Beberapa Syarat Masuk Jurusan Psikologi yang Wajib Dipenuhi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Chalk board doodle with symbols on psychology. Vector illustration. Set of education and learning doodles.
Daftar Topik

Ketika Anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, maka memilih jurusan adalah hal yang penting. Bagi yang berminat dengan pelajaran eksak dan ilmu sains, maka bisa mengambil jurusan di bidang sains dan teknologi. Sedangkan yang merasa memiliki bakat di ilmu sosial maka bisa mengambil jurusan di bidang sosial dan hukum. Tentu ada banyak jurusan yang bisa dipilih, dan lebih baik memilih yang paling sesuai dengan diri Anda. salah satu jurusan yang banyak peminatnya adalah psikologi.

Tentu ada syarat masuk jurusan psikologi yang perlu dipenuhi, supaya tahu apakah ini merupakan minat Anda. lalu apa saja syarat yang perlu dipenuhi untuk masuk ke jurusan psikologi?

Tentang Ilmu Psikologi


Syarat masuk jurusan psikologi yang pertama tentu Anda harus tahu tentang ilmu psikologi itu apa. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari secara mendalam tentang perilaku mental manusia.  Bukan hanya perilaku yang terlihat secara jelas di keseharian, tetapi juga pola pikir yang mendasari perilaku manusia. Teori yang ada pada ilmu psikologi juga banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam suatu peristiwa yang berhubungan dengan aktivitas manusia.

Jika dilihat dari istilahnya memang berasal dari bahasa latin yaitu psychologia. Pertama kalinya istilah ini digunakan adalah pada akhir abad 15 hingga awal abad 16 oleh salah satu tokoh yaitu Marlo Marulic.

Kecocokan Jurusan Psikologi dengan Diri Anda


Sebelum memutuskan jurusan, tentu akan muncul pertanyaan apakah jurusan ini cocok dengan Anda? Apabila Anda merasa tertarik dengan jurusan ini, maka Anda perlu menjawab YA. Hal ini merupakan syarat masuk jurusan psikologi yang kedua, yang mana Anda perlu memiliki keingintahuan tentang ilmu psikologi yang akan dipelajari.

Sebenarnya bukan hanya minat yang dibutuhkan, melainkan juga kemampuan analisa yang mumpuni. Selain itu, Anda juga perlu mengerti tentang pengaplikasian ilmu psikologi pada kehidupan sosial secara nyata. Sehingga, sebagai mahasiswa psikologi Anda bisa mempelajari ilmu ini secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Prospek Kerja Lulusan Psikologi


Anda tentu memiliki cita-cita, dan perlu tahu jalur yang tepat untuk meraihnya. Begitupun dengan pekerjaan, jangan sampai Anda salah perkiraan. Lalu bagaimana dengan prospek kerja lulusan psikologi? Kebanyakan memang mahasiswa yang masuk ke jurusan ini menginginkan pekerjaan di bidang konseling. Memang ada banyak jenis pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan terbaik psikologi.

Bisa menjadi psikologi klinis hingga masuk ke bidang psikologi perusahaan. Untuk lembaga terkait memang tergantung dengan minat, bisa di sektor swasta dan bisa ke pemerintahan. Jika tertarik dengan hukum, maka bisa mengambil pekerjaan di sektor psikologi forensik. Yang mana pekerjaan ini sangat dibutuhkan kepolisian untuk menganalisis motif dan juga pola pikir pelaku kriminal.

Dengan adanya psikologi forensik, maka kasus kejahatan di masyarakat bisa terpecahkan dengan tepat. Selain pekerjaan di bidang psikologi, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di luar ilmu psikologi. Contohnya adalah seperti bekerja sebagai manajemen ritel dan peran sumber daya manusia.

Proses Perkuliahan Ilmu Psikologi


Jurusan psikologi pada perkuliahan memang ada dua jenjang yaitu sarjana dan pascasarjana. Tentu jika ada mahasiswa yang ingin mengambil spesialisasi, ada banyak modul yang bisa dipilih. Untuk mendapatkan gelar sarjana, maka membutuhkan waktu belajar antara tiga hingga empat tahun. Sedangkan untuk gelar pascasarjana membutuhkan waktu minimal satu tahun. Sebagai mahasiswa psikologi memang dituntut lebih aktif dalam menganalisa dan menunjukkan minat oleh universitas.

Sedangkan untuk siswa SMA dan sederajat yang sedang berada pada tingkat akhir dan ingin mengambil jurusan psikologi maka perlu meningkatkan nilai sejarah, bahasa Inggris, sosiologi, dan geografi. Dalam program sarjana psikologi, mahasiswa wajib memiliki 3 nilai As. Sedangkan untuk pascasarjana harus memiliki gelar sarjana serta memiliki predikat 2:1 pada mata kuliah yang berkaitan erat dengan psikologi.

Kampus yang Cocok dengan Anda


Kampus merupakan hal berpengaruh dalam pembelajaran psikologi yang akan ditempuh mahasiswa. Jadi setelah memilih jurusan psikologi, Anda perlu mempertimbangkan kampus mana yang sekiranya memiliki tipikal psikologi yang cocok dengan Anda. kalau sudah barulah Anda bisa mempertimbangkan nilai Anda dengan kesempatan masuk kampus yang ingin Anda tuju.

Karena memanfaatkan peluang adalah hal yang perlu dan penting dilakukan. Jadi pilih kampus yang menurut Anda paling besar peluangnya untuk lolos dengan nilai yang Anda miliki. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kampus impian sesuai dengan nilai, tetapi jika ingin mengambil tes maka Anda perlu berjuang keras untuk lolos tes tersebut.

Syarat masuk jurusan psikologi memang perlu Anda tahu sebelum mendaftar. Karena jika tidak sesuai dengan Anda nantinya malah menyesal dan menjadi tidak serius menjalaninya. Jadi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan membuang-buang waktu, maka lebih baik dipertimbangkan terlebih dahulu. Apalagi jenjang perkuliahan sangat menentukan masa depan karir Anda.

BACA JUGA!

5 Negara Termurah Untuk Kuliah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP