Berikut 5 Mall yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Jakarta

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
mall jakarta
Daftar Topik

Jakarta sebagai kota metropolitan dan ibu kota negara memang selalu menampilkan gaya hidup yang mewah, berkelas, dan berbeda dari penjuru kota lain. Ibu kota negara ini menawarkan berbagai kehidupan mewah bagi penduduknya, mulai dari apartemen, restoran, tempat hiburan, mall, dan lain sebagainya.

Dari beberapa tempat itu, ibu kota negara kita tercinta ini memiliki mall-mall terbesar. Mau tahu apa saja mall-mall terbesar itu. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa yang paling besar. Ini lah daftar lima mall populer di Jakarta yang bisa Kamu kunjungi untuk mendapatkan suasana berbeda, dan berbelanja berbagai kebutuhan Kamu.

Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek atau yang biasa disebut MTA bukan hanya menjadi pusat perbelanjaan terbesar di ibu kota, namun juga se-Asia Tenggara. Mall ini berada di Jakarta Barat, dibuka pada 1996.

Mall Taman Anggrek memiliki luas area sekitar 360.000 meter persegi. Wah, sangat luas sekali ya? Tempat yang paling terkenal di mall ini adalah sebuah rink ice skating, dan wahana bermain Timezone. Beberapa departement store terbesar dan tempat hiburan lainnya di Indonesia menjadi penyewa terbesarnya. Sebut saja Anggrek XXI, Metro Department Store, Fitness First, Hero Supermarket, Zara, dan Matahari Department Store.

Mall yang berada di daerah Jakarta Barat ini dari mulai berdiri hingga sekarang masih menjadi mall terbesar di ibu kota bahkan Indonesia. Bangunan di sana meliputi tempat bermain ice skating besar, jumlah lantai yang sangat banyak, 2 buah departement store terkenal, dan juga hall utama yang sangat besar.

Mall ini memang cocok dan menjadi tujuan utama bagi kaum menengah ke atas. Mall Taman Anggrek memiliki lokasi strategis sehingga tidak susah untuk dicapai. Saking besarnya Mall Taman Anggrek ini, sampai-sampai menjadi 10 besar dalam jajaran mall paling besar di dunia.

Keutamaan lainnya dari mall ini adalah adanya apartemen yang memiliki 7 tower, lapangan besar, dan kolam renang. Pasti Kamu akan dimanjakan sekali bila berbelanja atau sekadar cuci mata di sana. Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Mall Taman Anggrek.

Mall Artha Gading

Di urutan ke-2 mall terbesar ibu kota ada Mall Artha Gading. Mall ini memiliki luas area sekitar 270.000 meter persegi. Mall ini dibidani oleh Arta Graha Group sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, tekstil, dan perbankan.

Perbedaan paling menonjol dari mall ini dengan mall lain adalah adanya tema desain di setiap bangunannya. Sebut saja desain menara miring pisa, candi di Indonesia, dan gajah-gajah persia, juga lain sebagainya. Besar dan luasnya mall tidak sebanding dengan isinya, karena beberapa bahkan sebagian besar gerai tidak berisi. Target mall ini adalah untuk orang kalangan menengah ke atas.

Walau pun bukan mall favorit karena terasa seperti berjalan terseok-seok dibanding mall lainnya, untuk ukuran gedung, Mall Artha Gading ini paling besar untuk seluruh mall di Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

Mall ini ada di kawasan Kelapa Gading tepat di sisi jalan tol Cawang – Tanjung Priok. Desain interior untuk mall ini sangat unik, yaitu mengambil konsep dari jalur sutera, sebuah jalur perdagangan pada zaman dahulu. Mall Artha Gading dibangun dalam jangka 2 tahun dari 2005, dan resmi dibuka pada 2007.

Mall ini terdiri atas 7 buah atrium dengan berbagai macam interior. 7 atrium itu adalah Atrium Nusantara, Atrium Persia, Atrium Italia, Atrium Paris, Atrium India, Atrium China, dan Atrium Millenium.

Grand Indonesia

Dengan luas area sebesar 250.000 meter persegi, mall ini menempati urutan ke 3 dalam mall terbesar di ibu kota. Grand Indonesia dibangun pada tahun 2007 oleh Grup Jarum yang sudah sering membuat berbagai event dan lain sebagainya. Walau pun luas areanya tidak sebesar Mall Taman Anggrek, mall ini dinobatkan sebagai mall paling mewah di Indonesia. Dengan segala fasilitas yang ada, pantas saja jika gelar demikian, dapat diraih oleh Grand Undonesia.

Sepertinya hanya orang-orang tertentu yang terbiasa berbelanja ke sini, hanya orang-orang kaya yang dapat berbelanja di tempat mewah ini. Ada banyak sekakli gerai eksklusif yang menjual berbagai barang impor untuk orang kaya. Mulai dari restoran, hotel, bioskop Blitzmegaplex dan Gramedia paling besar di Indonesia.

Tidak kalah menarik ada taman Jepang, koridor Timur Tengah, yang semakin membuat suasana menjadi sangat menyenangkan. Namun, perlu Kamu pastikan bahwa Kamu membawa uang yang banyak jika ingin berbelanja di sini.

Grand Indonesia disebut juga dengan Shopping Town, terdiri atas 3 bagian, yaitu West Mall, East Mall, dan Skybridge yang menghubungkan dua mall itu. Skybridge ini terdiri atas 5 lantai, ada sebuah foodcourt dengan konsep Food Louver di lantai 3-nya.

Mall ini memiliki motto, yaitu Crossroads The World alias persimpangan dunia. Maksud dari slogan ini bisa terlihat dari desain interior di sana yang memang menawarkan suasana di negara lain. Sebut saja ada konsep Negeri BelKamu dengan kincir anginnya, Arab dengan berbagai bangunannya, Cina dengan lampion dan lampunya, Melayu, dan lain-lain.

Salah satu alasan mengapa mall ini menjadi yang terbesar di ibu kota adalah adanya 4 distrik di sana. Distrik-distrik itu ada Entertainment District, Fashion District, Market District, dan Garden District.

Di shopping town ini ada sebuah wahan baru bernama Magic Fountain Show. Wahana tersebut adalah tempat sebuah air mancur menari serta bernyanyi yang akan hadir setiap satu jam sekali. Berbagai atraksi ditunjukkannya seperti musik, pertunjukan, air mancur yang menari, dan lampu berwarna-warni. Sungguh sangat spektakuler.
Dengan konsep family mall, Kamu sekeluarga bisa membeli segala macam keperluan rumah tangga dan lainnya dalam satu tempat.

Gandaria City

Luas area Gandaria City adalah 220.000 meter persegi, dan membuatnya menempati mall terbesar di Jakarta urutan ke 4. Mall ini adalah milik dari Pakuwon Group. Target penjualan di mall ini sama seperti 3 mall di atas, yaitu untuik kalangan menengah ke atas. Memang sesuai, karena lokasinya yang juga dekat dengan kawasan perumahan elite.

Mall ini juga terdiri atas hotel, kantor, dan apartemen. Sepertinya ketenaran mall ini akan semakin meluas karena pada awal pembukaannya saja sudah diserbu oleh pengunjung. Namun, sayangnya kemewahan mall ini terhalang dengan adanya jalan arteri untuk mengakses ke sana yang penuh. Oleh karena itu, mall ini menganggarkan adanya pembuatan jalan baru, pelebaran jalan, bahkan membangun terowongan orang.

Supermall Karawaci

Nah, satu lagi yang masuk dalam 5 besar mall di ibu kota, Supermall Karawaci. Luas areanya adalah 187.000 meter persegi, terletak di Tangerang, tepatnya daerah di Lippo Village, Karawaci. Dikelola oleh Grup Lippo.

Di dalamnya, Kamu dapat menemukan satu buah food court yang sangat megah. Terlihat dari langit-langitnya yang tinggi, disertai dengan taman bermain, dan jet coaster. Berbeda dengan empat mall lain di atas yang memiliki target konsumen menengah ke atas, mall ini target konsumennya menengah ke bawah.

Dalam perkembangannya, dulu mall ini pernah dibakar saat terjadi kerusuhan Mei pada 1998. Namun, setelah itu diperbesar dan menghadirkan berbagai gerai internasional yang ikut mendongkrak kemewahan Supermall Karawaci, mall ini kembali beroperasi dan ramai.

Itu lah lima mall terbesar di Jakarta, bahkan ada yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Sungguh keadaan ibu kota sekarang sudah jauh berbeda, sudah ada banyak pilihan mall yang menyuguhkan berbagai barang dan tempat menarik. Jika Kamu ingin merasakan kemegahan lima mall di atas, datang saja langsung.

Jangan lupa untuk membawa uang yang banyak, barangkali Kamu ingin membeli sesuatu yang Kamu inginkan, dan butuhka. Selamat berbelanja!

Itu lah sekelumit cerita kemegahan yang dimiliki Jakarta. Bahwa ibu kota negara tersebut memang besar, salah satunya adalah memiliki mall-mall yang cukup besar.

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP