Beberapa Jenis Penyakit pada Louhan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
lohan1
Daftar Topik

Yuk mulai sharing tentang perawatan louhan, cara memilih louhan dan penanganan louhan sakit atau stress. Di artikel sebelumnya, mungkin hanya membahas jenis jenis louhan serta asal usul nya, nah sekarang disini akan membahas sedikit lebih jauh tentang ikan hias air tawar ini.

Pertama, cara memilih ikan louhan, jika kamu hendak membeli di pasar, di peternak dll, hal pertama yang harus diketahui adalah kesehatan nya, louhan sakit berciri seperti terdapat bercak putih di badan nya, nah bercak putih ini karena jamur, jadi sebaiknya hindari memilih louhan seperti ini.

Kedua, pilihlah louhan dengan bentuk badan membentuk kotak dan jangan yang terlalu panjang, karena bentuk badan kotak merupakan salah satu kriteria ikan louhan yang bagus. Lagi pula dengan bentuk badan yang seperti ini membuat louhan enak dipandang dan terkesan gagah.

Ketiga, dalam hal warna sebaiknya lebih memilih yang kontras warna di tubuhnya sudah terlihat meskipun sedikit, dikarenakan semakin tua warna di tubuhnya akan semakin kontras. dan juga pilihlah yang kepala sudah terlihat jenong meskipun sedikit.

Berlanjut ke pemeliharaan sehari hari dalam aquarium, sirkulasi air louhan haruslah baik dan lancar, gabus filter harus diganti secara berkala antara 1bulan sekali agar kualitas filter dapat bekerja dengan baik. Sementara itu akuarium juga harus dilengkapi lampu uv, hal ini dikarenakan agar louhan terus beraktifitas 24 jam dan itu dapat menyebabkan kondisi louhan sehat, selain itu lampu uv juga berguna mempercantik akuarium yang berisi louhan.

Berikan lah 3 tetes blitz ich untuk pencegahan terhadap jamur, 3 tetes untuk akuarium berukuran 50x30x40cm. Dan juga berikan garam ikan sebanyak 2 sendok makan untuk ukuran akuarium seperti di atas telah disebutkan.

Untuk pakan, berikan secara bergantian antara cacing darah, udang sungai, juga dengan pellet. Tetapi berikan pakan secukupnya saja hal ini untuk menjaga kualitas air. Lebih baik setiap kali pemberian pakan sedikit sedikit saja tetapi sehari diberikan sebanyak 5-6x.

Agar louhan tidak mudah stress kita bisa membiasakan louhan dengan segala kegiatan manusia, oleh karena itu simpanlah aquarium louhan di tempat seperti ruang keluarga, penanganan stress pun bermacam macam dan akan sembuh dengan sendirinya.

Penyakit pada Ikan Louhan

White Spot 


Penyebab white spot pada semua jenis ikan yakni jamur, akan timbul bercak putih yang terlihat di sekujur bagian tubuh ikan yang terjangkit. Jika sudah terjangkit parah, white spot sulit sekali disembuhkan. untuk pencegahan bisa diberi blitz ich 3 tetes/15 liter air & garam ikan dua sendok makan untuk jumlah air yang sama. cara pencegahan yang tidak kalah penting juga selalu jaga kebersihan air, oleh karena itu jika memberi makan diusahakan sedikit demi sedikit agar tidak terjadi penumpukan yang menyebabkan timbulnya jamur

Bisul Mulut


Penyebab utama yaitu jika terserang renik Crustaceae (sejenis udang), dengan gejala seperti luka memerah pada mulut louhan yang berawal dari luka infeksi akibat jamur, pakan yang tidak cocok, atau mungkin setelah perkelahian. Penyembuhan dengan cara mengisolasi louhan, berikan antibiotik pada mulut louhan yang terserang. Jangan lupa juga selama belum sembuh puasakan louhan, biasanya setelah 3-4 hari akan berangsur membaik.

Luka


Luka akibat perkelahian relatif lebih mudah disembuhkan, kurangi kapasitas air di akuarium, berikan obat untuk ikan yang banyak tersedia di toko ikan hias, untuk mempercepat sebaiknya berikan pakan seperti udang sungai hidup, dikarenakan kandungan protein yang tinggi.

Dropsi


Louhan yang dropsi menunjukkan gejala area sekitar perut memerah dan menjadi bengkak, ini dikarenakan pakan yang masih menyimpan bakteri alias tidak higienis. Penyembuhan dapat dilakukan dengan pemberian obat antibiotik & anti parasit secara bersamaan, juga tambahkan garam ikan lebih banyak dari biasanya. Dan jika ingin lebih sedikit cepat kita bisa menggunakan water heater selama terapi pengobatan. Volume air sedikit dikurangi & jangan diberi makan dahulu sampai menunjukkan gejala membaik

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP