Berikut Ide Bisnis dan Tips Kerajinan Tangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Ingin mencoba untuk berbisnis? Ada banyak peluang usaha yang dapat kita kembangkan sebagai lahan bisnis yang manis. Salah satunya adalah kerajinan tangan.

Jika kita mengefektifkan hasil kerajinan tangan yang kita miliki, maka itu merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dan, sudah cukup banyak contoh orang yang sukses menjalani usaha kerajinan tangan.

Kerajinan tangan memang satu keterampilan dasar yang dapat dimiliki oleh seseorang dengan sangat mudah. Dengan mengembangkan keterampilan dasar ini, maka kita dapat menjadikannya sebagai sumber pendapatan yang tidak kecil nilainya. Bahkan, kita dapat menjadi jutawan atau miliader jika kita menekuni usaha ini secara maksimal.

Dan, yang terpenting dalam hal ini adalah penanganan kerja yang sangat sederhana. Kita tidak membutuhkan keterampilan tingkat tinggi. Bahkan, mereka yang putus sekolah dapat saja menekuni jenis usaha ini dan menjadi pengusaha kerajinan tangan terkenal. Peluang usaha ini memang tidak membutuhkan orang-orang dengan tingkat pendidikan tinggi.

Modal Minim, Hasil Maksi

Ya. Jika kita menekuni usaha berbasis kerajinan tangan ini, maka kita tidak membutuhkan modal yang besar. Kita dapat memulai usaha dengan modal yang kecil saja.

Oleh karena itulah, semua orang dapat menekuni usaha ini untuk meningkatkan penghasilan dirinya. Apalagi jika kita kembalikan pada kondisi kehidupan di jaman sekarang yang semakin ketat tingkat persaingan tenaga kerja. Maka, ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi kehidupan masa depan kita.

Terlalu sulit bagi kita untuk berebut mendapatkan lapangan pekerjaan sebab terlalu banyak orang yang memperebutkan lapangan pekerjaan. Bahkan satu lapangan pekerjaan diperebutkan lebih kurang seribu pencari pekerjaan. Sungguh hal tersebut sangat menyulitkan bagi kita, terutama yang tidak mempunyai modal finansial untuk ‘membeli’ pekerjaan tersebut.

Usaha dengan mengedepankan kerajinan tangan ini memang sangat menjanjikan bagi kita. Hal ini karena pekerjaan kita hanyalah merangkai manik-manik yang sudah dapat kita beli di toko.

Selanjutnya, kita kembangkan menjadi kerajinan tangan yang menarik minat masyarakat untuk memiliki kerajinan tangan tersebut. Dan, untuk hal tersebut, kita dapat memperoleh penghasilan yang lebih besar daripada modal yang kita pergunakan untuk membeli manik-manik dan merangkainya menjadi kerajinan tangan.

Butuh Keterampilan dan Kreativitas

Sebagai usaha berbasis kerajinan tangan, maka hal utama yang harus kita miliki adalah keterampilan. Dengan keterampilan ini, maka kita dapat mewujudkan bentuk kerajinan tangan manik-manik yang kita inginkan. Dan, keterampilan itu dapat dilatih secara intensif. Jika kita berlatih, maka berbagai keterampilan dapat kita kuasai dengan sebaik-baiknya.

Hal lain yang juga harus kita kembangkan dalam usaha kerajinan tangan manik-manik ini adalah daya kreatifitas kita. Hal ini karena bentuk awal dari hasil keterampilan kita adalah manik-manik yang berupa biji-biji lepas dengan berbagai ukuran dan bentuk. Dari bentuk lepas inilah, kita mencoba untuk merangkainya menjadi satu bentuk tertentu.

Untuk membentuk manik-manik sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita tersebut, maka kreatifitas kita sangat menentukan bentuknya. Jika kita mempunyai kreatifitas  tinggi, maka berbagai bentuk kerajinan tangan manik-manik dapat kita ciptakan. Dan, kreasi ini sangat menentukan tingkat ketertarikan masyarakat atas produk kerajinan tangan kita.

Semakin Kreatif, Semakin Laku 

Bidang usaha yang mengedepankan kerajinan tangan sebagai peluang bisnis memang sangat tergantung pada tingkat kreatifitas kita. Semakin bagus daya kreatifitas kita, berarti semakin bagus dan banyak produk yang kita hasilkan.

Jika konsumen mempunyai kesempatan memilih produk yag terbuka, maka itu artinya mereka kesempatan untuk membeli barang kerajinan tangan yang kita hasilkan. Kesempatan memilih ini hanya dapat tercipta jika kita mampu menciptakan hasil kerajinan tangan berupa manik-manik dalam kreasi yang bervariasi.

Satu hal yang harus kita camkan dalam hal ini adalah bahwa usaha tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Kita dapat memulai usaha hanya dengan modal kecil dan dapat memberikan kita hasil yang besar. Lantas, mengapa kita tidak mengambil kesempatan ini untuk kita jadikan sebagai sumber kehidupan kita?

Kerajinan Tangan dari Kertas

Banyak manfaat yang bisa dieksploitasi dari barang bekas, seperti kertas. Ya, kertas yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan dari kertas ini bisa dikembangkan menjadi berbagai jenis kerajinan yang indah, unik, dan penuh kreativitas. Contoh kerajinan kertas antara lain bunga dari kertas, tas dari kertas, dan lain sebagainya.

Kertas-kertas yang sudah tidak terpakai ternyata bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan yang bermanfaat dan unik. Hal ini tentunya sangat bermanfaat dalam hal meminimalisasikan sampah kertas. Jadi, kertas yang sudah tidak terpakai tidak terbuang percuma.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai contoh dan cara membuat kerajinan tangan dari kertas yang bisa dicoba di rumah.

Ada beberapa jenis kerajinan tangan berbahan dasar kertas yang cara pembuatannya harus melalui proses daur ulang kertas terlebih dahulu. Kertas hasil daur ulang bisa dibuat dari bekas kertas koran dan jika didaur ulang akan menghasilkan warna abu-abu. Jika ingin mendapatkan warna yang lain, hanya perlu menambahkan beberapa pewarna sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini cara mendaur ulang yang bisa dilakukan sendiri oleh Kamu dengan memanfaatkan alat-alat yang ada.

Alat yang dibutuhkan:

  • Mesin blender
  • Screen berkasa
  • Screen tanpa kasa
  • Ember
  • Alat untuk penyaring
  • Busa
  • Kain bekas

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kertas yang sudah tidak terpakai atau koran bekas
  • Bahan pewarna
  • Pengharum
  • Batang atau kelopak bunga yang kering

Cara membuatnya:

  • Kertas disobek-sobek hingga menjadi potongan kecil-kecil.
  • Setelah itu, baru rendam dalam air, lalu remas-remas hingga hancur dan lumat menjadi seperti bubur.
  • Selanjutnya, kertas dihancurkan lagi dengan menggunakan belnder. Lakukan dengan perbandingan air dan kertas sekitar 1:1.
  • Selanjutnya, masukkan bubur kertas tadi ke dalam ember yang sudah diisi dengan air bersih. Setiap 250 gram bubur kertas membutuhkan 5 liter air bersih. Pada proses ini, harus ada penyesuaian air, semuanya bergantung dari seberapa tebal kertas yang diinginkan.
  • Proses selanjutnya, campuran bubur kertas tadi dicampur dengan menggunakan lem kanji agar kertasnya tidak mudah sobek. Takarannya, setiap 250 gram kertas dicampur dengan 10-15 gram lem kanji.
  • Bisa juga Kamu menambahkan pewarna jika ingin menghasilkan kertas yang berwarna. Jika ingin menjadikan kertas daur ulang tersebut menjadi kertas bermotif, Kamu bisa menambahkan mahkota bunga yang kering. Lalu, agar kertas hasil daur ulang memiliki aroma yang harum, bisa menambahkan pengharum.
  • Jika adonan selesai disiapkan, masukkan semua screen ke dalam adonan tadi. Lalu, angkat screen dan biarkan air menetes. Jika sudah selesai, lepaskan screen tanpa kasa dan Kamu bisa taruh di atas papan atau meja. Hilangkan air yang ada pada kasa dengan menggunakan busa.
  • Jika screen tadi sudah tidak mengandung air, barulah screen diangkat dan sediakan juga alas kain untuk meletakkan adonan kertas yang telah pipih.
  • Selanjutnya jemur hingga kering dan Kamu akan mendapatkan hasil kertas daur ulang.

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA