Beragam Kreasi Kerajinan dari Pita Kain yang Bisa Kamu Pratikkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1810-pita kado
Daftar Topik

Pita merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai hiasan. Adapun hiasan yang dapat dikreasikan menggunakan pita terdiri dari berbagai macam cara. Hal tersebut juga didasarkan pada tujuan dari pembuatan kreasi dengan pita.

Dalam hal ini pita dapat digunakan untuk berbagai macam aksesoris mulai dari pakaian, membungkus kado, kerajinan tangan, ikat rambut, dan lain sebagainya. Adapun diantara cara yang dapat dilakukan untuk membuat kreasi dari pita dapat dipahami beberapa ulasan berikut ini.

Membuat Hiasan Pita Dasar


Beragam Kreasi Kerajinan dari Pita Kain yang Bisa Kamu PratikkanCara pembuatan kreasi pita ini dapat dikatakan sebagai cara yang mudah untuk dilakukan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong bahan pita cukup panjang. Hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai prosesnya yaitu agar bentuk pita dapat diatur dengan mudah. Maka selalu beri ukuran tambahan serta ekor pita yang cukup panjang. Langkah awal adalah diamkan pita secara mendatar pada permukaan rata.

Langkah selanjutnya yaitu kedua ujung dari pita dipertemukan menjadi satu menuju bagian tengah. Lakukan langkah ini hingga dapat terbentuk 2 lingkaran. Setelah itu atur 2 ekor pita apabila tidak terlihat bentuknya sehingga dapat membentuk dua lingkaran. Atur sedemikian rupa agar terlihat rapi dengan menyesuaikan proporsinya serta periksa kedua lingkaran dan ekor pita.

Dalam hal ini pastikan kedua tampilan tersebut memiliki ukuran serta panjang yang diinginkan dengan bentuk yang simetris. Langkah selanjutnya adalah melipat lingkaran pada bagian kiri hingga melewati lingkaran bagian kanan.

Langkah tersebut dapat dilakukan melalui bagian belakang serta lubang tengah. Langkah selanjutnya adalah dapat langsung menarik bagian tengahnya kuat-kuat.hiasan pita sederhana sudah jadi dan dapat digunakan sebagai aksesoris

Membuat Pita Berkawat


Jika ingin menghasilkan kreasi lainnya maka dapat dilakukan dengan membuat pita berkawat. Adapun hasil kreasi ini nantinya  akan dapat digunakan sebagai hiasan pembungkus kado, aksesoris, rangkaian bunga, dan dekorasi pesta.

Langkah awal dilakukan dengan memotong sehelai pita kemudian menghamparkannya di permukaan datar. Kemudian buatlah dua lapis pita dengan cara membawa kedua sisi pita kebagian tengah sehingga saling tumpang tindih. Pastikan untuk dapat menyesuaikan sebagian ujung pita yang berfungsi sebagai ekornya dengan tetap memegang bagian tengah agar tidak lepas.

Langkah selanjutnya adalah membungkus serta menyembunyikan kawat yang dilakukan dengan melilitkan di bagian tengah-tengah pita. Kawat tersebut dapat dibalut menggunakan pita atau selotip untuk dapat menyembunyikannya.

Langkah selanjutnya adalah menjahit atau memberikan lem kepada pita agar tidak terlepas. Setelah itu sesuaikan antara lengkungan dan ekor pita agar keduanya terlihat simetris. Kemudian kamu dapat memasangkan pita berkawat untuk aksesoris tertentu seperti kado, jepit rambut, hingga rangkaian bunga.

Membuat Hiasan Pita dari Bahan Grosgrain


Kreasi yang dibuat dari peta dengan cara ini dapat digunakan untuk menghias kotak kado seperti yang terlihat pada umumnya. Langkah pertama adalah mengukur serta melilitkan pita. Berdasarkan hal tersebut pita dengan bahan grosgrain dapat dipotong dengan panjang sekitar 2 meter.

Kemudian pita dapat dililitkan pada kotak kado dengan cara memanjang mengelilinginya. Agar terikat dengan rapat gunakan perekat atau lem pita untuk dapat menyatukan kedua ujungnya. Setelah itu kamu dapat melanjutkan langkah ini dengan membuat hiasan yang berasal dari kedua ekor pita sehingga akan membentuk lingkaran-lingkaran pita.

Letakkan lingkaran yang terbentuk tersebut menuju bagian tengah dan tahan dengan jari. Kemudian bentuk lipatan pada sudut yang dapat dibuat saat lingkaran diletakkan. Setelah itu lipat kembali hingga membentuk lingkaran yang lain dan rekatkan menggunakan pita perekat atau lem.

Kemudian buatlah lingkaran lebih banyak dengan cara membawa ujung ekor yang satunya menuju ke bagian tengah. Ulangi hingga membentuk 3 lingkaran. Atur sedemikian rupa hingga posisinya berada pada bagian tengah lalu rekatkan dan hiasan pita sudah jadi.

Membuat Hiasan Bunga dari Pita


Hiasan lainnya yang dapat dibuat dari peta adalah berbentuk bunga yang dapat digunakan untuk  hiasan kado, aksesoris, atau dekorasi. Sama seperti langkah-langkah sebelumnya cara ini dilakukan dengan memotong bahan pita dengan panjang ukuran yaitu 115 cm. Kemudian dilanjutkan dengan membuat lingkaran berukuran 2,5 cm yang berasal dari ujung pita sepanjang 20 cm.

Untuk dapat menahannya kamu dapat menjepitnya diantara ibu jari dan telunjuk. Buatlah lingkaran yang sama pada sisi yang kanan dan lanjutkan dengan membuat lingkaran secara bergantian pada sisi kiri menggunakan cara yang sama. Lakukan hingga terbentuk 3 sampai 5 pasang lingkaran.

Kemudian ikat hiasan pita dengan cara melilitkan kawat tipis pada sekeliling bagian tengah pita dan potongan kawat yang berlebih dan sembunyikan dengan cara melilitkan pita di atasnya. Kamu dapat melakukannya dengan cara menjahit atau merekatkan pita tersebut. Langkah terakhir yaitu mengatur lingkaran secara membulat sehingga membentuk tampilan seperti bunga dengan cara kembangkan lingkaran-lingkaran tersebut

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat hiasan dari pita dengan sangat mudah. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! INILAH PILIHAN DENGAN KADO HARGA 50 RIBUAN

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP