Berbagai Jenis Ikan Arwana, Menarik untuk Diketahui!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
arowana
Daftar Topik

Berbicara ikan arwana (Arowana / Aro dalam bahasa Inggris) banyak pecinta ikan hias yang pasti sudah mengetahui ikan ini. Dengan jenis dan warna yang menarik dan beragam, membuatnya mempunyai ciri khas tersendiri dan menjadi primadona di hati para penghobi ikan hias. Banyak juga yang mengaitkan ikan ini dengan hoki pemiliknya, tetapi ini semua kembali kepada individu masing-masing. Nah kawan, mari sekarang mencoba sedikit mengulas secara singkat satu persatu jenis ikan arwana beserta gambarnya yang banyak dipelihara oleh para penghobi, semoga dapat memberi sedikit pencerahan bagi para pecinta ikan hias di Indonesia.

Berbagai Jenis Ikan Arwana

Silver Arwana


Untuk jenis ini sudah banyak yang mengetahui, karena jenis inilah yang paling umum dijumpai dan biasanya dijual dengan harga terjangkau, baik di pasar ikan hias atau toko penjual ikan hias. Warna tubuh dominan abu-abu dilapisi mutiara. Sementara sirip ekor, anal dan dorsalnya berwarna abu-abu sedikit lebih gelap dibanding warna badannya. Habitat asli ikan ini sebenarnya di Brazil.

Golden Arwana


Golden arwana adalah jenis ikan arwana asli Indonesia, dengan macam warna gold (emas), Blue (biru), green (hijau). Dengan panjang tubuh rata-rata 40-70 Cm. Wilayah penyebaran nya meliputi Sumatra, tepatnya Riau & wilayah Pekanbaru.

Super Red Arwana


Masih sama seperti jenis arwana Golden, jenis ini juga berasal dari Indonesia, untuk jenis ini lebih banyak dijumpai dari hasil breeding para breeder Arwana, dibanding dengan yang asli alam. Dengan panjang tubuh rata-rata 40-70 Cm, Ikan eksotis ini tersebar di sekitar Kepulauan Kalimantan, tepatnya sekitar Sungai Kapuas & Danau Sentarum. Super Red Arwana juga mempunyai Varian lagi yaitu, Red Orange, Red Chili & Red blood.

Black Golden Arwana


Ikan jenis ini berasal dari Malaysia, ikan arwana yang satu ini dibalut dengan sisik tebal berwarna hitam dengan batas hingga punggung ikan. Semakin eksotis karena dikombinasikan dengan warna Ekor, Dorsal dan sirip anal yang berwarna gold (emas). Wilayah penyebaran Black Golden Arwana termasuk Johor, Trengganu & perak.

Green Arwana (Arwana Pino)


Arwana yang satu ini biasa juga disebut Green Banjar. Wilayah populasi nya pun sangat beragam, di Indonesia, tepatnya di Kepulauan Kalimantan, Kamboja, Thailand, Malaysia. Dengan warna badan dominan hijau semi perak/krem berkilau, menambah kesan anggun dengan perpaduan warna abu-abu kehijau-hijauan pada sirip ekor, dorsal & anal Terdapat 1 lagi yang membedakan jenis Green Pino dengan Arwana jenis lain, yaitu mempunyai kepala lebih besar & mulut yang cenderung membulat.

Jardini Arwana


Hmmm, Entah kenapa banyak orang paling suka dengan jenis arwana ini, Jardini Arwana atau yang biasa juga disebut Arwana Irian. Tetapi sebenarnya jenis ini berasal dari Australia, tetapi penyebarannya juga banyak ditemukan di Irian. Perpaduan warna yang anggun, dengan warna tubuh hijau dibalut mutiara emas, dan warna sirip-siripnya yang terlihat kehitam-hitaman, semakin elok untuk dipandang. Jardini, entah mengapa ikan ini masih sulit untuk di breed dibandingkan dengan super red atau jenis yang lain. Karena itu para penjual memang khusus menangkap dari habitatnya yang tersebar di sekitar aliran sungai Kab. Merauke – Prov. Papua. Ikan hias ini terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu Scleropages Jardini cenderung lebih gelap dan Scleropages leichharti yang berwarna lebih terang.

Arwana Afrika


Arwana Afrika atau Heterotis niloticus terlihat lebih mirip dengan jenis keluarga Arapaima gigas. Bentuk kepalanya lebih terlihat bundar daripada jenis lainnya. Sirip di badannya berwarna abu-abu, coklat, atau perunggu. Banyak terdapat di sungai-sungai daerah Afrika bagian timur. Diantaranya dari Senegal, Kamerun, Gambia.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP