Batas Wilayah Indonesia Astronomis dan Geografis

27720 Batas Astronomis Wilayah Indonesia Saintif

Batas Wilayah Indonesia Astronomis dan Geografis – Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam dan juga memiliki banyak sumber daya manusia. Keadaan alam inilah yang seharusnya membuat seluruh warga Indonesia menjadi bangga. Tidak perlu bermusuhan dan juga saling mendukung dan menghargai. Selain itu, setiap orang harus mengerti apa saja batas wilayah Indonesia. Pengetahuan yang luas terkait Indonesia merupakan bukti kecintaan pada negara Indonesia.

Sebenarnya batas wilayah Indonesia telah dipelajari mulai dari bangku sekolah. Namun, banyak yang melupakan karena hanya dianggap sebagai pengetahuan. Berbeda apabila pada saat itu, bangsa Indonesia juga menganggap pengetahuan terkait negara merupakan sesuatu yang wajib dimiliki. Karena salah satu dampak positifnya yaitu dapat meningkatkan rasa cinta tanah air yang dimiliki. Berikut ini merupakan batas wilayah yang dimiliki Indonesia.

Batas Astronomis Wilayah Indonesia

27720 Batas Astronomis Wilayah Indonesia Sahabatnesia

Source: Sahabatnesia

Sebelum mengetahui batas astronomis dari wilayah Indonesia, maka terlebih dahulu hal yang paling penting adalah tahu yang dimaksud dengan batas astronomis. Suatu negara pasti terletak berdasarkan garis lintang dan garis bujur yang dimiliki. Letak astronomis merupakan letak suatu negara atau wilayah yang didasarkan dengan letaknya terhadap garis lintang dan bujur.

Garis lintang merupakan garis yang berhubungan dengan garis khatulistiwa. Bisa disebut sebagai garis khayal yang terletak pada suatu globe atau peta dunia. Apabila dilihat berdasarkan garis lintang yang dilalui oleh Indonesia, maka Indonesia terletak pada 6o LU – 11o LS. Maka dilihat berdasarkan letak mulai dari lintang utara hingga lintang selatan.

Kemudian selain garis lintang, batas astronomis juga didasarkan pada garis bujur yang dimiliki. Jika Anda melihat berdasarkan letak dari garis bujurnya, maka akan ditemui yaitu 95o BT – 141o BT. Sebenarnya terdapatnya letak ini memiliki dampak terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan waktu di Indonesia. Mulai dari waktu Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur. Dimana seluruh provinsi dan daerah yang terletak memiliki bagian waktu yang berbeda.

Kemudian untuk pembagiannya sendiri, WIB meliputi Jawa, Sumatera, Madura, Kalbar, Kalteng. Kemudian untuk WITA meliputi NT, Kal-Sel, Kal-Tim, Sulawesi, Bali. Selanjutnya untuk WIT meliputi Maluku dan Papua.

Untuk setiap batas wilayah tersebut juga meliputi berbagai pulau kecil yang berada di wilayahnya. Baik pembagian waktu WIB, WITA atau pun WIT.

Selain ketiga pembagian waktu tersebut, batas astronomis Indonesia juga mempengaruhi beberapa aspek sebagai berikut.

  1. Indonesia karena memiliki iklim yang tropis turut berakibat pada adanya hutan hujan tropis yang ada di Indonesia yang memiliki keluasan dan mendominasi.
  2. Di Indonesia juga memiliki curah hujan yang tinggi.
  3. Karena memiliki curah hujan yang tinggi, Indonesia juga memiliki udara yang memiliki ketinggian dalam hal kelembaban.
  4. Indonesia juga selalu mendapatkan sinar matahari dengan cukup dan sepanjang tahun. Jadi, di Indonesia tidak terdapat salju.

Batas Geografis Wilayah Indonesia

27720 Batas Astronomis Wilayah Indonesia IDE BEBAS

Source: IDE BEBAS

Apabila dilihat dari letak geografis yang dimiliki oleh Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki letak strategis dan berdampingan dengan negara yang lain. Seperti halnya letak astronomis, letak geografis yang dimiliki Indonesia turut memberikan pengaruh pada beberapa aspek yang ada di Indonesia. Berikut merupakan batas geografis dari Indonesia.

  1. Pada bagian Utara, Indonesia memiliki batas secara langsung dengan 3 negara, yaitu Filipina, Singapura, dan Malaysia.
  2. Kemudian jika dilihat negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian selatan adalah Australia.
  3. Pada bagian Barat, Indonesia langsung berbatasan dengan Samudera Hindia
  4. Selanjutnya jika dilihat negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di bagian Timur adalah Papua Nugini.

Adanya letak geografis tersebut turut memberikan perbedaan dalam berbagai aspek yang ada di Indonesia. Terdapat berbagai aspek yang turut dipengaruhi terhadap letak geografis. Berikut beberapa aspek yang terjadi akibat batas geografis yang dimiliki oleh Indonesia.

  1. Terdapatnya angin laut di Indonesia sehingga sering turun hujan. Hal ini merupakan dampak yang timbul akibat adanya dua samudera yang membatasi Indonesia.
  2. Iklim yang dimiliki Indonesia merupakan dampak dari letak geografis pula.
  3. Anda pasti sudah tahu terkait dengan dua iklim, yang dimiliki oleh Indonesia
  4. Angin musim yang berada di Indonesia, berhembus dalam jangka waktu 6 bulan satu kali.

Setelah mengetahui kedua aspek batas wilayah tersebut, tentunya Anda akan semakin paham, bahwa Indonesia merupakan negara yang luas dan memiliki kewibawaan dengan berbagai kondisi alam yang dimiliki. Negara kaya dengan seluruh bahan makanan dan juga tumbuhan yang bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu, dengan mengetahui batas wilayah Indonesia Anda akan semakin cinta dan selalu menjaga tanah air Indonesia.

Nyatanya letak astronomi dan letak geografis dari Indonesia turut memberikan banyak pengaruh. Mulai dari kondisi iklim, musim hingga pembagian waktu. Dengan demikian, bagi Anda yang masih bingung tentang alasan adanya pembagian waktu di Indonesia. Maka dengan mengerti informasi tersebut, Anda akan memahami bahwa pembagian waktu terjadi akibat letak Indonesia, bukan buatan atau karangan asal-asalan.

BACA JUGA!

Sejarah Singkat Kerajaan Singasari