ada berbagai hal yang dapat menjadi penyebab munculnya bintik merah di kaki, seperti gigitan serangga, alergi, penyakit kulit, dan sebagainya. Untuk itu, penting untuk kamu mengetahui penyebab bintik merah di kaki agar dapat menentukan pilihan pengobatan terbaik. Agar lebih paham, ketahui beberapa penyebab bintik merah di kaki berikut ini.

1. Eksim

bintik merah di kaki -Eksim

Eksim atau dermatitis atopik juga bisa menjadi bintik merah di kaki. Biasanya, bintik merah pada kaki dan paha ini akan disertai dengan ruam kulit dan rasa gatal yang teramat sangat. Tak hanya itu, bintik merah di telapak kaki ini juga bisa memunculkan luka lepuhan yang mengeluarkan cairan. Untuk mengatasinya, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik, antihistamin, hingga kortikosteroid. 

2. Gigitan Serangga

bintik merah di kaki -gigitan serangga

Gigitan serangga juga bisa menyebabkan bintik merah di kaki dan paha, terutama gigitan semut api, nyamuk, kutu, kutu kasur, hingga kutu rambut. Obat bintik merah di kaki dan paha yang disebabkan oleh gigitan serangga bermacam-macam. 

Jika bintik merah pada kaki disebabkan oleh gigitan semut api, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan obat antihistamin, kompres dingin, ataupun obat pereda nyeri. Namun, apabila bintik merah pada kaki muncul akibat gigitan nyamuk, dokter akan merekomendasikan krim hidrokortison atau produk dengan bahan alami, seperti tumbuhan witch hazel.

3. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan munculnya bercak merah bersisik di kulit. Psoriasis bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk bintik merah di kaki dan paha. Tidak hanya satu atau dua, jumlah bintik merah pada kaki akibat psoriasis bisa mencapai ratusan. 

Biasanya, psoriasis dapat timbul jika dipicu oleh beberapa hal, seperti luka di kulit, tonsilitis, obat-obatan, hingga stres.Krim kortikosteroid menjadi “penolong” yang biasanya diberikan oleh dokter untuk mengatasi bintik merah di telapak kaki dan bagian tubuh lainnya akibat psoriasis.

4. Kudis

Kudis bisa menyebabkan bintik merah di kaki dan paha, ataupun bagian tubuh lainnya yang bergelombang. Biasanya, kudis muncul akibat gigitan tungau. Umumnya dokter akan memberikan krim skabisida, seperti permethrin, yang bisa membunuh tungau kudis dan juga telurnya.

5. Vaskulitis

Vaskulitis adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pembuluh darah. Hasilnya, aliran darah akan menurun sehingga menyebabkan nyeri, menurunnya berat badan, keringat di malam hari, hingga ruam kulit Ruam kulit berupa bintik merah juga bisa muncul di bagian yang terdampak vaskulitis, termasuk bintik merah di telapak kaki.

6. Folikulitis

bintik merah di kaki -Folikulitis

Penyebab bintik merah di kaki lainnya adalah folikulitis. Folikulitis adalah tumbuhnya rambut ke dalam folikel rambut yang disebabkan oleh infeksi. Umumnya, folikulitis disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Folikulitis juga bisa terjadi akibat peradangan yang disebabkan oleh rambut tumbuh ke dalam, infeksi virus, atau jamur. 

Folikulitis bisa terjadi pada kaki. Pasalnya, rambut juga bisa tumbuh di kaki. Jadi, jangan heran ketika bintik merah pada kaki bisa muncul setelah kamu mencukur bulu kaki. Folikulitis akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika folikulitis tidak juga hilang setelah 10 hari, kamu disarankan datang ke dokter agar bisa diberikan antibiotik.

7. Keratosis Pilaris

Penyebab bintik merah di kaki yang pertama adalah keratosis pilaris. Penyakit kulit yang dianggap tidak terlalu serius ini memunculkan bintik merah dan permukaan kasar pada kulit. Meski paling sering menyerang bagian pipi dan tangan, bagian tubuh lainnya, seperti paha, bokong, dan kaki bisa saja memunculkan tanda bintik merah. Itulah sebabnya, bintik merah di telapak kaki bisa saja muncul. 

Keratosis pilaris adalah penyebab bintik merah di kaki yang tak bisa disembuhkan atau dicegah. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan pelembap atau obat oles resep dari dokter.

8. Urtikaria

Urtikaria atau biduran juga menjadi penyebab bintik merah di kaki. Urtikaria ditandai dengan munculnya bercak merah yang terasa sangat gatal. Saat disentuh, bercak atau bintik merah pada kaki dan paha ini bisa berubah menjadi putih. Urtikaria dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Tak terkecuali pada kaki. 

Biasanya, urtikaria dapat dipicu oleh beberapa makanan, obat-obatan, lateks, cuaca dingin, ataupun paparan sinar matahari. Urtikaria yang disebabkan oleh alergi biasanya dapat diredakan dengan obat-obatan antihistamin.Anda bisa menemukan obat antihistamin secara bebas di apotek ataupun melalui resep dokter.

9. Kanker Kulit

bintik merah di kaki -Kanker Kulit

Bintik merah di kaki ataupun bagian kulit lainnya bisa menjadi gejala berbagai macam penyakit kanker kulit. Misalnya, karsinoma sel basal ataupun penyakit Bowen (bentuk awal dari kanker kulit). Penyebab kanker kulit yang paling utama ialah akibat paparan sinar matahari berlebihan. Biasanya, karsinoma sel basal dan penyakit Bowen harus diangkat dengan prosedur operasi.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP