Berhati-hatilah! Inilah Akibat Fatal Dari Kurang Minum Air Putih

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ilustrasi-minum-air-putih_20151001_095052[1]
Daftar Topik

Jangan sekali-kali menganggap remeh akibat yang ditimbulkan dari kurangnya minum air putih, karena hal tersebut bisa saja memicu adanya gangguan yang serius di dalam tubuh. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa air merupakan komponen terbesar di dalam tubuh. Dengan ini, bisa kamu bayangkan jika tubuh kita kekurangan cairan maka fungsi sebagian besar organ tubuh akan terganggu.

Air yang dinilai sebagai air minum paling sehat adalah air putih yang juga dianggap paling baik untuk tubuh. Hal tersebut dikarenakan air putih merupakan air yang masih murni tanpa ada campuran bahan-bahan apapun. Setiap harinya, tubuh memerlukan asupan air putih sebanyak 2 liter, maka jika kita meminum air putih dalam jumlah yang sedikit, akan mengakibatkan masalah yang serius bagi kesehatan tubuh kita. Inilah beberapa bahaya bagi tubuh yang disebabkan oleh kurangnya minum air putih:

Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan keadaan dimana tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya dehidrasi adalah tidak meminum air dalam jangka waktu yang lama atau melakukan olahraga atau pekerjaan yang berat yang tidak diimbangi dengan kebutuhan cairan tubuh.

Dehidrasi merupakan masalah yang cukup berbahaya, karena jika dehidrasi berlangsung dalam waktu yang lama dengan keadaan yang cukup marah, maka bisa saja menyebabkan syok hingga bisa berakhir dengan kematian. Beberapa pemicu dehidrasi lainnya selain kurang minum adalah muntah, diare dan pendarahan yang dialami oleh seseorang.

Beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami dehidrasi adalah menurunnya nafsu makan secara tidak wajar, sakit kepala, tubuh terasa lemas dan jiwa merasa mudah cemas mengenai suatu hal. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya dehidrasi maka sangat penting untuk meminum air yang cukup.

Gangguan pada sistem pencernaan

Saluran pencernaan merupakan suatu sistem yang sangat kompleks dan sangat memerlukan air untuk melancarkan proses mencerna makanan yang telah masuk ke dalam tubuh.

Apabila kita kurang minum air putih, maka bisa saja mengakibatkan adanya gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan di tubuh kita. Tubuh sangatlah memerlukan air untuk mencerna makanan atau pun menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Sehingga, jika kita kurang meminum air putih maka akan menimbulkan berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka bisa berakibat sangat fatal seperti kanker usus.

Kurangnya meminum air putih juga bisa membuat lambung dan usus mengalami penurunan lapisan pelindung bagian luarnya. Hal ini akan cukup membahayakan karena akan memicu terjadinya asam lambung dan luka pada usus.

Tubuh mudah lelah

Seseorang yang mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang sedikit pasti akan merasakan tubuhnya mudah lelah. Hal tersebut terjadi karena tubuhnya hanya memperoleh asupan cairan yang sedikit. Itulah yang mengakibatkan metabolisme tubuh menurun secara drastis, sehingga membuat tubuh kita mudah merasa kelelahan.

Jika metabolisme tubuh kita terganggu, maka sel-sel atau pun jaringan tubuh tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Tubuh yang kekurangan asupan cairan akan membuat badan terasa lebih lemah, letih, lesu dan kurang bersemangat.

Masalah serius pada organ ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting karena berfungsi untuk menyaring cairan di dalam tubuh yang mana zat yang berguna bagi tubuh akan diserap melalui peredaran darah. Jika ada zat yang dirasa tidak diperlukan oleh tubuh, maka akan disaring dan dibuang oleh tubuh melalui proses urine.

Dalam proses penyaringan, ginjal sangat membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Jika kondisi tubuh kekurangan cairan, maka bisa saja mengakibatkan ginjal bekerja terlalu keras yang tentu saja akan membahayakan organ ginjal itu sendiri. Selain itu, kotoran atau zat yang bersifat racun dan harusnya dibuang tidak akan dapat dikeluarkan secara sempurna oleh tubuh, sehingga racun tersebut masih berada di dalam tubuh. Apabila ginjal bekerja terlalu keras dalam waktu yang lama, maka akan sangat membahayakannya karena bisa membuatnya menjadi rusak. Masalah lainnya yang bisa saja muncul adalah jika proses penyaringan yang dilakukan oleh ginjal mengalami masalah maka dapat memicu penyakit batu ginjal, infeksi bakteri yang ada dalam ginjal bahkan bisa saja mengalami gagal ginjal yang merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius.

Tekanan darah tinggi

Kurangnya mengkonsumsi air putih dapat menyebabkan beberapa pembuluh darah kapiler menutup, sehingga akan mengakibatkan pergerakan darah menjadi terbatas. Hal tersebut bisa saja memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Terbatasnya pergerakan darah akan mengakibatkan munculnya penyakit tersebut karena jantung dibuat bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Selain itu, apabila aliran darah ke ginjal mengalami masalah karena kuranganya konsumsi air maka akan menyebabkan masalah pada konstraksi pembuluh darah dan arteri yang akan memubat tekanan darah semakin tinggi.

Gangguan kulit

Kurang mengkonsumsi air putih akan membuat kulit kita kehilangan elastisitas dan kesegarannya, sehingga akan membuat kulit terlihat lebih kusam dan mudah rusak. Hal ini dikarenakan enzim yang tidak mampu berfungsi dengan baik untuk menjaga kesehatan kulit karena kekurangan cairan. Enzim yang tidak berfungsi secara optimal akan membuat struktur lapisan kulit luar akan memburuk dan menyebabkan kulit kering dan kasar.

Itulah beberapa akibat yang ditimbulkan oleh kurangnya mengkonsumsi air putih. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA