Beragam Jenis Ikan Cupang Betta

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ikan cupang
Daftar Topik

Ikan cupang hias atau dengan nama lain betta sp ini yang pernah booming di awal tahun 2000 seakan menjadi primadona baru di dunia ikan hias air tawar. Bagaimana tidak, ikan cupang memiliki gaya khas yang atraktif, keindahan nya muncul jika ikan ini sedang marah, maka akan sangat indah ketika dia mengembangkan sirip siripnya.Dan satu lagi yang membuat ikan ini menarik yaitu bermacam warnanya yang sangat banyak membuat orang tidak akan bosan melihatnya.

Ikan Cupang Crowntail


Bicara tentang ikan cupang hias, Indonesia sendiri sudah mencetak cupang jenis Crowntail / serit. Cupang asli Indonesia ini pertama dicetak sekitar tahun 90 an oleh Pak Ahmadi seorang breeder dari Slipi jakbar. walau cupang serit jaman itu masih belum sebagus sekarang, tetapi merupakan sebuah kebanggan sendiri bagi beliau karena telah mencetak strain baru di dunia ikan cupang. Hingga kini cupang serit pun masih menjadi kebanggan Indonesia termasuk hobbies mancanegara yang mempunyai kekaguman tersendiri terhadap jenis crowntail ini

Ikan Cupang Plakat


P

ada awalnya ikan ini dibawa ke Indonesia dan diperkenalkan oleh 3 pemain kawakan yakni Henry gunawan, Hermanus Haryanto & Joty Admadjaya. Pada waktu itu bertepatan dengan kontes pagelaran Inbs Award di Gajah Mada Plaza pada tahun 2003. Tetapi karena strain yang masih baru, maka pada saat itu kelas plakat dimasukkan dalam kelas ekshibisi. Pada waktu itu plakat sengaja diperkenalkan untuk menghidupkan kembali ikan cupang yang mulai surut akibat boomingnya louhan.

Ikan Cupang Halfmoon


Ikan cupang Halfmoon dengan sirip sirip nya yang lebar dan anggun menyerupai kipas, Ikan cupang jenis ini pertama kali dibudidayakan di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982. di awal nya dulu ikan cupang jenis ini belum semenarik sekarang, wajar saja karena seiring bertambahnya jaman seleksi indukan pun terus ditingkatkan sehingga menyerupai halfmoon yang seperti bisa lihat sekarang.

Ikan Cupang Giant / Giant Betta


Lain lagi jika membicarakan jenis cupang yang satu ini, Giant betta sp, dari penamaannya saja pasti sudah bisa menebak ikan cupang raksasa. Berawal dari Mr.Athapon pemilik Diamond fish farm. pada tahun 2001 secara kebetulan beliau menemukan ikan cupang sepanjang 4 inch di kolamnya atau sekitar 10 cm, lalu beliau mempunyai ide untuk mengembangkan genetik tersebut. Di tahun berikutnya uncle sala mulai mengikut serta kan giant betta nya pada kontes Ibc di USA, dan pada waktu itu juga giant betta tersebut laku seharga $1000!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP