Begini Cara Memotong Rambut Pria dengan Mudah di Rumah

0

Memiliki penampilan rapi mempunyai nilai plus tersendiri. Terlebih lagi penampilan rambut bagi seorang pria. Merapikan rambut dengan cara memotongnya bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah loh. Selain hemat biaya, kamu juga bisa lebih leluasa memotongnya sesuai dengan selera. Apalagi di masa wabah ini, memotong rambut sendiri merupakan pilihan yang tepat agar terhindar dari virus.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Memotong Rambut Pria

Eits, tapi sebelum memotongnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil cukuran bagus dan kece.

1. Cuci Rambut


Hal basic pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci rambut. Mencuci rambut akan membuat rambut bersih dan juga basah. Rambut yang basah dinilai lebih mudah untuk diatur dibandingkan ketika rambut kering. Sehingga saat memotong rambut dengan rambut basah akan menghasilkan gaya rambut yang lebih rapi. Jika kamu enggan mencuci rambut, buatlah rambutmu basah dengan menyemprotkan air dari botol semprot.

2. Cermin Besar


Salah satu benda krusial adalah cermin. Akan lebih baik jika kamu menggunakan cermin berukuran besar, sehingga bisa melihat pantulan rambut serta wajah dengan lebih detail. Dengan demikian kamu pun bisa memotong rambut dengan lebih mudah.

3. Siapkan Cermin Berukuran Sedang


Seperti barber shop pada umumnya, cermin kedua dengan ukuran sedang atau kecil biasa dipakai usai proses memotong rambut selesai. Cermin ini berguna untuk melihat rambut sisi belakang yang tidak mampu dijangkau oleh cermin besar.

4. Alat Cukur


Pastikan kamu memiliki alat cukur, setidak sisir jari dan gunting. Akan jauh lebih baik jika gunting akan digunakan adalah gunting khusus rambut. Jika ingin lebih simple kamu bisa menggunakan hair clipper.

5. Kain / Plastik


Agar rambut bekas cukur tidak masuk ke badan dan membuat badan mu gatal, pakailah kain atau plastik untuk melindungi baju dan badan.

 

Cara Memotong Rambut Pria di Rumah

Setelah kamu melakukan dan menyiapkan hal-hal di atas, kini saatnya untuk mulai mencukur rambut. Step-step dalam memotong rambut pria sendiri di rumah adalah sebagai berikut:

Memotong Rambut Bagian Samping


Pertama-tama sisir rambut samping ke bawah. Jika kamu menggunakan gunting, pegang gunting di tangan kanan sedangkan tangan kiri untuk memegang sisir. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan hair clipper pada saat memotong rambut bagian samping karena akan jauh lebih mudah. Ketika kamu menggunakan hair clipper, pasanglah settingan paling rendah agar bisa mencukurnya dengan perlahan. Cara memegang hair clipper yang baik adalah dengan sedikit memiringkannya lalu kamu bisa mulai memotong rambut dari bawah ke atas. Potonglah rambut sampai menemukan gaya rambut yang pas.

Memotong Rambut Bagian Belakang


Peran cermin kedua sangat penting saat memotong rambut bagian belakang. Teknik memotong rambut bagian belakang sama seperti saat kamu memotong rambut bagian samping hanya saja harus lebih hati-hati dan teliti karena daerah ini lebih sulit dijangkau.

Ketika kamu memotongnya dengan gunting, ambillah bagian rambut belakang sedikit demi sedikit pada setiap rambutnya. Pastikan setiap bagiannya sama rata.

Memotong Rambut Bagian Atas


Memotong rambut bagian atas lebih direkomendasikan dengan menggunakan gunting. Awali dengan mencukur rambut di dekat kuping. Jepit rambut dengan sisir agar proses memotong akan lebih mudah dan terlihat rata dengan rambut bagian samping.

Setelah itu mulailah bergerak ke bagian atas, lalu lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Pastikan bahwa setiap bagian terpotong dengan rata, karena hasil potongan bagian atas akan lebih terlihat jika ada yang tidak rata.

Memotong Bagian Poni


Mulailah dengan menyisir bagian poni ke arah bawah. Sedikit demi sedikit ambil dengan sisir atau tangan, lalu gunting sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Setiap kali memotong bagian poni rapikan dan perhatikan terlebih dahulu apakah sudah sesuai. Jika belum, kamu bisa menyisirkan lagi ke arah bawah dan potong sedikit demi sedikit hingga sesuai yang diinginkan.

Saat sekiranya gaya rambut sudah sesuai, berkacalah baik dengan cermin besar maupun cermin kedua. Biasanya ada beberapa helai rambut yang tidak terpotong. Sehingga ini lah saat yang tepat untuk merapikan rambut-rambut tersebut.

Begitu adalah cara mudah untuk memotong rambut pria di rumah. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA!

Cara Highlight Rambut Sendiri Tanpa ke Salon