Begini Cara Menghitung Diskon yang Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Begini-Cara-Menghitung-Diskon-Yang-Benar[1]
Daftar Topik

Berbelanja merupakan sesuatu yang sangat menarik memang. Apalagi saat awal bulan dan baru saja gajian. Kegiatan ini akan menjadi pilihan banyak orang karena keuangan sedang bagus-bagusnya. Apalagi jika berbelanja di tempat yang sering sekali menawarkan diskon. Bahkan ada banyak diskon besar-besaran yang bisa Anda dapatkan ketika berbelanja ini dan itu. Baik kebutuhan fashion maupun kebutuhan pokok sehari-hari.

Dalam hal ini mungkin Anda adalah salah satunya yang menyukai kegiatan berbelanja. Pastinya Anda pun memiliki langganan tempat belanja sendiri bukan. Namun, sebenarnya jika Anda adalah orang yang juga senang mengejar diskon, harus mulai banyak berhati-hati. Hal ini karena bisa jadi Anda akan terkecoh oleh tawaran diskon yang ada karena tidak mencermatinya dengan baik sehingga perhitungan Anda terhadap harga salah satu barang pun ikut keliru.

Melihat pada kenyataan ini, maka sangat penting tentunya untuk mengenal bagaimana cara menghitung diskon yang baik, benar, cepat dan mudah. Selain  latihan, ternyata untuk mempermudah memahaminya ada caranya juga loh. Penasaran bagaimana caranya? Nah, untuk mengetahuinya silahkan Anda simak ulasannya berikut ini tentang cara menghitung diskon.

Cara Menghitung Diskon Yang Benar

Promo Cashback

Diskon jenisnya ada banyak sekali. Dan dalam memilih baran yang sedang dalam kategori diskon atau promo, Anda perlu mencermati jenis diskon apa yang sedang di tawarkan. Sedangkan salah satu jenis yang banyak di temui salah satunya adalah promo cashback. Yang membuat banyak yang tergiur dengan promo jenis ini adalah karena mereka menyangka bahwa akan mendapat uang tunai, padahal mayoritas yang di berikan adalah voucher. Sedangkan promo ini bisa jadi tidak menguntungkan karena belum tentu voucher barang yang di berikan bermanfaat dan sedang Anda butuhkan.

Diskon Untuk Pembelian Selanjutnya

Selanjutnya tidak jarang pula Anda akan mendapatkan diskon untuk pembelian barang selanjutnya. Presentase yang banyak di gunakan untuk ini adalah 50 %. Jadi, mereka akan menawarkan potongan harga 50 % jika Anda membeli barang lagi dengan jenis yang sama. Dalam hal ini, perlu Anda ketahui bahwasanya pada dasarnya Anda bukan mendapatkan potongan harga 50 % tetapi untuk dua barang yang Anda beli Anda telah di diskon dengan 25 % harga. Namun tidak semua orang menyadari akan hal ini karena tidak menghitungnya dengan benar dan terlalu senang atas diskon 50 % yang di tawarkan untuk pembelian kedua yang telah dia dapatkan.

Diskon Up To Sekian % All Item

Diskon yang lain bisa juga di tawarkan dengan penawaran diskon sekian % untuk seluruh item yang ada. katakan saja contohnya ada diskon up to 70 % all item. Dalam hal ini mungkin Anda akan tergiur dengan cepat dan mempersiapkan banyak uang untuk membeli banyak barang. Namun, Anda perlu memperhatikan dan menghitung dengan benar bahwasanya tidak semua barang diskonnya 70 %. Bahkan bisa jadi hanya sekitar 10-30 % saja mayoritasnya. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dan menghitung dengan benar harga serta diskonnya ketika sudah membayar sehingga tahu sebenarnya berapa diskon yang Anda dapatkan.

Buy Get Free

Di sebuah toko, mungkin Anda tidak jarang akan menemukan tulisan buy  get free. Biasanya sistem yang di tawarkan adalah setelah Anda membeli beberapa barang maka akan mendapatkan bonus tambahan beberapa barang yang sama. Dalam hal ini cara menghitung diskon bisa dengan cara menjumlah semua barang yang di beli dan menyisakan hitungan untuk jumlah harga bonus yang Anda dapatkan. Memang dalam diskon seperti ini Anda akan mendapatkan cukup banyak presentase diskon. Hanya saja mungkin Anda perlu pikir-pikir kembali untuk membeli barang yang sama dalam jumlah sangat banyak.

Diskon Sekian % + Sekian %

Diskon yang banyak di jumpai lagi adalah yang menawarkan sekian plus sekian. Namun jangan salah paham dalam menghitungnya karena ini bukan berarti kedua presentase itu di jumlah kemudian itulah jumlah diskonnya. Namun, harga pertama akan di diskon sesuai presentase pertama. Kemudian, harga hasil diskonan itu akan di kalikan lagi dengan presentase selanjutnya. Jadi, jangan sampai Anda salah paham dalam menghitung harga diskon saat di sebuah toko.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara menghitung diskon dengan mudah dan cepat. Setelah mengenal beberapa triknya, kini Anda pun akan semakin mudah menangkap maksud penawaran dan memperhitungkan sebenarnya seberapa untung Anda ketika memanfaatkan moment diskon tersebut. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP