Beragam Manfaat dan Efek Samping Buah Sawo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Sawo merupakan buah yang dikenal dengan warnanya yang coklat dan tekstur daging buahnya yang lembut. Namun tahukah kamu? Jika buah sawo punya banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita? Terlebih pohon buah sawo tumbuh sangat subur di Indonesia sehingga tidak akan kesulitan untuk menemukan buah yang satu ini di Indonesia.

Dibalik semua manfaat yang ditawarkan oleh buah sawo, buah yang satu ini ternyata memiliki efek samping untuk beberapa orang. Namun sebelum itu, kita tentu harus tahu terlebih dahulu manfaat dari buah sawo itu sendiri.

Manfaat Buah Sawo yang Luar Biasa

Membantu Dalam Pembentukan Sel Darah merah

Dalam 100 gram sawo terdapat 1 mg zat besi. Kandungan zat besi ini sangatlah baik untuk membantu tubuhmu dalam memproduksi sel-sel darah merah. Seperti yang diketahui, kurangnya dalam merah dalam tubuh ternyata dapat menyebabkan penyakit anemia, di mana penderitanya akan mudah lelah, lemas dan pusing. Zat besi yang terkandung dalam sawo pun ternyata dapat membantu dalam melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang Kamu

Dalam sawo terdapat kalsium dan fosfor yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tulang kamu. Setidaknya dalam 100 gram sawo, ada 25mg kalsium dan 12mg fosfor. Untuk itulah buah sawo sangat ampun untuk mencegah osteoporosis.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Seperti buah-buahan dan sayuran lainnya, sawo pun sangat kaya aman vitamin A. Apabila kamu dalam sehari mengkonsumsi 100 gram sawo, maka vitamin A yang sudah kamu konsumsi sebanyak 60UI. Dengan mudahnya buah sawo ini didapat, tentu kamu tidak akan sulit lagi dalam menjaga kesehatan matamu.

Menjaga Kecantikan Kulit

Kandungan vitamin E dalam sawo sangatlah tinggi. Inilah mengapa sawo sangat baik untuk kecantikan kulit. Dengan mengkonsumsi sawo kamu bisa tampil lebih muda dan cantik, karena seperti diketahui vitamin E sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita, seperti mencegah penuaan dini, menjaga kelembabapan kulit, menghilangkan kulit kusam, melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, sampai meningkatkan elastisitas kulit. Sawo pun dapat mempercepat penyembuhan luka.

Bagus Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil, utamanya yang masih dalam trimester awal, pasti sering mengalmai yang namanya mual dan muntah. Nah untuk mengatasi hal ini, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah sawo. Sebab, kandungan vitamin B yang terdapat dalam buah sawo dapat mengurangi dampak dari morning sickness. Tak hanya itu, buah sawo pun dapat membantu dalam melancarkan pencernaan dengan baik dan tentunya sangat berguna bagi ibu hamil yang sering mengalami sembelit.

Sangat baik Untuk Pertumbuhan Anak

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan tentu akan memerlukan banyak asupan protein tinggi supaya mereka bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan sehat. Ternyata buah sawo mengandung protein yang cukup tinggi, untuk itu anak-anak disarankan untuk mengkonsumsi sawo agar tetap aktif, dan memiliki tulang yang baik.

Mengobati Batuk Pilek

Saat batuk pilek menyerang, rongga hidung sampai saluran pernafasan kamu akan sangat terganggu dengan keberadaan dahak dan lendir. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengkonsumsi buah sawo. Sebab, dalam buah sawo terkandung ekspektoran yang membantu dalam menyingkirkan dahak dan lendir tersebut. Dengan begitu dahak dan pilek kamu dapat sedikit reda.

Khasiat Daun, Getah dan Kulit Sawo

Ternyata, tak hanya buahnya saja yang berguna untuk kesehatan tubuh. Sebab, daun, getah dan kulit sawo ternyata mengandung gizi yang cukup tinggi menjaga kesehatan tubuh. Daun sawo biasanya dijadikan sebagai pengobatan radang mulut dan rematik. Sementara, kulitnya dapat menghentikan diare dan gangguan paru-paru karena mengandung tanning. Yang terakhir, getahnya dapat dijadikan sebagai bahan untuk menambal gigi yang rusak.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat yang dimiliki oleh buah sawo, kini kita pun harus mengetahui beragam bahaya dan efek samping dari buah sawo ini untuk beberapa orang dengan keadaan tertentu, seperti di bawah ini:

Efek Samping Buah Sawo yang Patut Diwaspadai

Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Kandungan gula yang terdapat pada sawo akan memberikan dampak buruk bagi penderita diabetes. Untuk itu, penderita diabetes tak disarankan mengkonsumsi buah-buahan dengan kadar gula tinggi, salah satunya adalah sawo. Kandungan gula yang tinggi dapat berakibat fatal untuk penderita diabetes seperti misalnya, kerusakan saraf, penyakit jantung, kebutaan sampai kematian.

Tidak Sesuai Untuk Anak Di Bawah Umur 1 Tahun

Anak yang baru saja beradaptasi dengan Makanan Penunjang Air Susu Ibu atau MPASI, tak disarankan untuk mengkonsumsi sejumlah buah-buahan dengan kandungan gula yang tinggi. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada kondisi sang anak, di mana nantinya anak hanya akan tertarik pada sesuatu yang manis saja. Jika sudah begini, rasa sayur pun akan lebih hambar di lidah anak-anak. Untuk itu berikan anak buah lain seperti pir, apel atau buah lainnya yang tidak terlalu manis.

Itulah sejumlah manfaat dan juga efek samping yang akan ditimbulkan oleh buah sawo. Untuk itu, konsumsilah buah sawo dengan bijak supaya tidak menimbulkan efek samping. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA