Batik Jawa Barat dengan Warna yang Cerah

0
61020 Batik Cirebon

Batik merupakan salah satu warisan yang sangat berharga dimiliki Indonesia. Sehingga tak heran jika beberapa daerah maupun provinsi memiliki ciri khas batik tersendiri. Salah satunya yaitu batik khas dari Jawa Barat dengan warna yang cerah. Memang jika dibandingkan dengan batik yang dihasilkan dari Jawa Tengah, batik dari Jawa Barat memang belum terlalu tenar. Padahal jika dilihat dari sejarahnya, batik dari Jawa Barat ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Ada beberapa wilayah di jawa barat yang memiliki motif batik tersendiri. Seperti halnya batik Tasikmalaya, batik Garut, batik Ciamis dan lain sebagainya, bahkan hingga saat ini batik Jawa Barat sudah berkembang di 23 kota dan kabupaten. Bahkan, tercatat ada sekitar 300 pengusaha pengrajin batik yang ada di Jawa Barat.

7 Batik Jawa Barat dengan Warna yang Cerah

1. Batik Indramayu


61020 Batik Indramayu MerdekaBatik Jawa Barat dengan warna yang cerah yaitu batik Indramayu. Yang mana batik ini menggunakan warna merah mengkudu, biru indigo, coklat kemerahan serta latar berwarna cream. Ciri khas batik dari Indramayu ini terlihat dari komposisi warna yang kontras antara warna motif utama dengan warna latar. Pada umumnya warna batik Indramayu ini berasal dari daerah pesisir. Yang mana dengan ciri ragam warna dengan komposisi yang cerah dan segar.

Seperti yang telah diajarkan sebelumnya motif batik Indramayu ini berasal dari daerah pesisir. Sehingga ciri khasnya yaitu alam pesisir seperti udang, ikan, daun, akar, bunga dan beberapa jenis burung. Ciri khas lain dari batik Indramayu yaitu adanya susunan motif non geometris.

2. Batik Tasikmalaya


61020 Batik Tasikmalaya ThegorbalslaBatik Tasikmalaya juga tidak kalah tenar dengan batik Indramayu. Yang mana jenis batik ini menggunakan warna yang cerah seperti biru kehijauan, merah dan hitam. Penerapan serta penggunaan model batik Tasikmalaya ini tidak seperti pada daerah lainnya. Yang mana batik Tasikmalaya ini tidak sesuai dengan status sosial atau kedudukan seseorang. pusat batik di kabupaten Tasikmalaya ini berada di daerah Sukapura atau lebih tepatnya kecamatan Sukaraja.

Batik Tasikmalaya memiliki ragam hias dan warna. Hal ini dikarenakan mendapatkan pengaruh dari batik Solo dan Jogja. Hal tersebut terlihat jelas pada batik yang memiliki ragam hias Terengganu dan Kawung. Motif tersebut terdiri dari beberapa warna seperti coklat, hitam dan cream. Selain itu, batik Tasikmalaya juga memiliki ciri lain seperti halnya adanya penerapan corak flora dan fauna. Hal tersebut sudah jelas digambarkan secara naturalis dengan pewarnaan cerah.

3. Batik Garut


61020 Batik Garut RepublikaBatik Garut juga menjadi salah satu batik unggulan di Jawa Barat. Yang mana batik ini memiliki pusat sentra di jalan Papandayan dan Daerah Kampung Sisir. Batik memiliki ciri khas bersifat naturalis dan motif dari dunia flora dan fauna. Bahkan, motif batik ini juga banyak mengambil dari alam sekitar. Motif batik Garut juga mendapatkan beberapa perpaduan dari batik lainnya. Seperti halnya dari batik Jogja, Solo, Indramayu, Cirebon dan Pekalongan.

Dengan beberapa rekomendasi dari batik tersebut, kemudian masyarakat Garut mengolah motif-motif tersebut sesuai dengan gaya dan selera. Bahkan, diolah oleh para pembantu Garut dengan berbagai variasi. Diantaranya lereng duduk, lereng adumanis, lereng daun dan lereng calung. Batik ini menggunakan warna khas seperti merah tua, biru tua, warna putih kekuningan-kuningan.

4. Batik Cirebon


61020 Batik CirebonBatik cirebon memiliki motif yang sangat banyak, tetapi yang paling terkenal adalah batik Megamendung. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan motif yang satu ini. Namun, perlu diketahui batik Cirebon banyak sekali diminati karena motifnya sangat unik. Adapun motif batin yang ada di Cirebon diantaranya Megamendung, Pakainya Liman, Singa Payung, Patean Keris, Singa Barong dan lain sebagainya.

5. Batik Ciamis


61020 Batik Ciamis Jejak PiknikBatik Ciamis juga tak kalah bagus motifnya. Bahkan, tersedia banyak motif dari batik ini. Nah, dari selain banyak motif batik Ciamis, yang paling terkenal diantaranya kembang Krisan dan kembang anggrek. Batik Ciamis ini juga menjadi salah satu pilihan para wisatawan ketika berkunjung.

6. Batik Cianjur


61020 Batik Cianjur Dictio Community

Batik jawa barat dengan warna cerah yang selanjutnya yaitu berasal dari Cianjur. Yang mana batik ini dikenal dengan motif gambar hasil pertanian. Dari sekian banyak motif batik Cianjur, ada beberapa yang paling terkenal di antaranya motif kecapi suling, motif padi atau beasan dan Hayam Pelung.

7. Sumedang


61020 Batik Sumedang Info BatikBatik Jawa Barat dari Sumedang ini motifnya terinspirasi dari kerajaan-kerajaan yang pernah. Diantaranya motif batik Sumedang yang terkenal yaitu Hanjuang, Lingga, Klowongan Tahu, Kembang Boleh, Mahkota Binokasi dan Pintu Srimanganti.

Dari provinsi Jawa Barat banyak sekali batik dengan warna cerah serta motif yang khas. Belum lagi di provinsi lainnya. Sehingga sebagai warga Indonesia seharusnya kita bangga dengan banyaknya budaya dan warisan yang sampai saat ini masih membanggakan.

BACA JUGA!

Keunikan dan Keragaman Motif Batik Nusantara

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: