Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

0
31820 Penawaran Demand Supply Selembar
Source: Selembar

Di dalam sebuah transaksi perdagangan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah penawaran. hal tersebut merupakan salah satu poin penting yang menjadi tolak ukur dari kuantitas dan harga jasa atau barang. Apabila sudah paham dengan faktor yang mempengaruhi penawaran maka kegiatan perdagangan akan semakin lancar, karena bisa mendapatkan informasi dan prediksi terkini mengenai fenomena ekonomi yang kemungkinan akan terjadi.

Di dalam dunia ekonomi, ada 2 jenis penawaran yaitu makro yang sistem penawarannya terfokus pada kondisi pasar dan juga penawaran mikro dengan sistem komunikasi langsung antara konsumen dan produsen dalam penawaran suatu produk atau barang. Sedangkan fungsi dari penawaran bagi produsen yaitu membantu analisis dalam proses produksi. Adapun beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penawaran adalah sebagai berikut.

Masalah Pajak


13820 Pajak Self Assessment System Klik Positif
Source: Klik Positif

Biaya pajak menjadi faktor pertama yang berpengaruh pada penawaran, Karena apabila pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan semakin naik akan mengakibatkan harga jual mengalami peningkatan atau menjadi sedikit lebih mahal. Sehingga akan terjadi penurunan permintaan dari konsumen dan membuat produk yang ditawarkan akan lebih sedikit.

Pajak sangat berperan penting dalam keseimbangan pasar, apabila penetapan pajak produksi mengalami kenaikan. Maka hal ini akan menyebabkan harga menjadi tidak stabil dan bisa menyebabkan terjadi kelangkaan beberapa produk atau barang. Namun, saat ini pemerintah sudah menerapkan beberapa subsidi pajak sehingga harga akan tetap aman apabila tidak terjadi keadaan tertentu di masa depan.

Pemakaian Teknologi dan Biaya dalam Produksi


5820 UangFaktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi dalam penawaran adalah, teknologi dan biaya produksi. Artinya, apabila biaya yang digunakan dalam proses produksi tinggi maka produk yang dibuat akan dikurangi dengan tujuan agar tetap bisa melakukan perdagangan. Namun, permasalahan biaya seringkali membuat produsen mematok harga lebih mahal di pasaran karena takut apabila kurang bisa bersaing  dengan barang sejenisnya dan produk menjadi tidak laku.

Perkiraan Tentang Harga Barang Pada Masa Depan


31820 Harga Barang Industri Kontan
Source: Industri Kontan

Perkiraan harga jual barang pada waktu tertentu menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh pada penawaran. Hal ini karena apabila harga di pasaran menjadi naik , maka ada banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan salah satunya adalah dengan memperbanyak produksi barang. Sehingga, apabila terjadi kenaikan barang yang disebabkan oleh beberapa faktor maka penawaran produk  akan semakin dimaksimalkan dengan tujuan agar penjualan mengalami peningkatan.

Target dari Perusahaan


31820 Target KPI Igloo
Source: Igloo

Margin keuntungan atau profit yang ditargetkan oleh perusahaan menjadi salah satu faktor berpengaruh dalam penawaran. Apabila perusahaan menargetkan keuntungan yang sangat besar, maka imbasnya produk di pasaran akan dijual dengan harga tinggi. Cara ini kurang sesuai dengan keinginan konsumen, karena biasanya mereka akan memilih harga lebih  murah dari produk sejenisnya.

Sehingga, apabila produk dari perusahaan ingin laris dan sukses di pasaran maka harus mematok harga sedikit lebih rendah dengan sedikit keuntungan. Apabila cara ini dilakukan maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli. Karena, yang terpenting dalam dunia dagang adalah penguasaan pangsa pasar terlebih dahulu agar usaha bisa tetap bertahan ditengah persaingan yang semakin kompetitif.

Kemudian, setelah produk mendapat tempat di hati konsumen dan semakin banyak dicari, harga jual bisa dinaikkan secara perlahan untuk meningkatkan keuntungan.

Produsen


31820 Produsen Berita Indonesia
Source: Berita Indonesia

Produsen juga menjadi faktor yang turut berpengaruh pada proses penawaran. Apabila jumlah produsen dari barang tertentu tinggi, maka bisa dipastikan akan terjadi penawaran yang tinggi pula. Contohnya, jika dalam suatu daerah menjadi sentra penghasil barang berupa tas maka penawaran pada daerah tersebut tinggi karena sudah dipercaya oleh konsumen dan mendapatkan jaringan pasar cukup luas.

Faktor Alam


31820 Banjir BBC
Source: BBC

Alam juga turut menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran. Karena apabila terjadi bencana alam di daerah atau kota dengan sentra produksi barang tertentu, maka akan menghambat dalam proses produksi dikarenakan alat-alat dan pabrik mengalami kerusakan. Sehingga tingkat penawaran akan turun seiring dengan tidak adanya produksi yang dikerjakan.

Adanya Barang Pengganti


31820 Teh Kopi Kumparan
Source: Kumparan

Jika terjadi kenaikan harga pada suatu barang, maka bisa dipastikan penawaran barang pengganti akan semakin ditingkatkan oleh penjual. Hal ini sebagai upaya untuk menyiasati barang utama yang sedang mengalami peningkatan harga jual. Sebagai contoh, karena harga kopi semakin naik maka menyebabkan barang pengganti seperti teh mengalami penurunan harga sehingga penjual akan lebih banyak menjual teh daripada kopi.

Barang pengganti sering dijadikan alternatif agar sistem perdagangan tetap lancar dan tidak membuat konsumen bingung dan menemukan solusi tepat untuk kebutuhan walaupun di tengah ketidakstabilan barang utama.

Peraturan Pemerintah


31820 Perpu Dictio Community
Source: Dictio Community

Peraturan atau kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah juga turut menjadi faktor berpengaruh dalam penawaran. Karena pemerintah berwenang untuk mengontrol komoditas pasar baik harga maupun ketersediaannya.

Keadaan Politik


13820 Politik Kompasiana
Source: Kompasiana

Kondisi atau situasi politik yang terjadi pada suatu negara juga bisa menjadi salah satu faktor berpengaruh dalam penawaran. Hal ini karena, apabila kondisi politik kurang stabil maka akan menyebabkan beberapa barang langka. Sehingga penawaran terhadap suatu produk tertentu  menjadi lebih banyak.

Ada berbagai macam manfaat mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Penawaran, salah satunya yaitu bisa menentukan perencanaan yang matang dan tepat untuk proses produksi dan juga sistem penjualan.

BACA JUGA!

Tugas Administrator Keuangan dalam Perusahaan