Begini Cara Menggunakan Moisturizer yang Benar

0

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat mempengaruhi penampilan. Tampilan yang sempurna dalam hal ini tentu ditandai dengan kesehatan kulit. Dalam hal ini kelembaban kulit merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun hal ini merupakan masalah yang paling umum dijumpai oleh kebanyakan orang.

Oleh karena itu, produk moisturizer menjadi solusi yang tepat dan cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Namun sebagian orang mungkin masih menggunakan moisturizer dengan cara yang kurang tepat. Hal ini tentu akan membuat manfaat dalam penggunaan moisturizer tersebut kurang bisa bekerja secara optimal pada kulit.

Ketentuan-Ketentuan Menggunakan Moisturizer

Sebelum mengetahui cara menggunakan moisturizer yang baik dan benar, maka harus mengetahui terlebih dahulu ketentuan penggunaannya. Ketentuan pertama adalah moisturiser harus digunakan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Selain melembabkan, moisturizer juga berfungsi dalam mencegah iritasi serta efek negatif pada kulit.

Namun hal tersebut akan berlaku jika menggunakan produk moisturizer yang sesuai. Misalkan saja jika banyak melakukan aktivitas di luar ruangan maka moisturizer harus sering digunakan. Selain itu, gunakan produk pendukung lainnya seperti sunblock dengan setidaknya yang mengandung SPF 30. Lakukan hal yang sama jika aktivitas terjadi pada ruangan ber-AC karena hal ini juga akan memberikan efek kering pada kulit.

Ketentuan lain adalah pastikan untuk membersihkan kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan moisturizer. Hal ini sangat penting terutama jika moisturizer diaplikasikan pada wajah. Karena jika tidak dilakukan maka pori-pori kulit akan tersumbat dengan kotoran. Bahkan lebih parah lagi bakteri akan dapat beraktivitas di bawah moisturizer.

Ketentuan selanjutnya dalam penggunaan moisturizer adalah waktu pemakaiannya. Dalam hal ini, menggunakan moisturizer tentu harus dilakukan pada waktu yang tepat. Jika tidak dilakukan maka hasil yang diperoleh dalam penggunaan moisturizer tidak akan maksimal.

Adapun waktu yang tepat dalam menggunakan moisturizer adalah setelah mandi. Pada waktu ini, moisturizer akan lebih mudah untuk terserap melalui pori-pori pada wajah.

Penggunaan Moisturizer Yang Sesuai

Selain itu, penggunaan moisturizer juga harus dilakukan dengan menyesuaikan jenis kulit penggunanya. Dalam hal ini, produk-produk moisturizer yang beredar di pasaran terdiri dari berbagai macam jenis menyesuaikan jenis kulit tertentu. Umumnya terdapat dua jenis kulit yaitu kulit kering dan kulit berminyak pada wajah.

Dalam hal ini, sangat penting untuk mengenali jenis kulit sebelum memutuskan untuk membeli produk moisturizer. Berdasarkan hal tersebut, kulit dengan sifat berminyak akan lebih sesuai jika menggunakan produk moisturizer berbahan dasar air dibandingkan dengan berbahan dasar minyak.

Cara Menggunakan Moisturizer yang Benar

Sebelumnya ketahui terlebih dahulu bahwa penggunaan produk ini harus dilakukan sebelum menggunakan alat kosmetik lainnya. Hal ini dilakukan agar manfaat penggunaannya dapat diperoleh secara maksimal pada kulit.

Sementara itu, cara menggunakan moisturizer yang pertama adalah dengan mengaplikasikannya pada bagian atas yaitu kening atau dahi terlebih dahulu. Dalam hal ini, kebanyakan wanita mungkin mengaplikasikannya mulai dari bagian tengah wajah terlebih dahulu dan dilanjutkan pada bagian sisinya. Perlu diketahui bahwa langkah ini membuat produk moisturizer justru akan teroles secara tidak merata.

Setelah mengoleskannya pada bagian dahi, maka bagian selanjutnya adalah area tengah yaitu diantara kedua alis. Pengolesan dilakukan dengan cara menarik ke atas dan keluar. Selanjutnya oleskan moisturizer pada bagian tengah hidung dengan cara yang sama yaitu mengusap keluar ke arah pipi.

Kemudian pastikan bahwa krim moisturizer juga masuk pada bagian garis halus yang terlihat. Hal ini dapat dilakukan dengan menepuk-nepuk kulit wajah lalu meratakannya dengan gerakan melingkar. Mengoleskan moisturizer pada wajah dapat dilakukan dengan jari manis dan gerakan lembut.

Cara ini dilakukan agar penekanan dan penarikan pada wajah secara berlebihan dapat dicegah. Selain wajah, bagian leher juga merupakan area yang penting untuk dirawat. Hal ini dikarenakan kulit leher juga rentan terhadap tanda-tanda penuaan dini.

Terlebih jika produk moisturizer yang digunakan juga mengandung bahan pencerah kulit. Jika tidak diaplikasikan secara merata pada leher maka akan mengganggu penampilan dengan terlihatnya warna kulit yang berbeda antara wajah dengan leher.

Nah, itulah beberapa ketentuan dan cara menggunakan moisturizer dengan baik dan benar. Dengan mengikuti ketentuan serta langkah penggunaan produk moisturizer seperti diatas, maka manfaat serta kegunaan dari moisturizer itu sendiri akan dapat dirasakan oleh kulit secara optimal. Namun, pastikan juga bahwa produk yang kamu gunakan sudah sesuai dengan jenis kulit yang kamu punya.