Begini Cara Cek Saldo BPJS dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8420-BPJS Ketenagakerjaan1
Daftar Topik

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan BPJS. Ya, BPJS merupakan layanan dari program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Baik itu karyawan maupun wirausaha. Dengan adanya program ini, bisa meringankan tanggungan kesehatan. Karena dengan program ini menuntut seorang karyawan ataupun wirausaha untuk setiap bulannya membayar iuran secara mandiri. Bahkan saat ini ada beberapa perusahaan yang sudah memberikan jaminan BPJS untuk setiap karyawannya. Nah, iuran ibu nantinya akan cair untuk keadaan yang mendesak.

Terkadang banyak orang yang menggunakan program BPJS, tetapi tidak mengetahui cara cek saldo BPJS. Padahal cara cek saldo BPJS sangatlah mudah dilakukan. Anda penasaran bagaimana cara cek saldo BPJS? Jika benar, simak ulasannya berikut ini.

Empat Program dari BPJS Ketenagakerjaan


Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara mengecek saldo BPJS penting juga untuk mengetahui empat program yang dimiliki BPJS yang terdiri dari Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Pensiun. Bahkan, semua pekerja dengan gaji di atas UMR bisa menikmati tiga program dari BPJS yang meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan jaminan kematian. Sedangkan untuk jaminan pensiun hanya didapatkan oleh pekerja yang sudah berpenghasilan tetap.

Bahkan, saat ini yang bergabung dengan program bpjs ketenagakerjaan tidak hanya bekerja yang telah memiliki penghasilan rutin dan tetap. Seperti halnya wirausahawan, pedagang hingga pekerja lepas.

Beberapa Cara Cek BPJS Mudah


Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo BPJS. Mengingat saat ini teknologi semakin canggih, sehingga semakin mudah untuk melakukan pengecekan BPJS, baik itu secara offline maupun online. Langsung saja berikut ini ada 4 cara cek BPJS online yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemudahannya.

  • Cek Saldo BPJS di Kantor

Mungkin sebagian banyak orang masih mengetahui bahwa cara cek saldo BPJS hanya bisa dilakukan secara langsung di kantor. Padahal ada cara lain yang  bisa dilakukan, baik itu secara online. Cara cek saldo di kantor secara offline memang terbilang mudah yaitu tinggal datang langsung ke kantor, nantinya petugas akan mengecek slip yang berisi keterangan saldo serta riwayat iuran peserta bpjs. Meskipun caranya sangat mudah, namun Anda harus meluangkan waktu dan tenaga untuk datang ke kantor bpjs, belum lagi jika harus mengantri.

  • Cek saldo BPJS secara online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa  ada cara yang paling mudah untuk mengecek saldo BPJS yaitu secara online. Melalui cara ini, Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Karena hanya bermodalkan handphone atau laptop yang sudah terhubung dengan koneksi internet. Caranya yaitu tinggal mengakses laman di www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau Anda juga bisa langsung mengunjungi https://Sao.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan pengecekan BPJS secara online, terlebih dahulu harus daftar. Hal ini bertujuan agar bisa lebih mudah mengakses menu “lihat saldo JHT”. Selain itu, di laman tersebut Anda juga bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan saldo BPJS.

  • Cek saldo via aplikasi BPJSTKU

Selain kedua cara tersebut, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo BPJS yaitu melalui aplikasi BPJSTKU. Cara ini terbilang cara yang paling praktis dibandingkan lainnya, dengan mendownload aplikasi BPJSTKU. Setelah aplikasi berhasil di download, lalu install dan log on menggunakan alamat email Anda.

Setelah berhasil log on, secara otomatis akan beralih ke tampilan menu. Menu pada aplikasi ini hampir sama dengan delapan resmi BPJS ketenagakerjaan. Ada beberapa menu yang bisa Anda pilih di laman ini salah satunya yaitu menu untuk mengecek saldo. Bahkan, Anda bisa melihat rincian saldo dan tata cara klaim.

  • Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS

Cara terakhir yang dilakukan untuk mengecek saldo BPJS yaitu melalui SMS. salah satu cara ini juga terbilang mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Caranya yaitu dengan melakukan registrasi dengan pesan yang berformat DAFTAR (Spasi) SALDO#NomorKTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta.

Setelah format pesan tersebut selesai ditulis, langkah selanjutnya yaitu tinggal kirim ke nomor resmi BPJS di nomor 2757. Setelah berhasil terkirim, tunggu beberapa saat hingga mendapatkan balasan nomor identitas. Nah, nomor identitas inilah yang bisa memudahkan Anda untuk mengecek saldo. Langkah selanjutnya yaitu ketik SALDO (Spasi) Nomor identitas dan kirim ke 2757. Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan balasan SMS yang berisi jumlah saldo BPJS yang Anda miliki.

Jadi bagaimana mudah sekali bukan cara cek saldo BPJS? Dari beberapa cara tersebut Anda bisa memilih mana yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan. BPJS juga menjadi salah satu program yang bisa membantu anggotanya agar lebih ringan dalam membayar biaya kesehatan dalam keadaan darurat.

BACA JUGA!

Yuk Mulai Mengenal Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA