Berat Badan Ideal untuk Bayi 0-12 Bulan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
berat-ideal-bayi
Daftar Topik

Berat Badan Ideal untuk Bayi – Punya bayi dengan badan yang gembil mungkin menjadi impian sebagian ibu di Indonesia. Namun sebaiknya, berat badan bayi harus selalu ditimbang dan ditinjau. Agar sesuai dengan berat badan normal anak seusianya dan tidak menimbulkan resiko penyakit. Kali ini Blog elevenia akan membahas mengenai berat bayi yang ideal sesuai umur dan jenis kelaminnya.

Bayi 0 bulan

Bayi laki-laki yang baru lahir (0 bulan) memiliki berat ideal 2,5 hingga 4,4 kg. Sedangkan bayi perempuan usia ini memiliki berat ideal yang lebih ringan. Yaitu 2,4 hingga 4,2 kg.

Bayi 1 bulan

Pada usia ini, pertumbuhan dan perkembangan bayi mulai terlihat. Sehingga beratnya pun bertambah. Bayi laki-laki usia 1 bulan memiliki berat ideal mulai dari 3,4 sampai 5,8 kg. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat ideal 3,5 sampai 5,5 kg.

Bayi 2 bulan

Di usia 2 bulan, berat bayi akan terus bertambah. Bayi laki-laki memiliki berat ideal mulai dari 4,3 hingga 7,1 kg. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat ideal mulai dari 3,9 hingga 6,6 kg.

Bayi 3 bulan

Usia 3 bulan menjadi usia yang menarik untuk perkembangan bayi. Pasalnya, di usia ini bayi sudah mulai belajar meraih benda-benda yang ada di sekitarnya. Adapun berat ideal bayi laki-laki usia ini adalah 5,0 hingga 8,0 kg. Sedangkan untuk bayi perempuan 4,5 hingga 7,5 kg.

Bayi 4 bulan

Pada usia ini, kemampuan bayi terus bertambah. Salah satunya ialah bayi mulai berceloteh. Berat ideal bayi laki-laki usia ini ialah 5,6 hingga 8,7 kg. Sedangkan untuk bayi perempuannya ialah 5,0 hingga 8,2 kg.

Bayi 5 bulan

Di usia 5 bulan, tulang punggung bayi semakin kuat. Sehingga sudah mulai bisa duduk. Umumnya, bayi laki-laki memiliki berat ideal 6,0 hingga 9,3 kg. Adapun berat bayi perempuan yang ideal ialah 5,5 hingga 8,8 kg.

Bayi 6 bulan

Makanan pendamping ASI (MPASI) dianjurkan untuk diberikan mulai usia 6 bulan. Adapun berat badan ideal bayi laki-laki ialah 6,4 sampai 9,8 kg. Sedangkan berat badan yang ideal untuk bayi perempuan ialah 5,7 hingga 9,3 kg.

Baca Juga: Manfaat Susu SGM Ananda 6-12 bulan, Sudah Tahu?

Bayi 7 bulan

Bayi sudah mulai belajar merangkak di usia ini. Selain itu, bayi juga sudah dapat diperkenalkan dengan cangkir minum (sippy cup). Berat ideal untuk bayi laki-lakinya ialah 6,7 hingga 10,3 kg. Sedangkan untuk bayi perempuan yaitu 6,0 hingga 9,8 kg.

Bayi 8 bulan

Usia 8 bulan menjadi permulaan bayi belajar berdiri sendiri. Rata-rata bayi laki-laki usia ini memiliki berat ideal 6,9 hingga 10,7 kg. Sedangkan bayi perempuan memiliki berat ideal 6,3 hingga 10,2 kg.

Bayi 9 bulan

Umur 9 bulan juga ditandai dengan perkembangan kemampuan sosialisasi bayi terhadap lingkungannya. Adapun berat ideal bayi laki-lakinya ialah 7,1 sampai 11,0 kg. Sedangkan untuk bayi perempuannya ialah 6,5 hingga 10,5 kg.

Bayi 10 bulan

Pada tahap ini, bayi sudah lebih pandai dalam meniru emosi yang ditunjukkan orang-orang di sekitarnya. Berat ideal untuk bayi di usia ini adalah 7,4 hingga 11,4 kg. Sedangkan untuk bayi perempuan ialah 6,7 hingga 10,9 kg.

Bayi 11 bulan

Bayi usia 11 bulan sudah memiliki otot kaki yang cukup kuat. Itu sebabnya di usia ini bayi sudah semakin mahir berdiri dan mulai berjalan sendiri. Pada bayi laki-laki berat ideal untuk usia ini ialah 7,6 hingga 11,7 kg. Sedangkan bayi perempuannya adalah 6,9 hingga 11,2 kg.

Bayi 12 bulan

Pada usia ini bayi sudah memasuki masa awal masa emas perkembangannya. Umumnya, bayi usia ini sudah dapat makan sendiri meskipun masih berantakan. Untuk usia ini bayi laki-laki memiliki berat ideal mulai dari 7,7 hingga 12,0 kg. Sedangkan untuk bayi perempuan berat badan yang ideal ialah 7,2 hingga 11,5 kg.

Untuk lebih lengkapnya, dapat digambarkan dengan tabel di bawah ini:

tabel-berat-ideal-bayi

Selain melihat tabel diatas, kamu juga bisa melihat berat ideal bayi pada Kartu Menuju Sehat (KMS) Posyandu.

kartu-menuju-sehat

Itu dia ulasan tentang berat badan ideal untuk bayi. Semoga bermanfaat untuk kita semua, ya.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP