Perbedaan Baking Powder dan Soda Kue

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
baking soda dan soda kue
Daftar Topik

Baking soda dan soda kue. Kamu yang ingin membuat kue tentu akan familiar dengan baking powder dan soda kue. Tapi sampai dengan hari ini, masih banyak orang yang tidak dapat membedakan baking powder dan baking soda. Terlihat sama tapi ada beberapa hal yang membedakan baking powder dan baking soda. 

Baking powder dan baking soda sebenarnya secara umum terlihat sama yakni menghasilkan karbondioksida. Namun, perlu kamu ketahui untuk penggunaan kedua pengembang ini berbeda. Penggunaan disesuaikan dengan jenis adonan atau bahan kue yang ada. Ada beberapa hal lain pula yang menjadi pembeda keduanya. Nah, ayo simak apa saja perbedaan baking powder dan baking soda. 

Perbedaan baking powder dan baking soda

baking soda dan soda kue

1. Komposisi Baking Powder dan Soda Kue

Fungsi dari baking powder dan soda kue atau baking soda yakni untuk bahan pengembang yang terbuat dari natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Kedua bahan tersebut bersifat basa, akan bereaksi apabila dicampur dengan bahan yang bersifat asam. Hasil dari reaksi bahan tersebut yang menjadi pemicu kue menjadi lebih empuk dan mengembang sempurna. 

Perbedaan antara baking powder dan baking soda yakni terletak pada tingkat keasaman kedua bahan tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh adanya pencampuran natrium bikarbonat dan cream of tar tar. Sehingga, baking powder memiliki sifat yang lebih asam dibandingkan dengan baking soda. 

2. Fungsi Baking Powder dan Soda Kue

Secara umum, baking powder dan soda kue memiliki fungsi untuk menjadi pemicu adonan menjadi lebih mengembang. Namun, yang menjadi pembedanya disini adalah fungsi perenyah dari baking powder. Hal ini karena baking powder memiliki percampuran zat tambahan. 

Baking powder biasanya memiliki fungsi maksimal apabila ditambahkan pada adonan kue kering. Sedangkan fungsi dari baking soda akan bekerja maksimal pada adonan kue yang dikukus. Fungsi kecepatan pengembang dari baking powder dan baking soda, 3-4 kali lebih cepat baking soda. Karena hal tersebut, apabila se

 

dang membuat kue yang akan dikukus sebaiknya saat telah mengembang langsung dikukus. Hal itu bertujuan agar kondisi kue yang didapat bisa tetap empuk. 

Baking Powder

 

3. Rasa Akhir dari Baking Powder dan Soda Kue

 

Rasa akhir yang dihasilkan dari baking powder dan baking soda dipengaruhi oleh tingkat keasaman bahan tersebut. Baking powder yang memiliki tingkat keasaman lebih tinggi tidak mempengaruhi rasa akhir pada adonan bahan kue. Hal ini karena baking powder sudah dinetralkan dengan adanya cream of tar tar. Berbeda dengan baking soda, sebaiknya tidak menambahkan terlalu banyak. Karena akan memberikan rasa yang kurang enak. Rasa getir akan didapatkan ketika memberikan takaran baking soda berlebihan.

Daya tahan dari baking powder dan baking soda sekitar enam bulan. Keduanya akan bertahan apabila disimpan di tempat yang wadah nya tertutup rapat. Apabila ingin menguji baking powder dan baking soda masih aktif atau tidak dapat langsung dicoba dengan memasukkan sedikit ke dalam 

 

air. Apabila reaksi yang ditunjukkan adalah adanya buih dan bergelembung, itu pertanda bahwa baking powder dan baking soda masih aktif. 

4. Reaksi Kombinasi dari Baking Powder dan Soda Kue

Berdasarkan tingkat keasaman yang dimiliki baking powder lebih tinggi, bahan tersebut cocok untuk dipadukan dengan bahan kue yang tidak terlalu bersifat asam. Karena apabila dipadukan akan merubah rasa bahan menjadi getir. Untuk contoh bahan asam biasanya yogurt, buttermilk, sour cream, susu atau perasan air lemon. 

Berbeda dengan baking soda, saat baking soda dicampur dengan bahan yang bersifat asam akan memberikan hasil yang maksimal. Karena sifat bahan basa pada baking soda akan lebih bereaksi jika dicampur dengan bahan asam. Tips agar adonan bahan kue mengembang dengan sempurna, maka sebaiknya dipanggang langsung. 

Baking Soda dan Soda Kue Digunakan Secara Bersamaan

Setelah mengetahui perbedaannya, lantas apakah kita dapat menggunakannya secara bersamaan? 

Memahami dari adanya berbagai jenis adonan yang ada, memang terdapat beberapa resep adonan yang menggunakan baking powder dan baking soda secara bersamaan. Tidak perlu khawatir, karena walaupun digunakan bersama-sama, semuanya tetap aman untuk dikonsumsi. Pencampuran baking powder dan baking soda ini dilakukan karena untuk melengkapi fungsi dari masing-masing pengembang tersebut. Baking powder yang berguna mengembangkan adonan dapat membantu baking soda untuk mengembangkannya. Beberapa jenis kue yang biasanya menggunakan bahan ini antara lain bolu pisang, bolu sarang semut, bolu tape, dan lainnya. 

Baking Soda

Takaran Pengembang Kue 

Sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik. Oleh karena itu, sebaiknya dalam penggunaan pengembang kue digunakan sesuai dengan takaran. Untuk berat satu kilogram tepung dapat menggunakan sekitar 5-10 gram baking powder atau baking soda. 

Fungsi Lainnya dari Pengembang Kue

Perlu kamu ketahui, pengembang yang banyak digunakan untuk adonan kue juga memiliki fungsi lainnya. Baking soda selain untuk mengembangkan adonan kue dapat digunakan sebagai bahan pengempuk daging. Cara yang digunakan adalah dengan merendam daging dengan soda kue. Efek samping dari penggunaan baking soda pada daging yakni membuat daging menjadi lebih gelap. 

Tempat Menemukan Baking Powder dan Baking Soda

Saat ini, kamu dapat menemukan baking soda dan soda kue dengan mudah di toko bahan-bahan kue, supermarket, e-commerce, bahkan toko kelontong terdekat. Kini sudah tersedia baking powder dan baking soda dari berbagai merk. Kamu bisa memilih langsung sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling yang Mudah

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA