Home Editor's Choice Hobby Beginilah Cara Merawat Kelinci yang Baru Lahir

Beginilah Cara Merawat Kelinci yang Baru Lahir

0
Beginilah Cara Merawat Kelinci yang Baru Lahir
Source: PetPonder

Kelinci merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya. Kelinci juga merupakan salah satu hewan vertebrata yang termasuk dalam famili leporidae. Penyebaran kelinci sendiri cukup merata di beberapa kawasan dunia. Kelinci bisa bereproduksi dengan cepat dan dengan jumlah besar. Hal tersebut dapat kamu lihat dari data-data tentang biologis kelinci pada tabel berikut ini,

Proses perkembangbiakan kelinci yang cepat namun tidak berarti anak kelinci menjadi banyak. Pada umumnya anak kelinci mati pada umur awal karena mereka memiliki ketahanan badan yang rentan. Bagi kamu yang sedang proses mengembangbiakkan kelinci berikut yang dapat kamu terapkan agar anak kelinci yang baru lahir bisa hidup.

Cara Merawat Kelinci yang Baru Lahir


Source: PetPonder
  1. Menjaga kestabilan tubuh pada induk si kelinci, jangan biarkan induk kelinci mengalami stress yang bisa menyebabkan kanibalisme.
  2. Jangan pernah menyentuh bayi kelinci yang baru lahir, karena ada sebagian kelinci yang tidak mau menyusui anaknya sesudah dipegang oleh tangan manusia.
  3. Perlakuan yang spesial dan penuh perhatian sangat diperlukan untuk anak kelinci yang baru lahir. Perlakuan yang buruk akan menyebabkan kelinci menjadi kanibal. Sebenarnya mengenai perlakuan istimewa pada anak kelinci, hanya induk kelinci yang bisa melakukannya.
  4. Memperhatikan jumlah anak kelinci yang lahir. jumlah puting susu yang dimiliki kelinci hanyalah delapan. Apabila kelinci memiliki anak lebih dari delapan maka, kamu harus memberikan susu pada anak kelinci yang lebih dari delapan tersebut. Ada cara-cara khusus dalam pemberian susu pada anak kelinci yaitu dengan mengisolasi anak kelinci itu dari induknya.
  5. Keadaan cuaca atau udara harus sangat diperhatikan pada saat kelahiran anak kelinci. Karena, kelinci yang baru lahir memiliki bulu yang sangat tipis dan pastinya rentan terhadap udara disekitarnya. Oleh karena itu, kamu harus menyediakan kandang yang nyaman bagi kelinci baru lahir dengan suhu ruang yang tetap stabil.
  6. Melakukan pemeriksaan pada anak kelinci dengan telaten dan cermat. Pemeriksaan ini berguna untuk mengecek keadaan anak kelinci dalam keadaan sehat, cacat atau mati. Umumnya pengecekan dilakukan dua hari setelah kelahiran kelinci.
  7. Menjaga bayi kelinci dari pemangsa sejenis predator. Predator dalam hal ini bukan berarti predator yang besar dan menakutkan. Tetapi predator-predator kecil yang dapat membuat kelinci gatal atau terluka karena bulunya yang sangat tipis.
  8. Menjaga dan merawat kandang. Perawatan kandang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjauhkan kandang dari panas matahari, adanya sirkulasi udara yang bagus pada kandang, membuang kotoran kelinci secara rutin agar tidak mengendap dan menyebabkan kandang tidak sehat untuk perawatan anak kelinci.

Beberapa kendala yang kerap ditemui saat kelinci baru lahir adalah terdapat pada induk kelinci yang terkadang tidak mampu memberikan asupan susu pada anaknya sehingga anak kelinci akan kelaparan dan mati pada akhirnya. Selain itu, wabah penyakit juga sering menjangkit hewan ini.

Cara mengatasi wabah penyakit sangatlah beragam baik dengan cara pembersihan kandang secara rutin ataupun memberikan asupan nutrisi yang baik pada kelinci sehingga memiliki ketahanan tubuh yang kuat.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk merawat anak kelinci agar tetap sehat dan hidup. Selanjutnya yaitu proses perkembangan anak kelinci.

Perkembangan Anak Kelinci yang Baru Lahir


Source: Elsetge Cat
  1. Pada minggu  pertama, menjaga induk kelinci agar tetap sehat dan mau menyusui anaknya. Selain itu kondisi kandang yang tidak nyaman juga membuat induk kelinci tidak nyaman akhirnya tidak mau menyusui anaknya.
  2. Pada minggu kedua, memperhatikan asupan susu dari induk. Kamu bisa memberikan asupan susu yang cukup bagi anak kelinci dengan cara melihat perut si anak kelinci. Apabila perutnya sudah membesar maka asupan susunya sudah cukup. Tapi, jika perut si anak kelinci masih kecil, berarti masih memerlukan asupan susu.
  3. Pada minggu ketiga, anak kelinci sudah bisa melihat dengan membuka mata dan telinganya. Pada sebagian kelinci sudah bisa berjalan. Kelinci yang memiliki perkembangan sangat cepat, disebabkan oleh asupan susu dari sang induk. oleh karena itu, kamu harus memperhatikan asupan susu yang didapat oleh anak kelinci.
  4. Minggu keempat dan seterusnya, pada minggu keempat artinya anak kelinci memasuki usia satu bulan, kamu tetap memperhatikannya namun dengan santai. Karena pada umumnya kelinci yang memasuki usia satu bulan sudah mulai bisa berlari dan berebut makanan secara rakus. Pada usia satu tahun ini, induk kelinci dengan perlahan atau sedikit demi sedikit melakukan penyapihan pada anak kelinci.

Itulah beberapa cara dalam merawat anak kelinci yang baru lahir. bagi kamu yang suka kelinci dan memiliki kelinci, cara tersebut dapat kamu gunakan agar saat bayi kelinci dilahirkan kamu bisa melihatnya tumbuh dan berkembang. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MERAWAT ANJING YANG BENAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here