Berbagai Ilmu Pasti yang Bisa Kita Pelajari

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Grand Canyon sunrise; Shutterstock ID 82636663; PO: website; Job: hillary Leo; Client: web
Daftar Topik

Ilmu pasti itu banyak dipelajari oleh semua orang. Ilmu pasti atau ilmu alam (natural sciences atau ilmu pengetahuan alam) merupakan istilah yang mengacu pada rumpun ilmu yang objeknya berupa benda-benda alam dengan hukum-hukum pasti, bersifat umum, serta berlaku kapan saja dan di mana saja.

Sementara itu, sains atau science berasal dari kata Latin, scientia, yang artinya adalah ‘pengetahuan’. Rumusan lainnya tentang sains juga diungkapkan oleh Sund dan Trowbridge. Keduanya mengatakan bahwa sains adalah kumpulan dari pengetahuan dan proses. Tokoh lainnya bernama Kuslan Stone mengatakan bahwa sains merupakan kumpulan pengetahuan, cara-cara untuk memperolehnya, serta cara menggunakan pengetahuan tersebut.

Sains sebagai proses adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk melakukan penelitian dengan tujuan mendapatkan penjelasan lengkap tentang gejala-gejala alam. Langkah-langkah tersebut meliputi perumusan masalah, perumusan hipotesis, membuat eksperimen, pengumpulan data, melakukan analisis, dan terakhir menyimpulkan. Dari sinilah terlihat bahwa karakteristik dasar dari sains adalah kuantifikasi. Artinya, gejala alam bisa bersifat kuantitas.

Intinya, ilmu pasti ini mempelajari faktor-faktor fisik dan non manusia tentang Bumi serta alam di sekitarnya. Nah, ilmu-ilmu alam ini akan membentuk landasan bagi ilmu terapan. Keduanya dibedakan dari ilmu humaniora, sosial, seni, dan teologi. Sementara itu, matematika tidak termasuk dalam ilmu pasti, tetapi dipakai sebagai perangkat atau kerangka kerja yang dipakai dalam ilmu-ilmu alam.

Di sekolah, ilmu alam diajarkan secara umum pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Perlu diketahui bahwa tingkat ilmu ini sangat tinggi, sebab objeknya konkret. Oleh sebab itulah, ilmu alam sering disebut juga dengan ilmu pasti. Selain pemakaian istilah secara tradisional, istilah ilmu alam kini terkadang dipakai lebih cocok untuk menyebut biologi, terlibat di dalam proses-proses biologis, serta berbeda dari ilmu fisik (berhubungan dengan hukum-hukum fisika serta kimia yang mendasari alam semesta).

Cabang-cabang Utama Ilmu Pasti


Apa saja cabang-cabang dari ilmu alam ini? Ini dia cabang-cabang utama yang ada di dalam ilmu alam.

1. Astronomi


Astronomi merupakan cabang ilmu alam yang berhubungan dengan pengamatan benda-benda langit seperti planet, bintang, nebula, komet, gugus bintang, dan galaksi. Selain itu, dipelajari pula tentang berbagai fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi seperti radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB).

Secara pokok, ilmu Astronomi mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit yang meliputi sifat fisika atau kimia, asal-usul, meteorologi, serta gerak. Diulas juga bagaimana pengetahuan tentang benda-benda tersebut mampu menjelaskan pembentukan serta perkembangan alam semesta.

Sebagai sebuah ilmu, astronomi adalah yang tertua. Hal ini berdasarkan artefak-artefak astronomis yang berasal dari masa prasejarah seperti monumen-monumen dari Mesir dan juga Nubia atau ada juga Stonehenge dari Britania. Selain itu, orang-orang dari peradaban awal seperti Babilonia, Cina, Yunani, India, dan juga Maya, diketahui sudah melakukan pengamatan metodologis atas langit malam. Walaupun mempunyai sejarah yang sangat panjang, ilmu ini baru bisa berkembang menjadi salah satu cabang ilmu pengetahuan modern setelah ditemukannya teleskop.

2. Biologi


Biologi atau nama lainnya ilmu hayat merupakan sebuah ilmu yang membahas tentang aspek fisik kehidupan. Istilah “biologi” diambil dari bahasa Belanda, biologie. Selain itu, juga diturunkan dari gabungan dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu bios (hidup) dan logos (ilmu). Sementara itu, istilah “ilmu hayat” diambil dari bahasa Arab yang artinya “ilmu kehidupan”. Lalu, objek kajian biologi pada saat ini luas sekali dan meliputi semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupan.

Beragam cabang biologi mengkhususkan kajian pada setiap kelompok organisasi seperti misalnya botani (ilmu tentang tumbuhan), mikrobiologi (ilmu yang membahas tentang jasad renik), dan zoologi (ilmu yang mempelajari tentang hewan). Berbagai aspek kehidupan pun dikaji dalam biologi. Ciri-ciri fisik bagian tubuh dipelajari di dalam anatomi dan morfologi, sedangkan fungsinya diulas di dalam fisiologi.

Perilaku hewan dipelajari di dalam etologi. Sementara itu, perkembangan ciri fisik makhluk hidup dalam jangka waktu panjang dipelajari di dalam evolusi, sedangkan pertumbuhan serta perkembangan dalam siklus kehidupan dipelajari di biologi perkembangan. Lalu, interaksi antar sesama makhluk dengan alam sekitar dipelajari dalam ekologi, yaitu mekanisme pewarisan sifat yang bermanfaat untuk menjaga kelangsungan hidup jenis makhluk hidup tertentu.

3. Ekologi


Ekologi merupakan sebuah ilmu yang membahas tentang interaksi antara organisme, lingkungan, dan yang lainnya. Ekologi pun dimaknai sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antarmakhluk hidup ataupun interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Pembahasan cabang ilmu ini tak lepas dari ulasan ekosistem dengan berbagai macam komponen penyusunnya seperti faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik di antaranya adalah air, suhu, kelembaban, topografi, dan cahaya.

Sementera itu, faktor biotik yaitu makhluk hidup yang terdiri atas manusia, tumbuhan, hewan, serta mikroba. Ekologi pun berkaitan erat sekali dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup seperti komunitas, populasi, serta ekosistem yang saling mempengaruhi sekaligus merupakan sistem yang memperlihatkan kesatuan.

Ekologi adalah cabang ilmu yang bisa dikatakan masih baru dan baru muncul pada 1970-an. Walaupun begitu, cabang ilmu ini memiliki pengaruh sangat besar bagi cabang biologinya. Ekologi mengulas bagaimana makhluk hidup mampu mempertahankan kehidupannya dengan cara berhubungan antar makhluk hidup dengan benda mati di lingkungannya.

4. Fisika


Fisika merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang alam dalam makna terluas. Dalam hal ini, fisika mempelajari gejala alam yang tak hidup atau berupa materi dalam lingkup ruang dan juga waktu. Sementera itu, para ahli fisika atau disebut fisikawan mempelajari perilaku serta sifat materi dalam bidang yang begitu beragam, mulai partikel submikroskopis yang membentuk semua materi (fisika partikel) sampai perilaku materi alam semesta sebagai sebuah satu kesatuan kosmos.

Sejumlah sifat yang diulas di dalam cabang ilmu ini adalah sifat yang ada di dalam seluruh sistem yang ada seperti hukum kekekalan energi. Sifat seperti ini disebut dengan hukum fisika. Fisika sering juga disebut dengan ilmu paling mendasar, sebab setiap ilmu alam yang lain (biologi, geologi, kimia, dan lain sebagainya) mempelajari jenis sistem materi khusus yang berpatokan pada hukum fisika.

5. Geologi


Geologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bumi, struktur, komposisinya, sejarah, sifat-sifat fisik, serta proses pembentukannya. Sementera itu, orang yang mempelajari geologi dikenal dengan sebutan geolog. Para geolog ini sudah membantu menentukan umur Bumi yang diperkirakan berumur 4.5 miliar tahun.

Selain itu, mereka juga menentukan bahwa kulit bumi itu terpecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak tepat di atas mantel setengah cair lewat proses bernama tektonik lempeng. Para geolog pun membantu menemukan serta mengatur sumber daya alam yang tersedia di bumi seperti batu bara, minyak bumi, besi, uranium, dan tembaga.

Pencarian lainnya adalah mineral-mineral yang mempunyai nilai ekonomi tinggi seperti asbestos, mika, perlit, fosfat, tanah liat, kuarsa, zeolit, silica, dan pumis. Ada juga elemen yang lain seperti belerang, helium, dan klorin. Sementara itu, astrogeologi merupakan aplikasi Ilmu Geologi tentang planet yang lain di dalam sistem tata surya (solar sistem). Tapi, istilah khusus lain seperti areologi (pelajaran yang membahas tentang planet Mars), selenology (pelajaran yang membahas tentang bulan), dan lain sebagainya pun dipakai.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP